Pelabuhan Teluk Tapang di Pasbar Ini Bakal Beroperasi


Sabtu,04 Februari 2017 - 19:02:08 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pelabuhan Teluk Tapang di Pasbar Ini Bakal Beroperasi Terlihat Pelabuhan Teluk Tapang Kabupaten Pasaman Barat tinggal finising (Idenvi Susanto)

PASBAR,HALUAN-- Pelabuhan Teluk Tapang Kenagarian Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) di targetkan beroperasi pada tahun 2017 ini.

 

Pelabuhan Teluk Tapang merupakan pelabuhan artenatif untuk para penguna jasa tranportasi laut selain pelabuhan Teluk Bayur Padang

 

Direktur Pelabuhan Laut Kementerian Perhubungan RI Mauritz Sibarani saat berkunjung ke Pasaman Barat menyebutkan, Pelabuhan Teluk Tapang akan menjadi pelabuhan alternatif selain Pelabuhan Teluk Bayur Padang. Bangunan pelabuhan tersebut sudah siap tinggal finishing jalan menuju pelabuhan. Namun tanpa harus menunggu jalan selesai kita menargetkan sudah beroperasi tahun ini.

 

"Setelah kami survei kelapangan, secara teknis bangunannya di laut sudah siap. Kita menunggu serah terima dan berkoordinasi dengan Satuan Operasi Pelabuhan Teluk Bayur," katanya

 

Ia menyebutkan untuk tahap awal Pelabuhan Teluk Tapang akan digunakan untuk angkutan barang. Apalagi, nantinya sudah ada investor yang membuka pabrik biji besi dan akan memanfaatkan pelabuhan itu.

 

"Kalau persoalan jalan yang belum rampung maka akan diselesaikan oleh kabupaten atau provinsi. Dengan beroperasinya Pelabuhan Teluk Tapang maka akan mempermudah membawa hasil bumi yang ada dari Pasaman Barat dan Sumatera Utara," jelasnya

 

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat, Syahiran mengharapkan Pelabuhan Teluk Tapang segera beroperasi.

 

"Pelabuhan ini mulai dibangun sejak 2007 ketika saya menjadi bupati pada periode pertama. Tentu saya bercita-cita agar pelabuhan ini selesai dan tuntas untuk memperlancar tranpsortasi laut," ujarnya.

 

Ia mengakui, jalan sepanjang 33,9 kilometer jalan menuju pelabuhan belum diaspas masih dalam kondisi tanah.

 

Namun, Pemkab Pasaman Barat akan menyediakan anggaran untuk merampungkan jalan tersebut sehingga akses transportasi menuju pelabuhan itu lancar.

 

"Hingga saat ini anggaran APBD Pasaman Barat yang sudah terealisasi untuk pembangunan jalan sudah mencapai sekitar Rp27 miliar dan APBD Sumbar sekitar Rp26 miliar," ujarnya.

 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Pasaman Barat, Jon Hendri mengatakan bangunan Pelabuhan Teluk Tapang sudah layak untuk beroperasi.

 

"Tinggal jalan sebagian yang belum diaspal. Kita akan berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar dan instansi terkait untuk menganggarkan merampungkan jalan tersebut," katanya.

 

Ia menjelaskan banyak manfaat yang bisa diambil jika pelabuhan itu bisa beroperasi. Pertama, akan memperpendek jarak tempuh menuju Pelabuhan Teluk Bayur sekitar 140 kilometer dan irit biaya operasional.

 

Selain itu juga akan mempermudah masyarakat membawa hasil perkebunan, pertanian dan hasil bumi lainnya keluar kota.Pasaman Barat memiliki potensi bidang perkebunan kelapa sawit dengan luas tanam 101.402 hektare yang berproduksi 330.881 ton pertahun.

 

Selain itu juga ada potensi jagung seluas 45.523 hektare dengan produksi 4,6 ton perhektar. Belum lagi potensi biji besi, mangan, granit dan lainnya.

 

"Tentu selain mempermudah akses transportasi juga akan menghidupkan ekonomi warga Pasaman Barat khususnya Air Bangis," punkasnya. (h/idn)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,29 Januari 2016 - 03:35:19 WIB

    Pelabuhan Pantai Tiram Tingkatkan Perekonomian

    PARIAMAN, HALUAN — Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Djonimar Boer menyatakan pembangunan pelabuhan di Pantai Tiram Kabupaten Padangpariaman akan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat setemp.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM