Masalah Danau Maninjau, Segera Dibahas Lintas Fraksi di DPR RI


Jumat,20 Januari 2017 - 11:12:12 WIB
Masalah Danau Maninjau, Segera Dibahas Lintas Fraksi di DPR RI ilustrasi/Haluan

JAKARTA, HALUAN - Komisi II DPR menilai penanganan persoalan yang terjadi di Danau Maninjau sekarang ini melibatkan banyak sektor dan karena itu pula di pembahasan di DPR juga melibat lintas komisi.


"Masalah Danau Maninjau ini melibatkan lintas komisi. Ada Komisi II, IV, V, VIII dan bahkan Komisi X. Komisi II akan segera berkoordinasi dengan komisi terkait dan setelah itu baru DPR mengeluarkan rekomendasi ke pemerintah," kata Wakil Ketua Komisi II DPR dari Demokrat Fandi Utomo, ketika menerima perwakilan masyarakat Adat Salingka Danau Maninjau, di ruang rapat Komisi II DPR, Kamis (19/1).
 

Kelompok masyarakat yang mengadu ke Komisi II DPR itu adalah Ketua Forum Masyarakat Adat Salingka Danau Maninjau (FMASDM) Hari Asmar, turut didampingi tokoh masyarakat Maninjau Bachtiar Chamsyah dan Ketua KAN Sukirman Dt. Tumijo.
 

Bachtiar Chamsyah dalam pertemuan tersebut mempertanyakan siapa pemegang kewenangan rehabilitasi danau maninjau yang sekarang tingkat pencemaran betul-betul memperihatinkan, terutama sejak banyaknya Keramba Jala Apung (KJA) di salah dana terindah di dunia itu.
 

"Siapa yang bertanggungjawab. Terjadi saling lempar tanggung jawab antara pemerintah provinsi Sumbar dengan pemerintah Kabupaten Agam. Provinsi bilang kabupaten dan sebaliknya kabupaten bilang provinsi. Saya merasa agak kecewa tak ada respon. Karena itulah kami mengadu ke bapak-bapak (DPR -red)," kata mantan Menteri Sosial itu.
 

Seharusnya kata Bachatiar, KJA di danau Maninjau yang telah membuat pencemaran danau itu bisa ditertibkan oleh pemerintah kabupaten dengan peraturan bupati.

 

"Tapi itu tak pernah dilakukan oleh pemerintah kabupaten," jelas Bachtiar.
 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM