Anggaran KI Tanggung Jawab Pusat


Kamis,12 Januari 2017 - 09:36:20 WIB

PADANG, HALUAN – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akhirnya buka suara terkait nihilnya anggaran Komisi Informasi Sumbar di APBD tahun 2017. Keterangan Gubernur disebar di media sosial Facebook dan Twitter, Rabu (11/1).

"Saya menyusun anggaran sesuai mekanisme dan RPJMD serta arahan dari Kemendagri dan setiap anggaran itu nantinya harus dipertanggungjawabkan," ujar Irwan didapat dari laman Facebook dan Twitter.

Menurut Irwan berdasarkan surat Mendagri yang ditujukan kepada Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia tertanggal 30 Desember 2016, soal Komisi informasi bukan tugas kongruen daerah. "Anggaran untuk komisi informasi dari APBN bukan APBD," ujar Irwan.

Adanya polemik soal anggaran dua lembaga negara komisi informasi dan komisi penyiaran daerah beberapa hari belakangan ini, Komisi I DPRD dan Pemprov Sumbar, Selasa kemarin menggelar pembahasan. "Kita juga menilai ada keganjilan, tapi ini soal dua aturan perundang-undangan yabg tidak sinergis, UU Pemda menyatakan Komisi Informasi dan Komisi Penyiaran Daerah tidak kewenangan pemerintah daerah lagi, sementara dua UU yang mendasari dua lembaga itu menegaskan penganggarannya di APBD, untuk jelasnya kami bersama Pemprov minggi depan jadwalkan konsultasi ke Kemendagri," ujar Ketua Komisi I DPRD Sumbar Aristo Munandar.

Sementara di Komisi Informasi Sumbar memang terlihat sedikit kegalauan memulai kinerja di tahun 2017. "Soal ada atau tidak anggaran tahun ini, Komisi Informasi tetap beriktiar untuk menjalankan tugas dan wewenang yang diamanahkan oleh UU 14 Tahun 2008,"ujar Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi.

Menurut Adrian, KI merasakan bulan madu anggaran pada 2015 dan 2016, pada 2016 KI dialokasikan Rp 1,9 miliar pada APBD 2016 dalam anggaran Dishubkominfo. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM