Sulaman dan Bordiran Bukittinggi Bikin Pengunjung IFW 2017 Terkagum-kagum


Senin,06 Februari 2017 - 23:08:12 WIB
Sulaman dan Bordiran Bukittinggi Bikin Pengunjung IFW 2017 Terkagum-kagum Yesi Ramlan Nurmatias bersama para Disainer Bukittinggi di arena Indonesia Fashion Week 2017.IST
Sulaman dan Bordiran Bukittinggi Bikin Pengunjung IFW 2017 Terkagum-kagum
 
 
JAKARTA, HALUAN-Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kota Bukittinggi perkenalkan sulaman dan bordiran khas Bukittinggi pada pameran IFW (Indonesia Fashion Week) 2017, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 1-5 Februari. Produk  khas Bukittinggi ini membuat para pengunjung  Fashion Show  terkagum-kagum.
 
Ketua Dekranasda Kota Bukittinggi Yesi Ramlan Nurmastia mengatakan, dalam pameran ditingkat Nasional dan Internasional tersebut, Dekranasda Bukittinggi menampilkan sulaman, bordir, dan kerancang Bukitttinggi. Disamping itu juga ditampilkan hasil karya delapan orang disainer asli kota Bukittinggi yang tergabung dalam Asosiasi Fashion Disainer Bukittinggi (AFDB).
 
Hasil rancangan AFDB Kota Bukittinggi ini ditampilkan melalui Fashion Show pada event yang bertemakan Celebration of Culture. Hasil rancangan tersebut dibawakan oleh peragawati dari Bukittinggi. “Alhamdulillah sulaman  dan bordiran khas Bukittinggi hasil rancangan disainer Bukittinggi ini sempat memukau pengunjung dan dacak kagum  dari penonton yang memadati Mini Stage Cendrawasih Plenary Hall JCC,” kata Yesi kemarin.
Keikutsertaan Bukittinggi pada ajang Indonesia Fashion Week 2017 ini ulas Yesi, merupakan  kali pertamanya bagi, dalam rangka memperkenalkan potensi sulaman dan bordiran khususnya kerancang Kota Bukittinggi ditingkat nasional.
 
Sebab, tanpa adanya  promosi yang dilakukan kedunia luar maka orang lain tidak akan tahu dengan potensi  sulaman dan bordiran yang dimiliki Bukittinggi. Begitu juga dengan perancang – perancang Bukittinggi yang mempunyai kemampuan disainer yang tidak kalah dengan disainer lainnya.“Meski baru untuk pertama kalinya Bukittinggi tampil dalam pameran Indonesia Fashion Week 2017 ini, namun hasil karya delapan orang disainer berupa pakaian muslim yang dihiasi dengan sulaman dan bordir, mendapat apresiasi dari banyak pengunjung yang hadir dalam pameran tersebut,” terang Yesi.
 
Sementara itu Ketua AFDB Bukittinggi Alvy Oktrisni mengapresiasi Dekranasda Bukittinggi yang telah memperkenalkan sulaman dan bordiran hasil rancangan dari para disainer Bukittinggi.  Menurutnya, langkah yang dilakukan Dekranasda ini adalah langkah awal untuk menuju go nasional dan go internasional. “Melalui promosi dan pameran yang diikuti untuk pertama kalinya ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pembanding untuk mengukur kemampuan kita. Sehingga  Sulaman dan bordiran Bukittinggi semakin dikenal dan bisa menguasai pasaran ditingkat nasional dan internasional,” harapnya. (h/tot/dn)
 

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM