Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar : 1.168 Koperasi di Sumatera Barat Tidak Aktif


Rabu,11 Januari 2017 - 13:32:01 WIB
Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar : 1.168 Koperasi di Sumatera Barat Tidak Aktif ilustrasi

PADANG, HALUAN – Memiliki koperasi di setiap nagari merupakan himbauan dari Gubernur sejak tahun lalu. Namun, masih saja ada nagari yang tidak memilikinya. Selain itu, beberapa daerah yang sudah memiliki koperasi juga tidak berjalan aktif.

 

Berdasarkan data 2016 dari Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat dari 4.051 koperasi ada sekitar 1.168  yang tidak aktif. Zirma Yusri, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar menuturkan penyebab tidak aktifnya koperasi ini dikarenakan kemauan dari masyarakat yang kurang untuk mengembangkannya.

 

“Memang sudah banyak yang tidak aktif karena kemauan dan dorongan dari berbagai pihak yang mulai berkurang,” ujarnya saat ditemui Haluan di Kantor Dinkop, Senin (9/11).

 

Koperasi dari Kabupaten dan kota yang paling banyak tidak aktif adalah kabupaten Pasaman sebanyak 122 koperasi, Pesisir Selatan dan Dhamasraya 112 koperasi serta diikuti oleh Sijunjung 111 Koperasi.

 

Beberapa nama koperasi yang tidak aktif adalah Kopinka Ibu Saiyo, Kopkar Matahari Pasar Raya, KSU Suwujasa Kodya Padang, Koppas Pedagang Ikan Pasar Raya Timur dan KSP Parambahan.

 

Zirma menuturkan mendirikan koperasi di setiap nagari adalah kewajiban yang sudah dihimbau oleh gubernur dalam setiap pertemuan dengan kepala daerah. Untuk melawan usaha besar seperti minimarket yang ada, masyarakat harus saling bahu-membahu untuk mengembangkan koperasi yang ada.

 

Selain itu, Dinkop UMKM juga sudah berusaha keras untuk memperjuangkan koperasi agar tetap berjalan sesuai dengan tujuannya dan mengarahkan koperasi yang lebih syariah. Namun, jika tidak ada dorongan dari pemerintah kabupaten/kota ini tidak akan berjalan dengan baik.

 

Agar koperasi tetap aktif, Dinkop UMKM Sumbar memberikan pelatihan kepada koperasi yang tidak aktif. Vera Kurniaty, Kasubag Program Dinas Koperasi UMKM Sumbar menuturkan untuk tahun ini akan ada pelatihan untuk 150 koperasi tidak aktif dari 10 kabupaten dan kota.

 

“Pelatihan ini diberikan agar koperasi tersebut kembali aktif dan untuk kabupaten kota lain akan dilakukan pada tahun berikutnya, selain itu juga untuk mencari solusi tentang penyebab dari ketidakaktifan koperasi. Jika memang tidak ditemukan penyelesaian yang baik dan tidak bisa diaktifkan kembali, barulah koperasi ini dibubarkan” tuturnya.

 

Vera mengatakan sejak kapan koperasi itu tidak aktif memang tidak ada tanggal pastinya karena dan jumlah investasi yang diperoleh selama aktif itu koperasi tersebutlah yang lebih mengetahui. Untuk tahun ini tidak banyak target untuk pertumbuhan koperasi baru di Sumatera Barat, hanya sekitar 0,8 persen saja.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM