73 Selter Tsunami Belum Uji Kelayakan. Kok Bisa?


Kamis,12 Januari 2017 - 09:53:01 WIB
73 Selter Tsunami Belum Uji Kelayakan. Kok Bisa?

PADANG, HALUAN--Saat ini, Kota Padang telah memiliki puluhan selter. Namun, kelayakan dari penggunaannya belum dilakukan pengujian hingga sekarang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Edi Hasymi mengatakan, Kota Padang telah memiliki sebanyak 73 bangunan selter yang tersebar di daerah pantai atau zona merah untuk mitigasi bencana, terutama tsunami.

Namun untuk tahun 2017 tidak ada penambahan pembangunan selter. Edi mengatakan saat ini yang terpenting adalah memaksimalkan shelter yang telah ada.

"Tidak ada penambahan untuk tahun ini. Yang penting bagaimana cara mempergunakan selter sesuai dengan fungsinya, " ucap Edi saat ditemui Haluan Rabu (11/1).

Edi menututurkan keberadaan shelter ini penting bagi masyarakat Kota Padang. Seperti yang diketahui kota ini merupakan rawan bencana.

Selain itu 60 persen dari sekitar satu juta penduduk Kota Padang tinggal dan beraktifitas di pinggir pantai atau zona merah. Sehingga mereka harus memiliki tempat perlindungan yang dekat jika terjadi gempa yang menyebabkan tsunami.

"Sekitar 600 ribu warga Kota Padang tinggal dan beraktivitas di zona merah. Sehingga ketersediaan shelter wajib adanya, "ujar Edi.

Untuk itu, pihaknya akan kembali melakukan pengecekan terhadap bangunan yang telah diklaim sebagai selter. Bagaimana pengelolaannya, serta akses masyarakat untuk dapat menggunakan selter tersebut.

Pengecekan terhadap kondisi shelter wajib dilakukan. Karena selter yang ada harus bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Jangan sampai selter hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu. Seperti bangunan hotel yang banyak dijadikan selter. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM