Anggaran KI Tanggung Jawab Pusat


Kamis,12 Januari 2017 - 09:36:20 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno akhirnya buka suara terkait nihilnya anggaran Komisi Informasi Sumbar di APBD tahun 2017. Keterangan Gubernur disebar di media sosial Facebook dan Twitter, Rabu (11/1).

"Saya menyusun anggaran sesuai mekanisme dan RPJMD serta arahan dari Kemendagri dan setiap anggaran itu nantinya harus dipertanggungjawabkan," ujar Irwan didapat dari laman Facebook dan Twitter.

Menurut Irwan berdasarkan surat Mendagri yang ditujukan kepada Ketua Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia tertanggal 30 Desember 2016, soal Komisi informasi bukan tugas kongruen daerah. "Anggaran untuk komisi informasi dari APBN bukan APBD," ujar Irwan.

Adanya polemik soal anggaran dua lembaga negara komisi informasi dan komisi penyiaran daerah beberapa hari belakangan ini, Komisi I DPRD dan Pemprov Sumbar, Selasa kemarin menggelar pembahasan. "Kita juga menilai ada keganjilan, tapi ini soal dua aturan perundang-undangan yabg tidak sinergis, UU Pemda menyatakan Komisi Informasi dan Komisi Penyiaran Daerah tidak kewenangan pemerintah daerah lagi, sementara dua UU yang mendasari dua lembaga itu menegaskan penganggarannya di APBD, untuk jelasnya kami bersama Pemprov minggi depan jadwalkan konsultasi ke Kemendagri," ujar Ketua Komisi I DPRD Sumbar Aristo Munandar.

Sementara di Komisi Informasi Sumbar memang terlihat sedikit kegalauan memulai kinerja di tahun 2017. "Soal ada atau tidak anggaran tahun ini, Komisi Informasi tetap beriktiar untuk menjalankan tugas dan wewenang yang diamanahkan oleh UU 14 Tahun 2008,"ujar Komisioner KI Sumbar Adrian Tuswandi.

Menurut Adrian, KI merasakan bulan madu anggaran pada 2015 dan 2016, pada 2016 KI dialokasikan Rp 1,9 miliar pada APBD 2016 dalam anggaran Dishubkominfo. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,27 April 2017 - 11:55:13 WIB

    Komisi IV Imbau Mitra Optimalkan Realisasi Anggaran

    Komisi IV Imbau Mitra Optimalkan Realisasi Anggaran PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Komisi IV DPRD Sumbar mengimbau semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sumbar agar mengoptimalkan realisasi anggaran pada wilayah kerja masing-masing..
  • Rabu,08 Februari 2017 - 13:49:06 WIB

    Tak Ada Anggaran, Kantor MUI Sumbar Ditutup

    Tak Ada Anggaran, Kantor MUI Sumbar Ditutup PADANG, HALUAN—Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat dinyatakan ditutup karena tidak ada anggaran operasional. Penutupan tersebut mulai berlaku dari awal Februari dan dua orang petugas administrasi terpaksa di.
  • Rabu,08 Februari 2017 - 09:51:41 WIB

    Anggaran KI Nihil, Gubernur Langgar UU

    Anggaran KI Nihil, Gubernur Langgar UU JAKARTA, HALUAN – Soal Komisi Informasi Sumbar tanpa anggaran di APBD Sumbar 2017 mendapat perhatian serius Ketua Komisi Informasi (KI) Republik Indonesia Jhon Fresly. Jhon kepada awak media di kantornya Jalan Abdul Muis Ja.
  • Minggu,08 Januari 2017 - 08:59:55 WIB

    Anggota Dewan Kaget. Anggaran KI dan KPID Nol di APBD 2017

    PADANG, HALUAN ---Dua lembaga negara yang dibentuk oleh provinsi berdasarkan UU, Komisi Informasi dan Komisi Penyiaran Daerah Sumatera Barat (Sumbar) positif tanpa anggaran di APBD 2017..
  • Rabu,30 November 2016 - 01:03:07 WIB

    Pelanggaran Lalu Lintas Didominasi Remaja

    PAINAN, HALUAN — Operasi Zebra 2016 sudah digelar secara serentak diseluruh jajaran Kepolisian Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Indonesia sejak 16 November 2016 kemarin. Termasuk juga di Pessel..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM