Dianggap Tidak Sesuai Prosedur, Paripurna di Pessel Ricuh


Rabu,25 Januari 2017 - 19:06:45 WIB
Dianggap Tidak Sesuai Prosedur, Paripurna di Pessel Ricuh Kondisi Paripurna di Pessel saat ricuh, Rabu (25/1). OKIS

PAINAN, HALUAN - Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), dalam penyampaian empat nota Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) berlangsung ricuh dan saling adu argumentasi.

 

Pasalnya, ada sejumlah prosedur yang tidak dilengkapi dan tidak sesuai dengan mekanisme ditingkat Badan Legislasi (Baleg), sebelum Ranperda tersebut menjadi Perda.

 

Akibatnya, paripurna ditunda, acara yang berlangsung di Auditorium Pemkab Pessel saat itu dimulai sekitar pukul 09.00 WIB membahas tentang Ranperda perubahan atas peraturan daerah nomor 1 tahun 2012 tentang retribusi perizinan. Ranperda perubahan atas peraturan daerah nomor 2 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha, Ranperda perubahan atas peraturan daerah nomor 3 tahun 2012 tentang retribusi jasa umum, kemudian Ranperda pencabutan peraturan daerah nomor 12 tahun 2012 tentang irigasi.

 

"Karena banyak yang tidak sependapat, sidang paripurna hari ini kami tunda (skor). Nanti akan kami mulai lagi pada pukul 14.00 WIB," ungkap ketua DPRD Dedi Rahmanto sambil mengetuk palu.

 

Namun, agenda yang sudah dijadwalkan pada pukul 14.00 WIB dan, kembali molor dan akhirnya skor sidang dicabut tepat pada pukul 15.35 WIB, dan sidang kembali dilanjutkan terkait pembahasan penyampaian empat nota Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda).

 

Pada saat sidang kembali dilanjutkan, sejumlah pertanyaan dan spekulasi kembali bemunculan oleh berbagai anggota DPRD yang hadir saat itu, mereka kembali mempertanyakan akan kelanjutan sidang paripurna saat itu, bahkan sebagian anggota menyarankan agar sidang paripurna tersebut diundur saja, supaya tidak dinilai cacat hukum.

 

"Idealnya sebelum Ranperda ini kami bahas pada tingkat paripurna, terlebih dahulu harus diselesaikan pembahasannya pada tingkat Baleg. Nah, sementara prosedur seperti itu tidak mereka jalankan, apakah tidak melanggar hukum nantinya," ungkap Marwan Anas anggota DPRD dari Fraksi PPP.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM