Pakai Senpi, Anggota Polres Sawahlunto Ini Dites Psikologi


Minggu,29 Januari 2017 - 21:35:09 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pakai Senpi, Anggota Polres Sawahlunto Ini Dites Psikologi Sejumlah anggota membongkar senjatanya saa tes psikologi pemegang senjata api di Polres Sawahlunto. (Ist)

SAWAHLUNTO,  HALUAN—Sebanyak 68 personil Polres Sawahlunto mengikuti tes psikologinya dalam pemegang senjata api (senpi) yang dilakukan oleh tim Psikologi Polda Sumbar,  di Mapolres Sawahlunto, Jumat (26/1).

 

"Kegiatan ini bentuk pencerahan psikologi, untuk memelihara kesehatan mental polisi atau mematangkan psikologi anggota yang memegang senpi, sehingga bisa mewujudkan postur Polri yang profesional," kata Kapolres Sawahlunto AKBP Riyadi Nugroho.

 

Disebutkan Riyadi tes psikologi tidak mengenal pangkat. Apapun jabatannya baik perwira maupun bintara jika tidak lulus tes tidak akan diberikan senjata.

 

"Kami ingin penggunaan senpi oleh anggota adalah upaya terakhir dari suatu kejadian, kalau memang mengharuskan untuk menggunakan senjata barulah kita menggunakannya dalam menegakkan keadilan," ungkapnya.

 

Polres Sawahlunto sendiri lanjutnya, saat ini diperkuat oleh 258 personil termasuk di empat Polsek yang ada. Kekuatan ini sebutnya, belum cukup karena idealnya Polres Sawahlunto harus diperkuat sebanyak 600 personil.

 

Sementara itu Kabag Psikologi Polda Sumbar,  AKBP Delia menambahkan,  permetaan psikologi anggota Polri yang memegang senpi dilakukan rutin setiap enam bulan. Meski masa berlaku hak memegang senjata satu tahun, namun tes psikologi dilakukan setiap enam bulan.

 

"Hal ini diupayakan agar penggunaan senantiasa terpantau sehingga bisa mencegah hal yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan senjata," katanya.(h/rki).

 

 

Editor : Rivo Septi Andries

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,04 Juli 2017 - 18:46:10 WIB

    Minimarket di Limapuluh Kota Ini Pakai Logo Indomaret, BPM-PTSP: Pemkab Tidak Pernah Berikan Izin

    Minimarket di Limapuluh Kota Ini Pakai Logo Indomaret, BPM-PTSP: Pemkab Tidak Pernah Berikan Izin LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Pengoperasian Indomaret di jalan lintas Payakumbuh – Riau Km 6, Tanjung Pati, Kabupaten Limapuluh Kota yang sempat didemo oleh masyarakat tahun 2015 silam, sampai saat ini masih beropera.
  • Senin,12 Juni 2017 - 14:23:46 WIB

    Atasi Konflik Sosial, Pasaman Barat Pakai Aplikasi Elektronik

    PASBAR, HARIANHALUAN.COM- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) membuat dua program unggulan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat..
  • Selasa,30 Mei 2017 - 10:33:09 WIB

    Pedagang Pabukoan Diminta tak Pakai Formalin

    PAYAKUMBUH, HALUAN – Pemerintah Kota Payakumbuh mengingatkan pedagangpabukoan atau sajian berbuka puasa agar jangan menggunakan zat berbahaya dalam jualannya. Jika kedapatan, sanksi berat sudah menanti. .
  • Kamis,24 November 2016 - 00:31:52 WIB
    CEGAH PERILAKU MENYIMPANG

    Siswa Tak Boleh Pakai Smartphone

    Siswa Tak Boleh Pakai Smartphone BATUSANGKAR, HALUAN — Pemkab Tanah Datar mengeluarkan edaran yang tidak memperbolehkan siswa SD sampai SMA membawa smartphone (telepon genggam untuk mengakses internet) karena gawai canggih ini diduga merupakan salah satu f.
  • Rabu,21 September 2016 - 01:52:42 WIB

    Kota Pariaman Masih Pakai Dua Kurikulum Pendidikan

    PARIAMAN, HALUAN — Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga Kota Pariaman, Kanderi menga­takan, di kota ini sekolah masih memakai dua kuri­kulum, satu KTSP dan satu lagi Kurikulum 2013..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM