BPBD Sijunjung Imbau Warga Tak Bakar Lahan


Sabtu,21 Januari 2017 - 13:14:46 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SIJUNJUNG, HALUAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan. Pasalnya, selain merusak lingkungan, juga bisa mengganggu kesehatan manusia. Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Sijunjung, Hardiwan, Jumat (20/1).

“Sudah beberapa hari ini kita mendapatkan laporan terkait adanya kebakaran hutan dan lahan yang menghanguskan ratusan hektare lahan milik warga,” ujar Hardiwan kepada wartawan.

Dijelaskannya, meskipun dibeberapa wilayah Kabupaten Sijunjung terjadi hujan, namun kebakaran lahan tetap bisa terjadi karena tidak setiap hari turun hujan. Menurutnya, selama ini masih banyak masyarakat yang mengambil jalan pintas saat akan membuka lahan guna bercocok tanam dengan cara membakar.

“Selain praktis membakar lahan, menurut warga juga bisa menghembat biaya dibandingkan bila harus dibersihkan secara manual,” katanya.

Hardiwan menambahkan, kebakaran lahan terutama dengan kondisi gambut juga bisa menjalar di kebun milik orang lain. "Jadi jangan mengatakan, ini kan lahan saya jadi terserah mau dibakar atau tidak. Tapi ingat, kebakaran itu bisa merugikan orang lain. Misalnya, tanaman di kebun tetangga bisa layu karena terkena panas dari kebakaran lahan itu. Belum lagi asapnya yang bisa merusak kesehatan, sehingga sebelum itu terjadi, maka sebaiknya jangan membakar lahan," jelasnya.


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,15 Desember 2016 - 15:23:40 WIB

    Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar

    Abrasi Pantai di Pessel, BPBD : Menghabiskan Dana Rp 40 Miliar PAINAN, HALUAN - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyebutkan, untuk penanganan abrasi pantai (gelombang laut-red) yang terjadi beberapa waktu lalu di Ka.
  • Kamis,06 Oktober 2016 - 02:12:23 WIB

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT

    BPBD Beri Penyuluhan Bencana Pada IRT BATUSANGKAR, HALUAN — Anggota Pemadam Ke­bakaran (Damkar) BPBD Ka­bu­paten Tanah Datar mela­kukan sosialisasi kepada kaum Ibu Rumah Tangga (IRT) di wilayah Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Senin (3/10)..
  • Kamis,18 Agustus 2016 - 03:12:23 WIB

    BPBD Dapat Tambahan Satu Unit Mobil Damkar

    BUKITTINGGI, HALUAN — Badan Pe­nang­gulangan Bencana Daerah (BPBD) Ko­ta Bukittinggi mendapat tambahan 1 unit mo­bil Pemadam Kebakaran ( Damkar), yang di­beli dengan APBD Kota Bukittinggi tahun 2016..
  • Rabu,11 Mei 2016 - 04:00:50 WIB

    BPBD Kota Pariaman Gelar Pelatihan TRC

    BPBD Kota Pariaman Gelar Pelatihan TRC PARIAMAN, HALUAN — Ba­dan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kota Pariaman melaksanakan pela­tihan TRC kepada relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan relawan Ke­lom­pok Siaga Ben­cana (KSB) di lapangan bola kaki Sikapak.
  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:57:47 WIB

    Pembangunan Kantor BPBD Dilanjutkan

    PARIAMAN, HALUAN — Pembangunan gedung Kan­tor BPBD Kota Pariaman di San­tok, tahun ini dilan­jutkan dengan dana APBD Kota tahun 2016, sebesar Rp1 Mi­liar lebih. Kepala Dinas Pe­kerjaan Umum Kota Paria­man, Asrizal, me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM