BPJS Kesehatan Cabang Solok, 2019 Peserta JKN-KIS 100 Persen


Rabu,01 Februari 2017 - 22:30:29 WIB
BPJS Kesehatan Cabang Solok, 2019 Peserta JKN-KIS 100 Persen Perwakilan BPJS Kesehatan Cabang Solok saat mempersentasikan kepesertaan JKN-KIS di Kota Solok. ERI

SOLOK, HALUAN— Kerja keras dan komitmen BPJS Kesehatan Cabang Solok untuk mewujudkan  Universal Health Couverage 2019 mulai menunjukan titik terang. Ini ditandai dengan semakin  meningkatnya peserta JKN-KIS sejak enam bulan terakhir.

 

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok,Drs. Ardiansyah MM di Solok,Selasa (31/1) mengatakan, Peserta JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok per Desember 2016 sebanyak 687.254 orang, ini meningkat jika dibandingkan dengan data per Juli 2016 yang hanya 675.206.

 

“Meskipun kepesertaan JKN-KIS mengalami peningkatan yang cukup signifikan,namun demikian kepesertaan JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok baru hanya 62 persen. Ini artinya dibutuhkan kerja lebih keras lagi untuk mewujudkan kepesertaan JKN-KIS 100 persen pada tahun 2019 mendatang,”ujar Ardiansyah.

 

Untuk mewujudkan kepesertaan 100%,kata Ardiansyah,sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk patuh dalam membayar iuran. Karena salah satu penyebab kepesertaan JKN-KIS di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok belum mencapai angka 100% adalah kerena masih adanya Badan Usaha yang belum patuh melksanakan kewajibannya untuk mendaftarkan pekerjanya dalam program Jaminan Kesehatan Nasional.

 

Kerena itu,kita harapkan pada tahun 2017 seluruh Badan Usaha yang berada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok mau melaksanakan amanat dari undang-undang dengan mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta JKN-KIS.

 

Senada dengan Ardiansyah,Kepla Unit Hukum,Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Cabang Solok,Theo Suwanda  mengatakan, berbagai upaya akan dilaksanakan jajaran BPJS Cabang Solok.

 

Salah satunya dengan acara sosialisasi dan advokasi ke-badan usaha yang belum patuh. Kemudian juga menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah dalam mengintegrasikan program Jamkesda ke JKN-KIS.

Ke dapan katanya,untuk mencapai target kepesertaan 100 persen jajaran BPJS Kesehatan Cabang Solok akan lebih fokus meningkatkan kesadaran peserta dalam membayar iuran.

 

Selain itu mendorong pemberi kerja untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya serta melaporkan data secara lengkap dan benar serta meningkatkan kemitraan dengan seluruh pemangku kepentingan.

 

“Mari kta bahu membahu mewujudkan Indonesia yang sehat dan mencapai cakupan semesta tahun 2019, dengan gotong royong semua tertolong,”kata Theo Suwanda. (h/eri)   

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM