Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal


Senin,23 Januari 2017 - 10:48:27 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal Aspirasi--Anggota DPD RI Nofi Candra menyerap aspirasi masyarakat saat kunjungan resesnya ke Nagari Sulit Air kec. X Koto Diatas, Minggu (22/1) YUTIS WANDI

SOLOK, HALUAN--Upaya untuk mendorong perkembangan nagari Sulit menuju nagari pariwisata masih terkendala infrastruktur jalan yang memadai dan mendukung program tersebut.

 

Hal ini terungkap saat diskusi anggota DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra bersama warga nagari Sulit Air di ruang pertemuan Kantor wali nagari setempat, Minggu (22/1) kemaren.

 

Hadir dalam pertemuan itu anggota DPRD Kab. Solok Ahmad Purnama, Wali Nagari Sulit Air Hj. Alek Suryani, ketua BMN, tokoh masyarakat Erwin Saman Dt Gompo, Bundo Kanduang dan masyarakat.

 

Wali nagari Sulit Air Hj. Alek Suryani, saat ini pemerintah nagari bersama perantau setempat tengah berupaya mengangkat potensi nagari Sulit Air melalui pengembangan berbagai potensi wisata yang dimiliki.

 

Selain bukit batu merah putih dengan jonjang seribunya, potensi lain yang dimiliki dan baru dikembangkan adalah bukit Batu Galeh dan Air terjun Timbulum. Sementara dalam waktu dekat, 1 ivent akbar bertaraf internasional bertajuk Tour de Sulit Air 10 K juga akan digelar. "Kegiatan ini diangkat untuk mengenalkan potensi pariwisata yang kita miliki," kata Alek Suryani.

 

Namun demikian kata dia, pihaknya sangat mengeluhkan akses jalan yang belum memadai untuk menunjang upaya itu. Karena jalan yang ada saat ini, disamping sempit dan kecil, juga sudah banyak yang rusak.

 

Padahal jalan yang ada di Sulit Air, merupakan akses penghubung ke nagari tetangga dan kabupaten tetangga seperti Tanah Datar dan Sawah Lunto. 

 

"Kami berharap, seiring dengan diangkatnya agenda wisata internasional TdSA ini, juga dibarengi dengan perbaikan jaringan infrastruktur yang memadai pula. Kita berharap hal ini menjadi pemikiran dari wakil rakyat yang ada di DPR dan DPD untuk menyampaikan aspirasi ini kepada kementerian Pariwisata dan kementerian PU," katanya.

 

Selain itu kata Wali Nagari, pada setiap ada keramaian seperti kegiatan pulang basamo perantau dan kegiatan alek nagari lainnya, seringkali menimbulkan kemacetan karena kendaraan yang lewat, sulit berpapasan. "Inilah yang menjadi harapan kami warga Sulit Air, semoga kedepan jaringan infrastruktur yang menghubungkan daerah ini dengan daerah lain bisa lebih baik dari yang sekarang," pintanya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,26 Juli 2017 - 11:36:43 WIB

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah

    Warga Dilarang Mendirikan Bangunan di Zona Merah PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), memasang plang larangan untuk membangun di sekitar area bibir pantai yang terdapat jejak penimbunan akibat pengerjaan jalan nasional, Selasa (25.
  • Minggu,02 Juli 2017 - 10:28:42 WIB

    Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan

    Bosan Dihadiahi Janji, Warga Palembayan Pasang Plang di Jalan AGAM, HALUAN - Sebagai kritik terhadap lambanya perbaikan jalan Palembayan, masyarakat setempat memasang rambu dari kertas karton menjelang lebaran Idul Fitri lalu bertuliskan,"Maaf Jalan Kami Rusak"..
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 14:20:01 WIB

    Bupati Agam Minta Warga Suksekan Pilwana

    AGAM, HALUAN -- Bupati Agam, Indra Catri, Dt Malako Nan Putiah meminta masyarakat di nagari untuk menjaga persatuan dan kesatuan, kenyamanan di kampung, serta jangan ada fitnah dan saling menjelekan antar sesama, menjelang ma.
  • Selasa,30 Mei 2017 - 19:33:56 WIB

    Kabupaten Agam Bakal Sediakan Wifi Gratis untuk Warga

    Kabupaten Agam Bakal Sediakan Wifi Gratis untuk Warga AGAM, HARIANHALUAN.COM- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Agam melakukan inovasi dengan memfasilitasi tempat umum dengan Free Wifi atau internet gratis. Hal ini dilakukan untuk mempermudah warga mengakses i.
  • Senin,29 Mei 2017 - 19:11:29 WIB

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Penyakit demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aides aygepti, kini mewabah di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tepatnya di Kenagarian Punggasan Utara, Kecamatan Linggosaribaga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM