Komunitas Konstanta, Pasukan Pembasmi Hama dari Lembah Andalas


Sabtu,04 Februari 2017 - 19:38:42 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Komunitas Konstanta, Pasukan Pembasmi Hama dari Lembah Andalas Komunitas Senapan Angin Tradisional Nusantara

LAPORAN : HAJRAFIV SATYA NUGRAHA


Bagi petani, hasil bumi dari sawah dan kebun merupakan asa untuk menyambung hidup. Tapi bagaimana jika hama menggerayangi hasil tani yang akan dipanen sudah menjadi santapan tupai, babi, tikus, dan hama lainnya.

 

Jelas harapan dari keringat dan buah kerja keras akan sia-sia. Hal inilah yang dilirik oleh 28 anggota Komunitas Senapan Angin Tradisional Nusantara (Konstanta) dari Kabupaten Agam atau kabupaten yang diketahui memiliki lembah di Andalas (nama pulau sumatera dahulu, red) ini untuk membantu perekonomian petani dan sosial masyarakat.

 

Berada di bawah pembinaan Kodim 0304/Agam, komunitas yang diresmikan tanggal 29 Januari 2015 ini sangat konsentrasi sekali untuk memburu hama. Mereka yang berasal dari berbagai latar belakang ini bahu membahu masuk ke hutan, kebun dan sawah untuk memburu sebanyak mungkin para hama yang mengancam hasil pertanian.

 

Medan yang menanjak, penuh lumpur, menyusuri semak belukar hingga harus merayap di sela-sela akar pohon tak dihiraukan. Bahkan dalam cuaca hujan badai pun, anggota Konstanta tetap maju ke daerah yang menjadi sarang hama. Hasilnya selama dua tahun berorganisasi, komunitas ini sudah membunuh ribuan hama dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

 

Jika ditanya untuk apa mereka rela mengotori badan dan harus bertarung dengan kerasnya alam. Bahkan rela harus keluar rimba dengan tubuh yang sudah terluka akibat duri, batu atau diserang babi dan lainnya. Sontak, tak ada jawaban selanin kepuasan batin untuk menyalurkan hobby dan rasa sosial.

 

Karena itulah, jika bertemu dengan komunitas ini di pedesaan-pedesaan, tak heran nantinya mereka juga bergotong royong bersama masyarakat, memberi bantuan sosial, bedah rumah ibadah dan lainnya. Pasalnya, komunitas ini juga dididik untuk peduli antar sesama.

 

Komunitas yang dipimpin oleh Endang Purwanto yang juga merupakan salah satu TNI aktif di Kodim 0304/Agam selalu memberikan pemahaman kepada anggotanya tentang solidaritas, toleransi dan keharmonisan bermasyarakat. Disamping itu, anggota juga diselingi dengan pengetahuan militer, khususnya survival dan sniper.

 

“Kami semua ada 28 orang dalam komunitas ini dan berasal dari berbagai latar belakang. Ada dari TNI aktif, PNS, karyawan swasta, pedagang dan petani. Untuk menyatukan anggota, pastinya ada ditanamkan wawasan kedisiplinan. Setiap hari Sabtu kami berkumpul untuk latihan.

 

Kemudian di hari Minggu baru turun ke lapangan untuk memburu hama. Namun, di minggu ke empat, kami terjun ke tengah masyarakat untuk bakti sosial,” kata Endang Purwanto kepada Haluan.

 

Terakhir, Konstanta melakukan bakti sosial di Mesjid Al-Haman, Jorong Palembayan Tengah, Kenagarian IV Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam saat ulang tahun ke 2 komunitas ini, Minggu (29/1). Disini Konstanta mengecat dan membersihkan mesjid. Kemudian diakhiri dengan makan bajamba dengan warga Jorong.

 

“Terakhir kami melakukan bakti sosial yaitu mengecat dan membersihkan mesjid Al-Haman di Palembayan. Kegiatan bakti sosial seperti ini sebenarnya kami lakukan sekali sebulan. Hanya saja karena bertepatan pada ulang tahun Konstanta yang kedua, jadi kami menganggap bakti sosial di Palembayan kemarin sebagai acara ultah kami,” kata Endang disela-sela acara bakti sosial.

 

BAK SILUMAN DIBALIK AWAN

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM