Nagari Tuo Pariangan Jadi Prioritas Utama Pariwisata Pemkab Tanah Datar


Sabtu,28 Januari 2017 - 12:21:59 WIB
Nagari Tuo Pariangan Jadi Prioritas Utama Pariwisata Pemkab Tanah Datar Dokumentasi Haluan

TANAH DATAR, HALUAN - Untuk optimalisasi pembangunan pariwisata daerah tahun ini, Pemda Tanah Datar akan melaksanakan revitalisasi destinasi objek wisata unggulan.

 

Objek wisata Nagari Tuo Pariangan prioritas utama untuk dikembangkan, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, meminta koordinasi dan sinergisitas SKPD dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang akan mendukung pengembangan objek wisata Nagari terindah di dunia tersebut.

 

"Pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur daerah menuju objek wisata Nagari Tuo Pariangan perlu ditingkatkan. Selain itu harus ada penyediaan informasi dan publikasi yang baik sebagai sarana promosi objek wisata unggulan ini oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Datar. Serta program dan kegiatan yang kiranya dapat dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah lainnya dalam mendukung pengembangan objek wisata unggulan," sebut Irdinansyah, Jumat (27/1).
 

Kepada dinas tekait seperti dinas PU bupati Irdinansyah mengharapkan untuk mempersiapkan spot foto bagi pengunjung terutama di sekitar Masjid Tuo Pariangan. Melakukan rehap tangga menuju masjid dan menata lokasi pamandian aia angek yang berada disekitar masjid.

 

"Ini potensi yang harus kita kembangkan dan ditata dengan baik sehingga kenyamanan pengunjung dapat diciptakan. Pariangan memiliki sejarah panjang tentang Tanah Datar, ini harus kita kemas dengan baik, banyak peninggalan sejarah yang patut kita jadikan objek kunjungan bagi wisatawan, seperti kuburan panjang, masjid tuo, balai saruang, rumah adat, pesona alam dan masih banyak lagi pesona yang dimiliki nagari terindah di dunia ini," terangnya.
 

Kepada masyarakat setempat, Irdinansyah berpesan untuk terus meningkatkan kebersihan lingkungan, menjaga keramahtamahan kepada setiap pengunjung yang datang. Sehingga dengan banyaknya tamu yang datang kita dapat menjual berbagai produk yang ada di nagari ini, baik itu kerajinan maupun kuliner khas jelas Irdinansyah. (h/fma)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM