34 Calon Pengawas Tambang Uji Kompetensi


Senin,30 Januari 2017 - 09:46:58 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN - Kompetensi menjadi syarat mutlak dalam mengembangkan usaha apapun, termasuk usaha di sektor pertambangan, yang memang menuntut hadirnya sumber daya manusia dengan kompetensi yang teruji.

Sedikitnya 34 calon pengawas tambang, dari berbagai perusahaan tambang di Sumatera Barat, mengikuti uji kompetensi Pengawas Operasional Pertama (POP), di kawasan Perambahan CV Bara Mitra Kencana (BMK), Sabtu (28/1).

“Tanpa SDM yang berkompeten di bidangnya, usaha yang dikembangkan tidak akan bisa memperoleh hasil maksimal,” ungkap Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, Heri Martinus.

Begitu pula yang terjadi di dunia usaha pertambangan, lanjut Heri Martinus, setiap SDM yang berperan dalam pengembangan usaha, juga harus memiliki kompetensi sesuai dengan bidang masing-masing.

Heri mengatakan, untuk skala perusahaan pertambangan, POP yang difasilitasi CV. BMK sudah luar biasa, sebab tidak hanya memikirkan profit, tetapi punya visi mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan berkompetensi.   

Bagi Heri yang baru saja dilantik di penghujung 2016 lalu, pembinaan terhadap perusahaan pertambangan, khususnya di Sawahlunto, menjadi bagian dari program kerja 100 hari Dinas ESDM

“Kami sangat fokus sekali terhadap peningkatkan sumber daya manusia. Bisnis apapun tergantung pada SDM dan pengakuan kompetensi dalam suatu bidang menjadi yang sangat menentukan,” terangnya.

Karena, terang Heri, kompetensi menjadi standar kemampuan kualitas yang dinginkan dunia usaha dan dunia kerja sebagai tolak ukur tenaga kerja profesional. 

Direktur CV. BMK, Jhon Reflita mengemukakan kalau perusahaannya konsen dengan peningkatan kemampuan kompetensi karyawan. Peningkatan kompetensi profesi karyawan adalah kewajiban perusahan.

Buktinya, CV BMK mengikutkan 10 karyawan dalam uji kompetensi Pengawas Operasional Pertama ini. “Selain kepentingan dalam memenuhi persyaratan perusahaan, POP ini juga meningkatkan kemampuan karyawan agar lebih bisa bersaing,” terang pimpinan Partai Perindo Kota Sawahlunto itu. (h/nto)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM