Ribuan Pekerja Keramba di Danau Maninjau Menganggur


Minggu,05 Februari 2017 - 19:22:07 WIB
Ribuan Pekerja Keramba di Danau Maninjau Menganggur Ikan mati di Danau Maninjau/Dokumentasi Haluan

AGAM, HALUAN- Tidak bergeraknya sektor perikanan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau menyebabkan ribuan pekerja kehilangan mata pencariannya.



Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Agam Ermanto, Minggu (5/2), mengatakan, memang kerana banyaknya keramba kosong membuat banyak masyarakat saat ini tidak memiliki aktivitas, atau pekerjaan. Karena sebelumnya praktis banyak masayarakat, yang menggantungkan mata pencariannya ke danau.
 

" Cukup banyak yang terkena dampaknya, termasuk pekerja, di danau maminjau da sekitar 17 ribu keramba, dimana dalam jumlah tersebut paling tidak bisa menyedot seribu tenaga kerja. Namun, sekarang para pembudidaya sudah mulai mengisi kerambanya lagi.

 

"Kami juga tengah berupaya sesuai dengan tupoksi untuk membantu masyarakat danau," katanya.
 

Dikatakannya, pencemaran di Danau Maninjau sudah sangat mengkawatirkan. Kondisi sekarang adalah implikasi dari apa yang terjadi sebelumnya dimana aktivitas KJA yang sangat luar biasa. Kondisi perairan Danau Maninjau lagi tidak kondusif untuk usaha budi daya ikan. Airnya sudah tercemar berat, hanya jenis ikan tertentu yang bisa bertahan.
 

Menurut Ermanto, saat ini pihaknya juga tengah melakukan  persiapan regulasi, yang akan mengatur pemanfaatan Danau Maninjau. Nantinya akan diatur di mana bisa membangun KJA, berapa jumlahnya, begitu juga dengan prizinannya. Ini juga bagian dari penyelamatan dari Danau Maninjau.
 

Salah seorang masyarakat Andi mengatakan, beberapa waktu terakhir memang dampak air danau meninjau membuat ikan tidak bisa hidup. Air danau berwarna hijau, tetapi sekarang sudah mulai kembali membaik dan sudah ada pembudidaya yang mengisi kerambanya.

 

Kondisi meningkatnya pengangguran tersebut perlu penanganan serius, sehingga tidak menyebabkan dampak negatif lain. Selain itu, diperlukan langkah strategis dalam pengalihan perekonomian masyarakat.
(h/yat)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM