30 Calon Petugas Kesehatan Haji Jalani Tes Kebugaran


Senin,16 Januari 2017 - 10:59:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
30 Calon Petugas Kesehatan Haji Jalani Tes Kebugaran Sry Rachmawaty

PADANG, HALUAN -- Sebanyak 30 orang calon petugas kesehatan haji Sumbar, hari ini, Senin (16/1) akan menjalani serangkaian test kebugaran jasmani di UPTD Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat  dan Pelatihan Kesehatan (BKOM - Pelkes) Sumbar. Test ini merupakan salah satu syarat bagi calon petugas kesehatan haji yang dikeluarkan oleh Pusat Kesehatan Haji di Kementrian Kesehatan.

 

Hal ini diungkapkan Dr. Hj. Sry Rachmawaty, Koordinator Bidang Kesehatan Olah Raga Masyarakat Bapelkes Sumbar kepada Haluan Minggu (15/1). Sri yang juga merangkap Ketua Tim Penguji calon tenaga kesehatan haji ini menyebutkan, para calon tersebut akan menjalani tes kebugaran dengan metode rockport.

 

"Mereka akan diuji kebugarannya, guna  mengukur volume oksigen tubuh seseorang dalam  mengkonsumsi oksigen saat latihan dan kapasitas maksimum (VO2 max). VO2 max adalah oksigen maksimal yang dapat digunakan tubuh untuk melakukan aktivitas. Makin besar volume oksigen yang dikonsumsi, maka makin bugar seseorang. Berikutnya, tes jalan sejauh 1,6 km. Di sini akan dihitung waktu tempuhnya berapa, kemudian dikonversikan dengan tabel yang sudah distandarkan. Tes ini dicocokkan dengan umur dan jenis kelamin peserta," ungkap Sry.

 

Hasil dari tes ini, merupakan salah satu syarat administratif (unsur yang dipedomani), apakah seseorang bisa menjadi petugas haji, ditinjau dari sisi kesehatannya.

 

Hal ini terangkum dalam standar paket medical check up (MCU) calon petugas kesehatan haji Indonesia (PKHI) tahun 2017. Adapun beberapa tes kesehatan lainnya mencakup Anamnesa (riwayat penyakit sekarang, dahulu, keluarga dan lainnya), pemeriksaan fisik (berat badan, tinggi dan lainnya), serta penunjang. Misalnya labor (hematologi, kimia darah dan urine), radiologi (elektrokardiografi dan lainnya).

 

"Semua hasil tes inilah nantinya yang akan menentukan hasil pemeriksaan MCU secara keseluruhan bagi calon petugas kesehatan haji tersebut. Untuk yang berminat, masih terbuka kesempatan pendaftaran hingga hari pelaksanaan tes hingga tanggal 20 Januari. Jadi yang berminat masih bisa mendaftar pada pada hari-hari pelaksanaan tes," tutup Sry.  (h/atv)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,05 September 2017 - 12:17:20 WIB

    Tingkat Aktivitas Kegempaan di Sumbar Tinggi, BMKG: Januari-Juli 307 Kali Gempa

    Tingkat Aktivitas Kegempaan di Sumbar Tinggi, BMKG: Januari-Juli 307 Kali Gempa PADANG, HARIANHALUAN.COM—Gempa beberapa kali mengguncang wilayah Sumatera Barat, terakhir pada Selasa (5/9) pukul 09:52:13 WIB, wilayah laut Pariaman diguncang gempabumi tektonik..
  • Selasa,02 Mei 2017 - 02:29:25 WIB

    Dandim 0308 Pariaman Silaturahmi ke PWI

    Dandim 0308 Pariaman Silaturahmi ke PWI PARIAMAN, HALUAN - Untuk mengenal wartawan lebih dekat, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arh Hermawansyah berkunjung dan bersilaturahmi ke PWI Pariaman, Jumat (27/4). Pertemuan tampak akrab dan penuh keceriaan..
  • Kamis,05 Januari 2017 - 18:30:26 WIB

    Hore, Nelayan Sumbar dengan Kapal 30 GT Sudah Boleh Melaut

    PADANG, HALUAN—Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar Yosmeri menyatakan setelah dikeluarkannnya Peraturan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 71 tahun 2016 akhirnya nelayan yang mempunyai kapal di atas 30 G.
  • Selasa,20 Desember 2016 - 00:29:37 WIB
    LELANG 10 JPT PRATAMA SIJUNJUNG

    30 Pejabat Dinyatakan Lulus Seleksi

    SIJUNJUNG, HALUAN — Seleksi pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung berakhir. Sebanyak 30 pejabat Pemerintah Kabupaten Sijunjung dinyatakan lulus seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT Prat.
  • Senin,28 November 2016 - 01:05:15 WIB

    TNI Kodim 0304 Agam Rehab Surau Madani

    TNI Kodim 0304 Agam Rehab Surau Madani AGAM, HALUAN — Se­ba­nyak 15 personil TNI dari Kodim0304 Agam dipimpin Mayor inf. Indra­jayadi turun tangan kerjabhakti rehab berat Surau Madani, Kaum suku Pili jorong Batang Palupuh, nagari Koto Rantang, kecamatan Pa­l.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM