Ribuan Pekerja Keramba di Danau Maninjau Menganggur


Minggu,05 Februari 2017 - 19:22:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ribuan Pekerja Keramba di Danau Maninjau Menganggur Ikan mati di Danau Maninjau/Dokumentasi Haluan

AGAM, HALUAN- Tidak bergeraknya sektor perikanan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau menyebabkan ribuan pekerja kehilangan mata pencariannya.



Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Agam Ermanto, Minggu (5/2), mengatakan, memang kerana banyaknya keramba kosong membuat banyak masyarakat saat ini tidak memiliki aktivitas, atau pekerjaan. Karena sebelumnya praktis banyak masayarakat, yang menggantungkan mata pencariannya ke danau.
 

" Cukup banyak yang terkena dampaknya, termasuk pekerja, di danau maminjau da sekitar 17 ribu keramba, dimana dalam jumlah tersebut paling tidak bisa menyedot seribu tenaga kerja. Namun, sekarang para pembudidaya sudah mulai mengisi kerambanya lagi.

 

"Kami juga tengah berupaya sesuai dengan tupoksi untuk membantu masyarakat danau," katanya.
 

Dikatakannya, pencemaran di Danau Maninjau sudah sangat mengkawatirkan. Kondisi sekarang adalah implikasi dari apa yang terjadi sebelumnya dimana aktivitas KJA yang sangat luar biasa. Kondisi perairan Danau Maninjau lagi tidak kondusif untuk usaha budi daya ikan. Airnya sudah tercemar berat, hanya jenis ikan tertentu yang bisa bertahan.
 

Menurut Ermanto, saat ini pihaknya juga tengah melakukan  persiapan regulasi, yang akan mengatur pemanfaatan Danau Maninjau. Nantinya akan diatur di mana bisa membangun KJA, berapa jumlahnya, begitu juga dengan prizinannya. Ini juga bagian dari penyelamatan dari Danau Maninjau.
 

Salah seorang masyarakat Andi mengatakan, beberapa waktu terakhir memang dampak air danau meninjau membuat ikan tidak bisa hidup. Air danau berwarna hijau, tetapi sekarang sudah mulai kembali membaik dan sudah ada pembudidaya yang mengisi kerambanya.

 

Kondisi meningkatnya pengangguran tersebut perlu penanganan serius, sehingga tidak menyebabkan dampak negatif lain. Selain itu, diperlukan langkah strategis dalam pengalihan perekonomian masyarakat.
(h/yat)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,13 Desember 2016 - 00:53:20 WIB
    BERKAT BERAGAM IVEN

    Ribuan Wisatawan ‘Serbu’ Sawahlunto

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Beragam iven mampu menyedot belasan ribu wisatawan untuk masuk ke Sawahlunto, dalam Minggu (11/12) akhir pekan lalu. Dari lima iven yang digelar, tidak kurang dari 12 ribu wisatawan yang masuk ke ‘Kot.
  • Sabtu,12 November 2016 - 12:17:56 WIB

    Ribuan Guru di Agam Terima Dana Sertifikasi

    Ribuan Guru di Agam Terima Dana Sertifikasi AGAM, HALUAN- Sebanyak 4.324 guru di Kabupaten Agam memenuhi syarat menerima tunjangan sertifikasi dan telah memperoleh SK dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pemberian dana itu tidak hanya bagi guru ya.
  • Senin,31 Oktober 2016 - 15:45:50 WIB

    Ribuan Kepala Keluarga di Kenagarian Kajai Pasbar Terancam Terisolasi

    Ribuan Kepala Keluarga di Kenagarian Kajai Pasbar Terancam Terisolasi PASBAR,HALUAN- Masyarakat Jorong Mudiak Simpang dan Jorong Timbo Abu, Kenagarian Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sangat membutuhkan perbaikan jalan yang memghubungkan dua kejorong..
  • Senin,12 September 2016 - 13:33:15 WIB

    Ribuan Warga Solok Shalat Idul Adha di Tengah Gerimis

    Ribuan Warga Solok Shalat Idul Adha di Tengah Gerimis AROSUKA, HALUAN--Suasana gerimis yang menyungkup pagi, tak menyurutkan niat seribuan jemaah yang tumpah ruah untuk mengikuti sholat Iduladha 1437 H di lapangan sepakbola Gor Batu Batupang Koto Baru, Senin (12/9). .
  • Senin,25 Juli 2016 - 04:12:44 WIB
    MENUNGGAK REKENING AIR

    PDAM Putuskan Sambungan Ribuan Pelanggan

    SOLSEL, HALUAN — Ribuan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Solok Selatan (Solsel) terkena dampak pemutusan sambungan air oleh pihak PDAM Solsel. Hal itu dilakukan karena tunggakan pembayaran rekening air melebi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM