Oesman Sapta Minta Basko Pimpin Gebu Minang Riau


Kamis,26 Januari 2017 - 09:42:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Oesman Sapta Minta Basko Pimpin Gebu Minang Riau

PEKANBARU, HALUAN--Sempat vakum selama puluhan tahun, Gerakan Ekonomi dan Budaya Minangkabau (Gebu Minang), akan kembali eksis di Provinsi Riau. Untuk menjalankan roda organisasi itu, Ketua Umum DPP Gebu Minang, Dr H Oesman Sapta Dt Bandaro Sutan Nan Kayo, langsung meminta H Basrizal Koto untuk memimpin Gebu Minang Riau.

Hal itu diungkapkan Oesman Sapta saat menggelar silaturahmi dengan pengurus IKMR Provinsi Riau, di Rumah Gadang IKMR Riau, Jl Diponegoro No 9, Pekanbaru, Rabu (25/1) malam.

"Riau ini, seperti dikatakan Pak Basko (Basrizal Koto, red), 20 tahun yang lalu pernah hidup (di Riau). Kemudian mati. Sekarang akan hidup kembali. Mudah-mudahan kalau Beliau (H Basrizal Koto, red) yang pegang, (Gebu Minang di Riau) akan jalan," ujar Oesman Sapta yang juga merupakan Ketua Umum DPP Partai Hanura.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, anggota DPRD Riau, Masnur, Ketua DPD Partai Hanura Riau, Agus Widayat, dan Sekjen DPD Partai Hanura Riau, Kudus Kurniawan. Sementara, juga terlihat sejumlah pengurus IWMR Riau, IPMR Riau, dan ratusan tamu undangan lainnya.

Oesman Sapta yang juga merupakan Wakil Ketua MPR RI tersebut menyampaikan, berdasarkan informasi yang diterimanya, bahwa 20 tahun yang lalu, Gebu Minang pernah ada di Riau. Namun karena satu dan lain hal, Gebu Minang di Riau tidak terdengar lagi kiprahnya hingga sekarang.

Menyikapi hal ini, Oesman Sapta yang baru saja terpilih menakhodai Gebu Minang periode 2016-2022, menegaskan komitmennya untuk mengembangkan Gebu Minang di seluruh Indonesia.

"Gebu Minang ini didirikan untuk membangun bangsa ini bersama-sama orang Minang yang ada di seluruh Indonesia. Tentu saja, peran Gebu Minang akan lebih dimaksimalkan untuk ke depannya," kata Ketum DPP Gebu Minang yang bergelar Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo.

Menyikapi kondisi Gebu Minang di Riau yang terkesan 'mati' selama 20 tahun tersebut, Oesman Sapta menegaskan hal tersebut akan menjadi salah satu prioritasnya untuk kembali menghidupkan dan menunjukkan eksistensi Gebu Minang di Riau. Hal tersebut tentu saja tidak lepas dari peran tokoh-tokoh Minang yang ada di Riau, salah satunya H Basrizal Koto yang merupakan Ketua Umum IKMR Riau.

Siap Memprakarsai

Sementara itu, H Basrizal Koto yang akrab disapa Basko ini, mengatakan, kalau 20 tahun yang lalu, baik Gebu Minang maupun IKMR Riau, berjalan masing-masing. Di bawah kepemimpinan Oesman Sapta, wacana peleburan Gebu Minang dan IKMR Riau, kembali mencuat. Menanggapi hal ini, Basko mengatakan hal tersebut tergantung hasil rapat antara kedua organisasi tersebut di Jakarta, yang akan dilangsungkan tidak lama lagi.

"Jadi melebur atau tidak, nanti kita lihat hasil rapat kita di Jakarta," kata pengusaha Riau asal Minangkabau tersebut.

Kendati begitu, Basko menegaskan dukungannya dan siap memprakarsai untuk menghidupkan kembali Gebu Minang di Riau. Komitmen Basko tersebut bukan tanpa alasan. Dikatakan Basko, IKMR Riau bersama sejumlah organisasi sayapnya, seperti IWMR Riau dan IPMR Riau, merupakan salah satu garda terdepan mendukung Oesman Sapta menjadi Ketua Umum DPP Gebu Minang. Dengan telah terpilihnya Oesman Sapta, IKMR Riau siap mendukung program Oesman di Gebu Minang.

"Memang saya termasuk Dewan Penyantun di Gebu Minang di Jakarta. Dengan kepemimpinan Bang Oesman, kemarin Riau merupaka garda paling depan mendukung beliau. Kita dukung, dan jadi," terang Basko.

"Segera (dibentuk Gebu Minang di Riau). Dalam tiga bulan ke depan," sambung Basko menegaskan.

Sementara, terkait muncul namanya untuk memimpin Gebu Minang di Riau nantinya, Basko belum mau memberi tanggapan. Basko menyebut kalau dirinya masih menjabat sebagai Ketua Umum IKMR Riau, dan di Riau sendiri masih banyak tokoh-tokoh Minang yang memiliki kemampuan memimpin Gebu Minang.

"Nanti kita lihat. Karena saya sekarang menjadi Ketua Umum IKMR Riau. Ini sudah 20 tahun. Masih banyak tokoh-tokoh Minang yang ada di Riau yang kita dukung ke depan di Gebu Minang," pungkas Basko.

Di tempat yang sama, Gubri Arsyadjuliandi Rachman di hadapan Oesman Sapta, memaparkan sejumlah program pembangunan yang telah dijalankan selama dirinya menjabat selaku Gubernur Riau. Salah satunya dengan membangun infrastruktur jalan yang menghubungkan Ujung Batu dengan Rao Selatan.

"Ujung Batu-Rao Selatan bisa irit waktu dari empat jam menjadi 2,5 jam. Selain itu juga ada wacana pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang," imbuh Gubri. (hr/dod)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,10 Juni 2016 - 03:36:30 WIB

    Oesman Sapta: Kartel Daging Biadab

    Oesman Sapta: Kartel Daging Biadab JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta menilai pelaku kartel daging biadab karena telah mem­permainkan harga daging yang dari tahun ke tahun terus naik..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM