Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal


Senin,23 Januari 2017 - 10:48:27 WIB
Warga Sulit Air Keluhkan Infrastruktur yang Masih Tertinggal Aspirasi--Anggota DPD RI Nofi Candra menyerap aspirasi masyarakat saat kunjungan resesnya ke Nagari Sulit Air kec. X Koto Diatas, Minggu (22/1) YUTIS WANDI

SOLOK, HALUAN--Upaya untuk mendorong perkembangan nagari Sulit menuju nagari pariwisata masih terkendala infrastruktur jalan yang memadai dan mendukung program tersebut.

 

Hal ini terungkap saat diskusi anggota DPD RI asal Sumbar H. Nofi Candra bersama warga nagari Sulit Air di ruang pertemuan Kantor wali nagari setempat, Minggu (22/1) kemaren.

 

Hadir dalam pertemuan itu anggota DPRD Kab. Solok Ahmad Purnama, Wali Nagari Sulit Air Hj. Alek Suryani, ketua BMN, tokoh masyarakat Erwin Saman Dt Gompo, Bundo Kanduang dan masyarakat.

 

Wali nagari Sulit Air Hj. Alek Suryani, saat ini pemerintah nagari bersama perantau setempat tengah berupaya mengangkat potensi nagari Sulit Air melalui pengembangan berbagai potensi wisata yang dimiliki.

 

Selain bukit batu merah putih dengan jonjang seribunya, potensi lain yang dimiliki dan baru dikembangkan adalah bukit Batu Galeh dan Air terjun Timbulum. Sementara dalam waktu dekat, 1 ivent akbar bertaraf internasional bertajuk Tour de Sulit Air 10 K juga akan digelar. "Kegiatan ini diangkat untuk mengenalkan potensi pariwisata yang kita miliki," kata Alek Suryani.

 

Namun demikian kata dia, pihaknya sangat mengeluhkan akses jalan yang belum memadai untuk menunjang upaya itu. Karena jalan yang ada saat ini, disamping sempit dan kecil, juga sudah banyak yang rusak.

 

Padahal jalan yang ada di Sulit Air, merupakan akses penghubung ke nagari tetangga dan kabupaten tetangga seperti Tanah Datar dan Sawah Lunto. 

 

"Kami berharap, seiring dengan diangkatnya agenda wisata internasional TdSA ini, juga dibarengi dengan perbaikan jaringan infrastruktur yang memadai pula. Kita berharap hal ini menjadi pemikiran dari wakil rakyat yang ada di DPR dan DPD untuk menyampaikan aspirasi ini kepada kementerian Pariwisata dan kementerian PU," katanya.

 

Selain itu kata Wali Nagari, pada setiap ada keramaian seperti kegiatan pulang basamo perantau dan kegiatan alek nagari lainnya, seringkali menimbulkan kemacetan karena kendaraan yang lewat, sulit berpapasan. "Inilah yang menjadi harapan kami warga Sulit Air, semoga kedepan jaringan infrastruktur yang menghubungkan daerah ini dengan daerah lain bisa lebih baik dari yang sekarang," pintanya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM