Puluhan Kios di Bukittinggi Dibongkar Pol PP


Selasa,17 Januari 2017 - 12:33:34 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Puluhan Kios di Bukittinggi Dibongkar Pol PP 32 kios dikawasan Aur Kuning Bukittinggi, dibongkar dengan sendirinya oleh pedagang, Senin (16/1). Gatot

Pedagang Bongkar Sendiri Bangunan Kios Di Aur Kuning

BUKITTINGGI, HALUAN—Pembongkaran kios dan lapak-lapak pedagang yang berada disamping pertokohan Al-Ibat Aur Kuning Bukittinggi, Senin (16/1), berjalan dengan aman dan lancar tanpa adanya perlawanan dari pemilik kios.

 

Pasalnya, puluhan kios  semi permanen yang berada di sisi jalan By Pass Pasar Aur Kuning tersebut, di bongkar dengan sendirinya secara sukarela oleh para pemiliknya. Proses pembongkaran dibantu oleh para petugas dan satpam di lingkungan pasar Aur Kuning. Pembongkaran yang dilakukan sehubungan dengan adanya intruksi dari pemerintah daerah setempat untuk mengosongkan lahan milik pemerintah yang mereka tempati tersebut.

 

Sebelumnya,  pihak Pemko Bukittinggi sejak November tahun lalu juga telah menyosialisasikan kepada pedagang yang menjual berbagai jenis makanan, minuman, barang harian, sayur dan kebutuhan lainnya dikawasan tersebut, untuk dapat mengosongkannya, karena kawasan itu merupakan fasilitas publik.  Bahkan sosialisasi juga sudah ditindak lanjuti melalui surat imbauan sebanyak dua kali untuk mengosongkan kawasan tersebut hingga 16 januari 2017.

 

“Atas nama pemerintah daerah kita sangat menghargai dan sangat berterima kasih sekali kepada pemilik kios atas kesadaran yang mereka miliki, sehingga mereka bersedia membongkar dengan sendirinya bangunan kios tersebut,” ujar Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias didampingi Kapolres Bukittinggi, Arly Jembar Jumhana dan Dandim 0304 Agam, Salim Kurniawan ketika turun langsung meninjau lokasi pembongkaran tersebut.

 

Menurut Ramlan, puluhan bangunan kios tersebut sengaja dibongkar karena status tanah yang mereka tempati untuk berjualan merupakan milik pemerintah. Pemko Bukittinggi tidak menginginkan adanya fasilitas publik yang dimanfatkan oleh pihak pihak lain untuk mencari keuntungan.

 

 “Lahan ini merupakan milik pemerintah, jadi harus kita selamatkan. Kita komitmen akan mengembalikan fungsi fasilitas publik  yang digunakan oleh pihak-pihak yang tidak mentaatinya. Semua yang mengggangu fasilitas umum akan kita tertipkan. Hal ini kita lakukan untuk meberikan kenyamanan bagi masyarakat dan pengunjung yang datang ke Bukittinggi,”  tegas Ramlan.

 

Ramlan juga minta aparat terkait agar mengawasi lokasi yang sudah disterilkan tersebut sehingga para pedagang tidak memanfaatkan lagi  fasilitas  tersbut untuk tempat berjualan.

 

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Bukittinggi, Syafnir mengatakan, sedikitnya ada sekitar 32 bangunan kios yang dibongkar dengan sendiri oleh pemiliknya. Pembongkaran yang mereka lakukan itu juga dibantu oleh petugas dan Satpam pasar yang ada di Aur Kuning dengan pengawalan dari tim SK4.

 

“Sesuai dengan batas waktu yang diberikan oleh pemerintah derah untuk mengosongkan lahan yang mereka tempati itu, maka pemilik kios mulai melakukan pembongkaran semenjak Minggu (15/1) malam hingga Senin pagi. Mereka membongkar dengan sendirinya yang dibantu oleh petugas yang ada di Aur Kuning,” kata Syafnir.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi, M.Idris  menambahkan, sebelum dilakukan pembongkaran, puluhan pedagang tersebut telah diberikan pemberitahuan berupa tiga kali himbauan untuk mengosongkan lokasi tersebut

 

“Pemko telah memberi batas waktu kepada pedagang untuk mengosongkan lokasi tersebut hingga Senin (16/1) dini hari. Dan alhamdulilah atas kesedaran yang mereka miliki, maka pemilik kios  dibantu oleh petugas pasar serta para pedagang  lainnya telah dapat mengosongkan lahan tersebut  menjelang pagi,” ulas Idris. (h/tot/ril)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,03 Juli 2017 - 18:45:09 WIB

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas

    Puluhan ASN dan Tenaga Kontrak Bolos, Bupati Pasaman: Ada Sanksi Tegas PASAMAN, HARIANHALUAN.COM—Sebanyak 31 orang pegawai di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pasaman, membolos alias tanpa keterangan pada gelaran apel perdana usai libur bersama perayaan Idul Fitri 1438H, Senin (3/7). Mereka, ASN.
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:52:29 WIB

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal

    Bupati Pasaman Geram, Puluhan Staf Umum Izin Massal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, lagi-lagi dibuat jengkel oleh sebagian pegawai di Sekretariat Daerah (Setda) setempat, khususnya pada bagian umum. Kegusarannya disebabkan puluhan pegawai tidak hadir a.
  • Senin,29 Mei 2017 - 19:11:29 WIB

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD

    Puluhan Warga Pessel Terjangkit DBD PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Penyakit demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aides aygepti, kini mewabah di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), tepatnya di Kenagarian Punggasan Utara, Kecamatan Linggosaribaga.
  • Minggu,05 Februari 2017 - 21:34:22 WIB

    Waspada, Puluhan Warga Sawahlunto Terjangkit DBD

    Waspada, Puluhan Warga Sawahlunto Terjangkit DBD SAWAHLUNTO, HALUAN—Sebanyak 16 orang anak dan 46 warga lainnya di Kota Sawahlunto, positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak sepekan terakhir. .
  • Minggu,25 Desember 2016 - 13:15:14 WIB

    Puluhan Anggota TNI Bersenjata Lengkap Berlarian di Bukit Langkisau

    Puluhan Anggota TNI Bersenjata Lengkap Berlarian di Bukit Langkisau PAINAN, HALUAN - Sebanyak 37 prajurit berbaju loreng, diwilayah kesatuan Komando Distrik Militer (Kodim/0311) Pessel, terlihat berlarian sambil menenteng senjata dan membawa bendera merah putih. Tak hanya itu, sejumlah prajur.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM