Polemik APBD Solsel, Gubernur Jangan Lepas Tangan


Kamis,09 Februari 2017 - 11:59:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Polemik APBD Solsel, Gubernur Jangan Lepas Tangan

PADANG, HALUAN - Belum ketuk palunya APBD Solsel tahun anggaran 2017, berakibat fatal terhadap pembangunan daerah. Sebab itu, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Reydonnyzar Moenek meminta Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tak lepas tangan begitu saja.

 "Gubernur harus memfasilitasi permasalahan ini untuk dicarikan jalan keluarnya. Sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, tak bisa lepas tangan," terang Moenek, sore kemarin.

Dijelaskan Moenek, sebenarnya, Bupati Solsel Muzni Zakaria sudah pernah berkonsultasi dengan Kemendagri, termasuk dirinya. Segala persoalan, telah disampaikan Bupati kepadanya. Namun, sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, seharusnya permasalahan ini dicarikan dulu jalan keluarnya di tingkat provinsi.

"Alurnya begitu. Bupati membuat surat ke Gubernur Sumbar, dan meminta petunjuk untuk penyelesaian permasalahan. Lalu, Gubernur melakukan koordinasi untuk mencari jalan keluar. Baru setelah itu Gubernur menghadap Mendagri," kata Moenek.

Jika sudah demikian, namun tak kunjung didapatnya kesepakatan pengesahan antara DPRD dan Pemkab Solsel, Bupati bisa mengeluarkan Peraturan Bupati, untuk memakai pagu anggaran lama, dalam penganggaran. "Jalan lain, kalau memang buntu, yang dipakai itu APBD lama. APBD 2016, dengan Perbup sebagai pedoman pemakaian. Perbup itu juga harus melibatkan Gubernur dalam pengesahannya. Semua itu dilakukan demi menjamin kelangsungan pemerintahan daerah," sebut Moenek, yang pernah menjabat sebagai Pj Gubernur Sumbar, semasa Pilgub 2015 lalu.

Monek berharap, komunikasi politik antara Bupati dan DPRD bisa berjalan, sehingga permasalahan bisa menemukan jalan keluar. "Nan terjadi saat ini, DPRD ingin ada penganggaran nan direvisi ulang, ditambah atau dikurangi. Bupati tak mau ambil resiko, dan tidak menjalankan keinginan DPRD. Akibatnya, pengesahan APBD mandek. Bupati tak mau mengambil resiko. Kondisi ini harus dicarikan jalan keluarnya, dengan komunikasi politik. Harus ada pihak-pihak yang mefasilitasi," harap Moenek. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM