Solok Selatan Raih Wahana Tata Nugraha


Rabu,01 Februari 2017 - 08:19:43 WIB
Solok Selatan Raih Wahana Tata Nugraha Bupati Solsel H.Muzni Zakaria bersama Kapolres Solsel, AKBP Ahmad Basahil berfoto bersama setelah menerima Plakat WTN dari Kementerian Perhubungan RI di Jakarta, Selasa (31/1).

SOLOK SELATAN,HALUAN—Tiga tahun berturut-turut pemerintah Solok Selatan (Solsel) menerima penghargaan plakat Wahana Tata Nugraha (WTN) kategori kota kecil. Semenjak 2013-2016 penghargaan itu selalu dikantongi. Padang Aro, sebagai ibukota Solsel oleh pemangku kebijakan telah tiga kali diikutkan untuk Penilaian WTN.
 

Setidaknya ada tiga aspek penilaian yakni, administrasi, sarana prasarana dan dukungan pemkab Solsel menggunakan APBD terhadap lalu lintas. Adapun bantuan dari pemerintah pusat melalui APBN tahun 2016 seperti, warning light, guadril,delination, marka jalan, LPJU tenaga surya dan lainnya.
 

Penyerahan plakat kepada Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, Puji Hartanto di Merlynn Park Hotel, Jakarta.
 

Penilaian WTN merupakan aspek penataan transportasi yang berkelanjutan, dan berbasis kepentingan publik dan ramah lingkungan. Penilaian WTN ini dilakukan oleh Tim dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
 

Bupati Solsel, H.Muzni Zakaria melalalui Kadis Perhubungan Solsel, Armenses mengatakan, berhasilnya Solsel mendapat penghargaan terkait penataan transportasi publik kategori kota kecil, berkat dukungan dan kerjasama banyak pemangku kebijakan. Bahkan yang tidak kalah penting keberhasilan ini adalah berkat dukungan dari masyarakat Solsel secara umum, dukungan dari pengguna sarana jalan dan transportasi secara khusus.

 

“Penghargaan ini dapat diraih, berkat paran serta masyarakat dan pemangku kebijakan dalam mendukung penataan transportasi publik kategori kota kecil. Diantaranya jajaran Kepolisian, Organda, kelompok ormas pengguna kendaraan serta masyarakat pengguna jasa pelayaan,”jelasnya Selasa (31/1).
 

Menurutnya, penghargaan WTN adalah penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia pada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. “Di Sumbar hanya 15 Kabupaten/Kota yang meraih plakat WTN,”katanya.
 

Kapolres Solsel AKBP Ahmad Basahil menyebutkan diharapkan kedepan bisa ditingkatkan menjadi piala penghargaan WTN. “Kita sebagai instansi terkait tetap menyokong hal ini. Terutama, penertiban lalu lintas, pengguna angkutan darat dan terkait fasilitas pendukung,”katanya.
 

Ia menjelaskan, kedepan pihaknya menargetkan mempunyai kawasan tertib lalu lintas dan taman lalu lintas katanya, dan hal ini telah di SK kan oleh bupati.”Kita telah berhasil membawa nama baik Solsel. Disamping itu juga perlu dukungan anggaran sehingga target bisa tercapai,”tutupnya.(h/jef)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM