Padang Kekurangan 50 Ribu Lampu Jalan


Senin,30 Januari 2017 - 08:49:25 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang Kekurangan 50 Ribu Lampu Jalan

PADANG, HALUAN-Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada di Kota Padang sangat minim. Jumlah PJU yang ada, masih jauh di bawah jumlah ideal yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan dan Ruang (DPUPR) Fatriarman Noer melalui Kepala UPTD PJU Zainal Abidin mengatakan, total saat ini PJU yang dimiliki Kota Padang hanya sekitar 30 ribu. Padahal seharusnya daerah ini agar terang membutuhkan PJU sekitar 80 ribu.

"Jumlah PJU masih sangat sedikit, wajar saja masih banyak di berbagai wilayah yang masih gelap karena tidak adanya PJU, " ujar Zainal Abidin saat di temui Haluan di kantornya.

Zainal berharap agar Pemerintah Kota Padang benar-benar serius dalam penambahan PJU. Dibutuhkan keterlibatan semua pihak agar penerangan dapat dirasakan oleh semua masyarakat.

Selain itu, Zainal juga menuturkan Pe­ne­ra­ngan Jalan Umum (PJ­U) meru­pakan hak ma­syara­kat yang mesti dipenuhi oleh pemerintah kota.

Apalagi setiap mem­bayar tagihan listrik, ma­syarakat juga dipungut Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang menjadi Pen­dapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk tahun ini pun menurut Zainal tidak ada penambahan PJU yang akan dilakukan oleh DPUPR Kota Padang. Akibat keterbatasan anggaran. Anggaran yang disediakan oleh pemko untuk tahun 2017 hanya Rp1,7 Miliar.

Dana tersebut hanya bisa digunakan untuk perawatan PJU yang telah ada. Zainal menjelaskan satu PJU membutuhkan biaya perawatan sekitar Rp300 ribu untuk yang berada di kompleks perumahan. Sedangkan yang berada di jalan utama Rp400 ribu.

"Biasanya untuk perawatan setiap tahun membutuhkan dana sekitar Rp2,5 Miliar," ucap Zainal.

Pantauan Haluan PJU di ruas ja­lan Kota Padang masih sangat minim. Baik diperumahan, jalur Banda Bakali, Pantai Padang tepatnya Olo Ladang hingga jalan Samudera.

Tidak hanya itu saja, jalan lin­tas dari Padang Selatan menuju Kecamatan Bungus Teluk Ka­bung juga minim PJU. Meski lampu jalan ada, na­mun tak hidup pada ma­lam hari.

Padahal di jalan tersebut hingga tengah malam masih banyak lalu lalang ken­da­raan. Kondisi yang gelap, tentu mem­buat rawan kecelakaan maupun tindak kejahatan.

Seorang warga  Anduring Putra mengaku, lampu jalan banyak yang mati dan rusak. Seperti di kawasan Pantai Padang yang di dekat Jalan Samudera, Banda Bakali, Belimbing. Juga arah menuju perbatasan kota dengan daerah tetangga seperti arah ke Bungus dan Lubuk Kilangan.

"Jika PJU tidak ada ada atau minim ini akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai kejahatan dan kecelakan. Sedangkan minimnya PJU ditempat wisata dijadikan tempat bagi pasangan muda untuk berbuat maksiat," ujarnya. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,21 Juli 2017 - 10:24:54 WIB

    Pakai KIM, Padang Menuju Kota Pintar

    Pakai KIM, Padang Menuju Kota Pintar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kota Padang semakin mempertegas diri menjadi "smart city" atau (kota cerdas-red)..
  • Jumat,21 Juli 2017 - 10:16:56 WIB

    Bangunan Bersejarah di Padang Hanya Jadi Gudang

    Bangunan Bersejarah di Padang Hanya Jadi Gudang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kalangan anggota DPRD Kota Padang menilai bangunan peninggalan bersejarah banyak yang terabaikan. Padahal asal mulanya Kota Padang adalah di kawasan Kota Tua..
  • Selasa,18 Juli 2017 - 18:00:35 WIB

    Pertemuan Dai dan Ulama, Wako Padang Bantah Tidak Libatkan MUI

    Pertemuan Dai dan Ulama, Wako Padang Bantah Tidak Libatkan MUI PADANG, HARIANHALUAN.COM--Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah membantah bahwa pihaknya tidak melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang dan Sumbar dalam iven pertemuan dai dan ulama se Asia Tenggara, Afrika dan E.
  • Kamis,13 Juli 2017 - 19:07:33 WIB

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dijadwalkan bakal datang ke Kota Padang pada Sabtu (15/7). Sesuai prosedur, JK akan mendapatkan pengawalan ekstra dari aparat keamanan selama kunjung.
  • Selasa,11 Juli 2017 - 10:52:12 WIB

    Padang Tuan Rumah Multaqa Dai, ASN Berpakaian Muslim

    Padang Tuan Rumah Multaqa Dai, ASN Berpakaian Muslim PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kota Padang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah dan Multaqa Dai. Kegiatan ini dilangsungkan 11-21 Juli 2017. Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada seluruh warganya untuk menyukseskan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM