Ahli Perikanan Norwegia Akui Indonesia Tempat Terbaik Perikanan Budidaya, Salah Satunya di Sumbar


Sabtu,14 Januari 2017 - 14:03:30 WIB
Ahli Perikanan Norwegia Akui Indonesia Tempat Terbaik Perikanan Budidaya, Salah Satunya di Sumbar Pertemuan Gubernur Propinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia, Yuwono A. Putranto, dan Delegasi Pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Barat, di KBRI Oslo, Jumat (13/1). FOTO KBRI OSLO

NORWEGIA, HALUAN—Indonesia diakui tempat yang tepat dan terbaik di dunia untuk pengembangan perikanan budidaya (Aquaculture).

 

Hal ini diungkapkan dalam pertemuan antara ahli perikanan dari perusahaan Norwegia, AquaOptima, Borge Soraas dalam acara temu investor di KBRI Oslo, Jumat (13/01).

 

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Gubernur Propinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia, Yuwono A. Putranto, dan Delegasi Pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Barat.

 

Borge Soraas, sebagai salah satu pakar perikanan yang telah malang melintang di berbagai belahan dunia, menyimpulkan hal tersebut. Indonesia memiliki air yang tenang, potensi ikan yang diincar pasar internasional dan berbagai sumber daya di berbagai daerah.

 

“Sumatera Barat merupakan salah satu propinsi yang memiliki potensi besar ini,” ungkap Duta Besar Yuwono.

 

Dalam pertemuan dengan AquaOptima, Pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Barat ingin mengadopsi keunggulan teknologi Norwegia untuk mengembangkan perikanan budidaya darat dan laut. Setidaknya terdapat 6 danau yang dapat dimanfaatkan untuk perikanan.

 

Acara investasi ini juga dihadiri AquaFuture, perusahaan yang bergerak di bidang pencegahan penyakit ikan. Teknologi dan pengetahuan Norwegia dipandang akan mampu memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi kendala penyakit ikan di Sumatera Barat.

 

Sehingga, diharapkan mampu mendorong produktifitas dan kualitas ikan. Pada kesempatan dimaksud, Gubernur dan Duta Besar juga melakukan video conference dengan para pakar dari Institute of Marine Research (IMR) yang berpusat di Bergen, Norwegia, sebagai lembaga think tank Norwegia bidang penelitian perikanan.

 

Dengan IMR dibahas kerja sama untuk 5 bidang utama, yaitu riset untuk mencari lokasi budidaya perikanan yang paling tepat, pengembangan marine techno park, vocational trainning, penelitian kesehatan ikan dan dukungan regulasi di sektor perikanan.

 

Pertemuan yang digelar di KBRI Oslo ini, jelas Duta Besar Yuwono, telah dapat mengidentifikasi solusi yang komprehensif bagi perencanaan pengembangan perikanan di Propinsi Sumatera Barat. Para pemangku kepentingan perikanan di Norwegia telah menyampaikan dukungannya, baik dari sisi teknologi karambah, hatchery, processing, riset, peningkatan kapasitas SDM hingga pencegahan penyakit.

 

Diharapkan bahwa misi investasi Pemerintah Daerah Propinsi Sumatera Barat ke Norwegia nanti akan langsung ditindaklanjuti dengan program-program yang membawa dampak langsung bagi masyarakat setempat. Pada gilirannya mampu memberikan kontribusi upaya di tingkat nasional untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maritim yang maju.

 

Hubungan bilateral RI-Norwegia terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Tercatat peningkatan kunjungan baik di tingkat Kepala Pemerintahan, para Menteri dan pejabat serta di sektor swasta. Cakupan area kerja sama kedua negara juga semakin luas.

 

Kedua negara sama-sama memiliki perhatian dan komitmen yang besar dalam meningkatkan sektor perikanan. Norwegia merupakan salah satu negara maju di sektor ini.

 

Teknologi dan industri perikannya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pasca pertemuan bilateral antara Presiden RI dengan PM Norwegia pada bulan April 2015, tercatat saling kunjungan antara Menteri Perikanan kedua negara. Menteri BUMN RI juga telah melakukan lawatan ke Norwegia pada bulan September 2016 untuk memajukan kerja sama industri perikanan di tanah air. (h/rel)

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM