BPJS Kesehatan Cabang Solok, 2019 Peserta JKN-KIS 100 Persen


Rabu,01 Februari 2017 - 22:30:29 WIB
Reporter : Tim Redaksi
BPJS Kesehatan Cabang Solok, 2019 Peserta JKN-KIS 100 Persen Perwakilan BPJS Kesehatan Cabang Solok saat mempersentasikan kepesertaan JKN-KIS di Kota Solok. ERI

SOLOK, HALUAN— Kerja keras dan komitmen BPJS Kesehatan Cabang Solok untuk mewujudkan  Universal Health Couverage 2019 mulai menunjukan titik terang. Ini ditandai dengan semakin  meningkatnya peserta JKN-KIS sejak enam bulan terakhir.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok,Drs. Ardiansyah MM di Solok,Selasa (31/1) mengatakan, Peserta JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok per Desember 2016 sebanyak 687.254 orang, ini meningkat jika dibandingkan dengan data per Juli 2016 yang hanya 675.206.

 

“Meskipun kepesertaan JKN-KIS mengalami peningkatan yang cukup signifikan,namun demikian kepesertaan JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok baru hanya 62 persen. Ini artinya dibutuhkan kerja lebih keras lagi untuk mewujudkan kepesertaan JKN-KIS 100 persen pada tahun 2019 mendatang,”ujar Ardiansyah.

 

Untuk mewujudkan kepesertaan 100%,kata Ardiansyah,sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk patuh dalam membayar iuran. Karena salah satu penyebab kepesertaan JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok belum mencapai angka 100% adalah kerena masih adanya Badan Usaha yang belum patuh melksanakan kewajibannya untuk mendaftarkan pekerjanya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

 

Kerena itu,kita harapkan pada tahun 2017 seluruh Badan Usaha yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok mau melaksanakan amanat dari undang-undang dengan mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta JKN-KIS.

 

Senada dengan Ardiansyah,Kepla Unit Hukum,Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Cabang Solok,Theo Suwanda  mengatakan, berbagai upaya akan dilaksanakan jajaran BPJS Cabang Solok.

 

Salah satunya dengan acara sosialisasi dan advokasi ke-badan usaha yang belum patuh. Kemudian juga menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengintegrasikan program Jamkesda ke JKN-KIS.

Ke dapan katanya,untuk mencapai target kepesertaan 100 persen jajaran BPJS Kesehatan Cabang Solok akan lebih fokus meningkatkan kesadaran peserta dalam membayar iuran.

 

Selain itu mendorong pemberi kerja untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya serta melaporkan data secara lengkap dan benar serta meningkatkan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan.

 

“Mari kta bahu membahu mewujudkan Indonesia yang sehat dan mencapai cakupan semesta tahun 2019, dengan gotong royong semua tertolong,”kata Theo Suwanda. (h/eri)   

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,22 April 2017 - 02:15:47 WIB

    Layanan Pemeriksaaan IVA/ Pap Smear Dijamin BPJS

    Layanan Pemeriksaaan IVA/ Pap Smear Dijamin BPJS SOLOK, HALUAN - Dalam rangka memperingati Hari Kartini, BPJS Kesehatan Cabang Solok menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan IVA/Pap Smear di klinik tumbuh kembang anak Puskesmas Tanah Garam Kota Solok, Jumat (21/4)..
  • Selasa,14 Maret 2017 - 19:58:35 WIB

    Tak Terlayani Optimal, Pasien Tanpa BPJS/KIS di Pessel Ini Meninggal di Perjalanan

    Tak Terlayani Optimal, Pasien Tanpa BPJS/KIS di Pessel Ini Meninggal di Perjalanan PAINAN, HALUAN – Seorang warga Kenagarian Koto Nan Tigo, kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Itad tutup usia saat dilarikan ke RSUD M Zein Painan. Namun, kematiannya pada Selasa (14/3) siang tadi, me.
  • Rabu,18 Januari 2017 - 11:52:10 WIB

    Denda Tunggakan BPJS di Pasaman Tinggi, Warga Mengeluh

    PASBAR, HALUAN - Pasien BPJS di Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat mengeluhkan tingginya denda tunggakan BPJS. Apalagi Kantor BPJS yang ada di wilayah tersebut tidak mensosialisasikannya kepada masyarakat..
  • Jumat,30 Desember 2016 - 01:12:43 WIB

    Tunggakan Iuran BPJS Mandiri Capai Rp6,5 M

    PASAMAN, HALUAN - Tunggakan iuran peserta pemegang kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, dari kepesertaan mandiri di Kabupaten Pasaman sampai akhir tahun 2016 mencapai Rp6,5 miliar..
  • Kamis,24 November 2016 - 00:34:00 WIB

    Kemenag dan BPJS Kesehatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

    Kemenag dan  BPJS Kesehatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim BUKITTINGGI, HALUAN —Ke­men­terian Agama Kota Bukittinggi bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kota Bukittinggi menggelar kegiatan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim di MAN 1 Model Bu­kittinggi, Rabu(23/11)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM