73 Selter Tsunami Belum Uji Kelayakan. Kok Bisa?


Kamis,12 Januari 2017 - 09:53:01 WIB
Reporter : Tim Redaksi
73 Selter Tsunami Belum Uji Kelayakan. Kok Bisa?

PADANG, HALUAN--Saat ini, Kota Padang telah memiliki puluhan selter. Namun, kelayakan dari penggunaannya belum dilakukan pengujian hingga sekarang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Edi Hasymi mengatakan, Kota Padang telah memiliki sebanyak 73 bangunan selter yang tersebar di daerah pantai atau zona merah untuk mitigasi bencana, terutama tsunami.

Namun untuk tahun 2017 tidak ada penambahan pembangunan selter. Edi mengatakan saat ini yang terpenting adalah memaksimalkan shelter yang telah ada.

"Tidak ada penambahan untuk tahun ini. Yang penting bagaimana cara mempergunakan selter sesuai dengan fungsinya, " ucap Edi saat ditemui Haluan Rabu (11/1).

Edi menututurkan keberadaan shelter ini penting bagi masyarakat Kota Padang. Seperti yang diketahui kota ini merupakan rawan bencana.

Selain itu 60 persen dari sekitar satu juta penduduk Kota Padang tinggal dan beraktifitas di pinggir pantai atau zona merah. Sehingga mereka harus memiliki tempat perlindungan yang dekat jika terjadi gempa yang menyebabkan tsunami.

"Sekitar 600 ribu warga Kota Padang tinggal dan beraktivitas di zona merah. Sehingga ketersediaan shelter wajib adanya, "ujar Edi.

Untuk itu, pihaknya akan kembali melakukan pengecekan terhadap bangunan yang telah diklaim sebagai selter. Bagaimana pengelolaannya, serta akses masyarakat untuk dapat menggunakan selter tersebut.

Pengecekan terhadap kondisi shelter wajib dilakukan. Karena selter yang ada harus bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Jangan sampai selter hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu. Seperti bangunan hotel yang banyak dijadikan selter. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,19 Juli 2016 - 07:06:35 WIB

    UNP Terima 1.731 Mahasiswa Lagi

    UNP Terima 1.731 Mahasiswa Lagi PADANG, HALUAN — Se­telah melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Per­guruan Tinggi Negeri (SN­M­PTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Universitas Negeri Padan.
  • Senin,27 Juni 2016 - 17:05:11 WIB

    5.773 Guru PNS dan Non PNS Segera Terima Tunjangan Profesi Triwulan 2

    5.773 Guru PNS dan Non PNS Segera Terima Tunjangan Profesi Triwulan 2 PADANG, HALUAN--Dalam waktu dekat sebanyak 5.773 guru di Kota Padang akan segera menerima tunjangan profesi triwulan kedua, dan berbeda dengan sebelumnya pencairan TW 2 ini dipercepat karena mengingat akan menyambut hari raya.
  • Kamis,26 Februari 2015 - 19:19:49 WIB

    Pecandu Narkoba di Sumbar 63.873 Orang

    PADANG, HALUAN — Status darurat narkoba yang disandang Indonesia cukup menyentakkan berbagai pihak, tak terkecuali Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat. Dengan jumlah pengguna yang saat.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM