Jalinsum Painan – Kambang Bahayakan Warga


Selasa,07 Februari 2017 - 10:58:01 WIB

PAINAN, HALUAN - Sejumlah tokoh masyarakat Kecamatan Sutera datangi pihak kontraktor KSO Yasa-Conbloc, yang bertempat di Bukit Pulai, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Kedatangan mereka, terkait pengerjaan pada Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Painan-Kambang dinilai mengancam keselamatan dan kesehatan masyarakat yang berdomisili dipinggiran badan jalan.

"Akibat kontraktor mengabaikan kesehatan dan keselamatan masyarakat yang menetap di pinggir bahu jalan. Kami komplen dengan hal itu, karena kami merasa sangat dirugikan, khususnya warga Kampung Padang Tae," ungkap perwakilan tokoh masyarakat Sutera, Naim, di ruangan pejabat kontraktor KSO Yasa-Conbloc, Senin (6/2).

Tidak hanya itu saja, debu yang berterbangan disepanjang jalan, juga memaksa sejumlah pedagang harus gulung tikar, belum lagi terhadap anak-anak kecil yang rentan dengan penyakit. Ia mencontohkan, pelajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Adinda, yang setiap hari terpapar debu akibat pengerjaan jalan tersebut. Sebab, gedung tempat mereka menuntut ilmu berada tepat di pinggir bahu jalan.

Sementara itu, Kepala operasional Teknis Lapangan KSO Yasa-Conbloc, Wiwit berjanji akan segera memenuhi tuntutan masyarakat tersebut, terutama terkait penyiraman badan jalan yang menghasilkan debu. "Terkait kelalaian ini, kami minta maaf kepada seluruh masyarakat yang merasa dirugikan. Sebelumnya kami hanya memiliki satu unit truk tanki untuk penyiraman. Namun, pada minggu kemarin, pihak kita sudah mengupayakan penambahan satu unit lagi, mudah-mudahan masalah tersebut bisa diatasi segera. Dan pihak kita akan membuka diri terhadap kritikan yang dilayangkan setiap masyarakat, dan akan mengevaluasi kinerja dikemudian hari," katanya.

Pertemuan antara sejumlah tokoh masyarakat dan kontraktor tersebut, berakhir dengan dibuatnya berita acara dan MoU terkait kebutuhan tanki penyiraman pada badan jalan yang bertempat di Kampung Padang Tae, Kecamatan Sutera.

Juru bicara Naim, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai Walinagari di Kampung Padang Tae, didampingi oleh Kepala Kampung Padang Tae, Mardalison, Tokoh Pemuda M. Darda dan juga tokoh adat setempat, Maridun Datuak Rajo Indo.

Sementara, Tenaga Pendidik PAUD Adinda, Marlinis mengatakan, untuk mengurangi paparan debu tersebut, pihaknya meniadakan kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) di luar ruangan Sekolah.

"Ya, sejak jalan ini mulai dikerjakan oleh pihak kontraktor, selalu menimbulkan debu. Kami terpaksa meniadakan kegiatan di luar ruangan untuk meminimalisir paparan debu tersebut," ungkapnya.

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya juga tidak mengetahui kapan pengerjaan jalinsum tersebut akan selesai, sehingga proses belajar mengajar di Sekolah PAUD Adinda kembali normal seperti biasa.

Bunda PAUD Pesisir Selatan, Lisda Rawdha Hendrajoni kepada Haluan mengatakan, akan segera meninjau PAUD Adinda untuk melihat situasi yang terjadi saat ini. "Ya, secepatnya akan kita tinjau kebawah, nanti akan kita carikan solusinya," ungkapnya singkat.

Terpisah, Kepala Teknis Lapangan Kontraktor Pelaksana KSO Yasa-Conbloc, Wiwit mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan satu unit mobil tanki, khusus untuk menyiram pengerjaan jalan yang dipusatkan di Kampung Padang Tae, Kecamatan Sutera.

Ia mengaku, sebelumnya hanya memiliki satu unit tanki penyiram sehingga penyiraman badan jalan tidak berjalan maksimal. "Kita akui penyiraman saat ini kurang berjalan maksimal. Sebab, kita hanya memiliki satu tanki. Nanti, untuk penyiraman di Kampung Padang Tae, akan kita tambah satu tanki lagi," tutupnya.

Seperti diketahui, Pengerjaan ruas Painan-Kambang dilaksanakan selama 630 hari kalender oleh kontraktor KSO Yasa-Conbloc dengan nomor kontrak 03-06/14-WINRIP-AWP III/CE/A/8043/3-16.  (h/mg-kis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM