Ombudsman Sumbar : Ada 350 Laporan Pengaduan yang Didominasi di Bidang Pendidikan


Rabu,11 Januari 2017 - 13:03:31 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Ombudsman Sumbar : Ada 350 Laporan Pengaduan yang Didominasi di Bidang Pendidikan ilustrasi
Lebih lanjut dirinya menyebutkan, salah satu  penyebab terjadinya hal itu adalah sejak awal praktek pungli tidak dicegah secara dini oleh pemerintah daerah, pemerintah daerah ternyata tidak mempunyai regulasi untuk mengatur pendanaan pendidikan terutama yang berasal dari masyarakat/komite.

 

Akibatnya, kepala sekolah sulit membedakan mana yang pungli mana yang tidak, mana yang sumbangan dan mana yang pungutan.

 

Sering kali, praktek pungli dibiarkan dengan alasan pemerintah tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk mendanai pendidikan.

 

Untuk mengantisipasi pungli pendanaan pendidikan ini, Ombudsman telah mengeluarkan saran terhadap pemerintah untuk membuat ketentuan pendanaan pendidikan setingkat peraturan kepala daerah, terutama yang pendanaan berasal dari masyarakat/komite.

 

“Kota Padang, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Tanah Datar telah merespon saran ini dengan cepat,” ungkapnya

 

Selain itu, pihaknya juga meminta pemerintah untuk meningkatkan penganggaran pendidikan melalui program BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah), (h/mg-ina).

 

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,04 Maret 2017 - 04:05:50 WIB

    Ombudsman RI Temukan Banyak Kejanggalan di RSUP DR M Djamil

    Ombudsman RI Temukan Banyak Kejanggalan di RSUP DR M Djamil PADANG, HALUAN - Ombudsman Republik Indonesia (RI) perwakilan Sumbar, Jumat (3/2) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke RSUP M Djamil Padang. Sidak terkait pelayanan publik di rumah sakit pemeirntah tersebut, tim ombudsman m.
  • Selasa,07 April 2015 - 19:45:10 WIB

    Ombudsman Panggil Paksa Kadishut dan KP2T Pessel

    DUGAAN PENYIMPANGAN IP

    PAINAN, HALUAN — Om­budsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat memanggil paksa Kepala D­i­nas Kehutanan (Kadishut) dan ESDM, Maswardedi  dan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM