Ombudsman Sumbar : Ada 350 Laporan Pengaduan yang Didominasi di Bidang Pendidikan


Rabu,11 Januari 2017 - 13:03:31 WIB
Ombudsman Sumbar : Ada 350 Laporan Pengaduan yang Didominasi di Bidang Pendidikan ilustrasi

PADANG, HALUAN- Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat menyatakan, tercatat sebanyak 350 laporan terkait pengaduan pelayanan publik yang di sampaikan oleh masyarakat kepada pihaknya selama tahun 2016.

 

Dari 350 laporan tersebut, yang paling banyak laporan pengaduan masyarakat adalah pelayanan dalam bidang pendidikan.

 

Dimana tercatat sebanyak 54 laporan yang disampaikan oleh masyarakat. Sementara pengaduan lainnya berupa pelayanan di bidang infrastruktur 52 laporan, kepegawaian 47 laporan, layanan kepolisian 34 laporan dan layanan pertanahan 31 laporan.

 

Sementara, dari beberapa laporan yang diterima itu, Ombudsman telah berhasil menyelesaikan 260 laporan atau 71 persen, sisanya 90 laporan masih dalam proses penyelesaian.

 

Asisten Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Adel Wahidi, Selasa (9/1) mengatakan, terjadi peningkatan tentang pengaduan pelayanan publik yang disampaikan masyarakat ke Ombudsman. Hal ini terlihat dari data yang diterima Haluan, bahwa jika tahun 2015 hanya 271 laporan, tahun 2016 meningkat menjadi 350 laporan, peningkatan tersebut terjadi sekitar  23 persen atau 71 laporan.

 

“Rata-rata peningkatan pengaduan masyarakat dalam lima subtansi laporan tersebut sekitar 15 persen,” ujarnya.

 

Disebutkan, meningkatkannya jumlah pengaduan masyarakat bukanlah sesuatu yang buruk, ini petanda masyarakat mulai sadar akan hak sebagai warga, masyarakat telah menggunakan haknya untuk melapor, tentu saja secara berkesinambungan ini akan ikut memperbaiki pelayanan publik.

 

Bagi penyelenggara/pemerintah, data laporan masyarakat ini haruslah menjadi perhatian untuk dapat dilakukan perbaikan-perbaikan di masa datang.

 

“Pelayanan publik menjadi baik bukan karena nihil laporan, tapi penyelenggara tidak menindaklanjuti/mengelola laporan masyarakat tersebut,” katanya.

 

Pada tahun 2014 dan 2015 yang paling banyak dikeluhkan masyarakat juga tentang pendidikan, permintaan uang diluar ketentuan atau pungli pendanaan pendidikan paling banyak dilaporkan masyarakat, tercatat tahun 2016 ada 20 laporan terkait dengan pungli pendidikan tersebut.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM