70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa


Minggu,05 Februari 2017 - 19:30:08 WIB
70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

PASBAR,HALUAN--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kini genap berusia 70 tahun. Organisasi yang diinisiasi oleh Lafran Pane ini pada mulanya didirikan pada tanggal 05 Februari 1947 di Yogyakarta.

 

Keberadaan organisasi kemahasiswaan yang berazaskan Islam ini masih relevan dan sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia hari ini, ibarat pepatah minang Indak Lakang dek paneh, Indak lapuak dek hujan.

 

“Terbukti bahwa HMI mampu untuk melahirkan generasi pemimpin bangsa yang sadar tentang nilai-nilai Keindonesiaan dan Keislaman,” ungkap Ketua LSM Gelaksi Kabupaten Pasaman Barat Idenvi Susanto yang juga Aktifis HMI Cabang Pasaman Barat , Minggu (5/2).

 

Menurutnya, komitmen terhadap nilai-nilai Keindonesiaan dan Keislaman yang dimiliki oleh HMI sangatlah kuat.

 

“Negara Kesatuan Republik Indonesia bagi HMI adalah satu rumah yang harus selalu dijaga dan dirawat dengan nafas yang Islami,” paparnya.

 

Baginya, sulit dibayangkan jika sekiranya Indonesia tanpa HMI.

 

“Cak Nur lah sebagai tokoh jebolan HMI yang mampu meletakkan pondasi dasar bahwa antara Islam dan Demokrasi selaras tak bertentangan. Dan keduanya bisa bergandengan hidup damai di Indonesia,” jelasnya.

 

Meski usianya tak muda lagi, Ia berharap HMI mampu untuk menjaga komitmen Kebangsaan dan Keislaman sampai kapanpun juga. “Selamat milad HMI ke-70, semoga HMI semakin jaya demi Indonesia yang bahagia,” harapnya. (h/**)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM