Ingin Berhenti Merokok? Puskesmas di Padang Panjang Ini Sediakan Totok Rokok


Selasa,07 Februari 2017 - 14:35:45 WIB
Ingin Berhenti Merokok? Puskesmas di Padang Panjang Ini Sediakan Totok Rokok Kepala UPTD Puskesmas Kebun Sikolos Epipoli Yenedi memperlihatkan beberapa peralatan peraga untuk totok rokok. Apiz Jackson

PADANG PANJANG, HALUAN--Sebagai kota yang telah mencanangkan “kota bebas rokok dan kota sehat” melalui Perda No 8 tahun 2009, tentang kawasan tanpa asap rokok dan kawasan tertib rokok, pemerintah kota Padang Panjang terus berupaya agar semua warganya berhenti merokok.

 

Saat ini, semua kantor, sekolah sekolah, layanan umum dipasangi papan yang betuliskan “Kawasan Tanpa rokok dan larangan merokok”. Di kantor-kantor umumnya tak lagi menyediakan asbak di mejanya. Para tamu dari luar yang datang  ke kantor-kantor tersebut akan merasa malu jika merokok.

 

Pemerintah kota Serambi Mekah juga rela kehilangan puluhan juta rupiah akibat adanya larangan iklan rokok di kotanya. Upaya-upaya itu belum selesai. Kini di UPT Puskesmas Kebun Sikolos telah menghadirkan pula “Klinik Totok Rokok”.

 

Klinik Totok Rokok ini disediakan bagi masyarakat yang sudah ingin meninggalkan kebiasaan merokok karena mereka sudah tahu akan bahaya asap rokok yang masuk ke paru-paru dan jantung serta akan mengotori darah yang mengalir dalam tubuh.

 

Para medis di Klinik Totok Rokok akan memberikan penyuluhan kepada pasien akan bahaya rokok dan melakukan pengobatan melalui totok tubuh. Pasien yang ikut totok nantinya akan bisa merasakan bosan terhadapa rokok dan dengan mudah dapat meninggalkan rokok.

 

“Alhamdulillah pengobatan ini mulai menunjukkan hasil positif. Bahkan sudah banyak pasien, baik PNS maupun masyarakat, sudah berhenti merokok,” ujar Epipoli Yunedi menjelaskan.

 

Sejak berdiri setahun yang lalu, Klinik Totok Rokok banyak menerima tamu dari luar Sumbar. Mereka datang untuk belajar tentang penanganan pasien perokok agar mereka berhenti merokok. (h/mg-pis)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM