Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen


Minggu,29 Januari 2017 - 21:13:17 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Pemkab Tanah Datar Bakal Bangun Arena Pacu Jawi Permanen Dokumentasi Haluan

TANAH DATAR, HALUAN – Tradisi pacu jawi menjadi agenda rutin wisata yang digelar setiap selesai panen padi di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Pemkab dan masyarakat terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan, salah satunya dengan berencana membangun arena permanen pacu jawi.

 

Hal ini disampaikan oleh Bupati Irdinasyah Tarmizi setelah mendengar adanya permintaan sebagian masyarakat tentang arena pacu jawi yang permanen.

 

"Arena pacu jawi yang permanen seharusnya memang secepatnya dibangun di Tanah Datar. Karena pecinta pacu jawi ini tidak lagi dari masyarakat Sumbar melainkan sudah mancanegara dan hasil jempretan foto pacu jawi dari fotografer telah berhasil tampil di perlombaan tingkat dunia dan pernah menjadi juara dunia," sebut Irdinansyah saat menutup secara resmi iven pacu jawi di Nagarian III Koto Kecamatan Rambatan, Sabtu (28/1).
 

Menurutnya, Pemda merencanakan pembangunan arena dan sarana prasarana dengan menganggarkan di APBD Kabupaten Tanah Datar. Selain itu, ia juga meminta Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk menyusun kalender wisata pacu jawi yang jelas.

 

Sebelumnya tokoh masyarakat, perantau, pecinta pacu jawi dan Walinagari III Koto mengharapkan agar kegiatan pacu jawi itu memiliki arena yang permanen dan dilengkapi dengan sarana dan prasana memadai.

 

Seperti diketahui, iven pacu jawi selalu ramai dikunjungi pecintanya dan bahkan turis mancanegara pun selalu hadir menyaksikan alek anak nagari itu.
 

Selama ini, memang pacu jawi hanya dilaksanakan di empat kecamatan, yaitu di Kecamatan Pariangan, Lima Kaum, Rambatan dan di Kecamatan Sungai Tarab, penyelenggaraannya bergiliran setiap bulan. (h/fma).

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,12 September 2017 - 01:40:49 WIB
    DIDANAI APBD DAN APBN

    Pemkab Lahirkan Ratusan Wirausaha Baru

    Pemkab Lahirkan Ratusan Wirausaha Baru AROSUKA, HALUAN—Penciptaan wirausaha merupakan salah satu solusi untuk menekan tingkat pengangguran yang terjadi saat ini..
  • Senin,04 September 2017 - 02:10:28 WIB
    IDUL ADHA 1438 H

    Pemkab Sebar 17 Ekor Sapi Kurban

    Pemkab Sebar 17 Ekor Sapi Kurban SOLOK SELATAN, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menyebar sebanyak 17 ekor sapi dalam perayaan hari raya Idul Adha 1438 Hijiriyah pada masyarakat Solsel. Jika dibanding tahun lalu, kurban meningkat lima ek.
  • Rabu,30 Agustus 2017 - 12:12:06 WIB

    Pemkab Solsel dan PT. Mitra Kerinci (PTMK) Akhirnya Sepakat Tukar Guling Lahan

    Pemkab Solsel dan PT. Mitra Kerinci (PTMK) Akhirnya Sepakat Tukar Guling Lahan SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Akhirnya didapatkan kesepakatan antara Pemerintah Solok Selatan (Solsel) dan PT. Mitra Kerinci (PTMK) terkait tukar guling lahan untuk pembangunan masjid Agung. Nota kesepakatan ditandatangan.
  • Rabu,23 Agustus 2017 - 16:29:39 WIB

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119

    Tingkatkan Layanan, Pemkab Padang Pariaman Bentuk Papa Tangkas Gada 119 PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Dinas Kesehatan Padang Pariaman luncurkan program "Papa Tangkas Gada 119". Program ini bertujuan untuk mengurangi  peristiwa kematian dalam kasus gawat-darurat disebabkan oleh keterlambatan.
  • Rabu,16 Agustus 2017 - 11:55:48 WIB

    Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah

    Pemkab Mentawai Mengeluh Karena Banyak PNS Minta Pindah PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI dari Dapil Sumbar I Hermanto mengakhiri rangkaian kunjungan kerja masa reses dapil di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Di daerah ini, bersama Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM