Bumiputra Direstrukturisasi, Bagaimana Nasib Pemegang Polis Lama ?


Rabu,08 Februari 2017 - 10:31:16 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Bumiputra Direstrukturisasi,  Bagaimana Nasib Pemegang Polis Lama ?

PADANG, HALUAN—Pengelola Statuter (PS) Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera (AJBB) menyatakan, meski kini perusahaan tersebut telah dibeli oleh konsorsium Erick Thohir sehingga menjadi PT Asuransi Jiwa Bumiputera, hak pemegang polis lama tetap dijamin.

PS AJBB Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi, Adhie M Massardi, menerangkan, pemegang polis lama tidak akan dirugikan dengan Restrukturisasi AJBB karena kewajiban kepada 6,5 juta pemegang polis akan ditunaikan.

“Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera tetap menjalankan kewajibannya kepada pemegang polis lama, tetapi tidak bisa menerima premi baru. Premi baru akan diterima oleh PT Asuransi Jiwa Bumiputera," tutur Adhie di Grand Inna Muara Hotel, Padang, Selasa (7/2).

Setelah Restrukturisasi, kata Adhie, PT Asuransi Jiwa Bumiputera akan membagi keuntungan sebesar 40 persen setiap tahun kepada Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera. Pada tahun pertama keuntungan ditargetkan Rp55 miliar, tahun kedua Rp200 miliar, dan tahun ketiga Rp375 miliar hingga 12 tahun ke depan. Dengan demikian, diharapkan defisit antara kekayaan dan kewajiban yang ditanggung Bumiputera dapat diatasi.

Mengenai kelanjutan sistem asuransi berbentuk usaha bersama, Adhie menerangkan, PT Asuransi Jiwa Bumiputera tidak akan meneruskan sistem tersebut karena tidak cocok dengan masa sekarang meski sistem tersebut memiliki kelebihan bahwa jika terjadi permasalahan keuangan, ada investor yang menanganinya.

Sementara itu, perihal restrukturisasi, Adhie menjelaskan, tidak ada perombakan yang besar pada bidang sumber daya manusia (SDM) setelah restrukturisasi karena yang diganti hanya direksi.

“Pegawai, agen, dan lainnya diimigrasikan ke PT Asuransi Jiwa Bumiputera. Sementara 25 kantor wilayah akan menjadi cabang PT," tuturnya saat sosialisasi restrukturisasi Bumiputera untuk wilayah Padang. 

Pihaknya akan meluncurkan PT Asuransi Jiwa Bumiputera pada 12 Februari di Jakarta,  bertepatan dengan peringatan 105 tahun berdirinya Bumiputera. (h/dib)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM