34 Calon Pengawas Tambang Uji Kompetensi


Senin,30 Januari 2017 - 09:46:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SAWAHLUNTO, HALUAN - Kompetensi menjadi syarat mutlak dalam mengembangkan usaha apapun, termasuk usaha di sektor pertambangan, yang memang menuntut hadirnya sumber daya manusia dengan kompetensi yang teruji.

Sedikitnya 34 calon pengawas tambang, dari berbagai perusahaan tambang di Sumatera Barat, mengikuti uji kompetensi Pengawas Operasional Pertama (POP), di kawasan Perambahan CV Bara Mitra Kencana (BMK), Sabtu (28/1).

“Tanpa SDM yang berkompeten di bidangnya, usaha yang dikembangkan tidak akan bisa memperoleh hasil maksimal,” ungkap Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, Heri Martinus.

Begitu pula yang terjadi di dunia usaha pertambangan, lanjut Heri Martinus, setiap SDM yang berperan dalam pengembangan usaha, juga harus memiliki kompetensi sesuai dengan bidang masing-masing.

Heri mengatakan, untuk skala perusahaan pertambangan, POP yang difasilitasi CV. BMK sudah luar biasa, sebab tidak hanya memikirkan profit, tetapi punya visi mempersiapkan sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan berkompetensi.   

Bagi Heri yang baru saja dilantik di penghujung 2016 lalu, pembinaan terhadap perusahaan pertambangan, khususnya di Sawahlunto, menjadi bagian dari program kerja 100 hari Dinas ESDM

“Kami sangat fokus sekali terhadap peningkatkan sumber daya manusia. Bisnis apapun tergantung pada SDM dan pengakuan kompetensi dalam suatu bidang menjadi yang sangat menentukan,” terangnya.

Karena, terang Heri, kompetensi menjadi standar kemampuan kualitas yang dinginkan dunia usaha dan dunia kerja sebagai tolak ukur tenaga kerja profesional. 

Direktur CV. BMK, Jhon Reflita mengemukakan kalau perusahaannya konsen dengan peningkatan kemampuan kompetensi karyawan. Peningkatan kompetensi profesi karyawan adalah kewajiban perusahan.

Buktinya, CV BMK mengikutkan 10 karyawan dalam uji kompetensi Pengawas Operasional Pertama ini. “Selain kepentingan dalam memenuhi persyaratan perusahaan, POP ini juga meningkatkan kemampuan karyawan agar lebih bisa bersaing,” terang pimpinan Partai Perindo Kota Sawahlunto itu. (h/nto)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,16 Agustus 2016 - 03:01:05 WIB

    34 Napi Sawahlunto Terima Remisi

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Sebanyak 34 orang narapidana (Napi) di Rumah Tahanan Negara (rutan) kelas II B Kota Sawahlunto memperoleh remisi atau pengurangan masa tahanan dari Kemen­terian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum Ha.
  • Selasa,28 Juni 2016 - 05:01:54 WIB

    Daftar Haji Hari Ini, Berangkat Tahun 2034

    Daftar Haji Hari Ini, Berangkat Tahun 2034 SAWAHLUNTO, HALUAN — Daftar tunggu calon jemaah haji Kota Sa­wahlunto mencapai angka 850 orang, dengan masa tunggu hingga 18 tahun ke depan, atau dengan waktu pemberangkatan di tahun 2034 mendatang..
  • Senin,07 Maret 2016 - 03:38:35 WIB
    Ganesa Operation

    Giring 34 Ribu Siswa Lulus PTN

    Giring 34 Ribu Siswa Lulus PTN PADANGPANJANG, HALUAN— Ganesa Ope­ration sebuah lembaga bim­bingan belajar di Pa­dang­panjang ternyata tidak ha­nya memberikan bekal pe­ngetahuan pelajaran un­tuk menghadapi Ujian Na­sional (UN) agar diterima di p.
  • Jumat,12 Februari 2016 - 03:27:07 WIB

    340 Ha Sawah Rusak Dilanda Banjir

    PASAMAN, HALUAN — Dinas Pertanian Kabupaten Pasaman merilis sekitar 340 hektare sawah di Kabupaten Pasaman rusak karena dilanda banjir dan galodo pada sejumlah titik di daerah itu..
  • Jumat,12 Februari 2016 - 03:20:42 WIB

    340 Guru Ikuti Penyuluhan Hukum

    PADANG PARIAMAN, HALUAN — Sebanyak 340 guru, pelajar SMA, SMK, SUPM mengikuti penyuluhan tentang hukum di Sport Hall Sekolah Menengah Atas Ne­geri (SMAN) 1 V Koto Kam­puang Dalam beberapa waktu lalu. .

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM