Tambahan Shelter dan Jalur Evakuasi, BPBD Sumbar Tunggu Tim Kementerian PU


Rabu,11 Januari 2017 - 12:55:35 WIB
Tambahan Shelter dan Jalur Evakuasi, BPBD Sumbar Tunggu Tim Kementerian PU Dokumentasi Haluan

PADANG, HALUAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar belum bisa memastikan terkait dengan adanya pembangunan shelter dan tambahan jalur evakuasi tsunami yang baru. Mengingat hingga saat ini BPBD Sumbar masih menunggu tim dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) terkait pembangunan tersebut.

 

“Pembangunan shelter dan jalur evakuasi ini langsung dari Kementerian PU. Jadi dia yang akan datang untuk survey ke kita dimana akan dibangun shelter dan penambahan jalur evakuasi lainnya. Biasanya baru akan sampai di Sumbar kalau tidak awal tahun ini Bulan Maret kemungkinan,” ungkap Kepala BPBD Sumbar, Nasridal Patria, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumbar, Rumainur, kepada Haluan Selasa (10/1), malam di Padang.

 

Dilanjutkannya, kalau pun akan membangun shelter dan jalur evakuasi dengan menggunakan dana APBD Sumbar sangat lah tidak mungkin. “Jadi, anggarannya pusat, kita tunggu tim pusat dulu,” paparnya.

 

Melihat kondisi ini, Pakar Gempa Universitas Andalas (Unand), Badrul Mustafa, menyebutkan, mitigasi bencana di Sumbar harus terus ditingkatkan mengingat Sumbar sangat rawan dengan gempa. Salah satunya dalam alokasi anggaran kebencanaan yang layak untuk kebencanaan di Sumbar.

 

“Saya dengar dana untuk BPBD Sumbar itu kecil tahun ini. Tentu ini akan sangat menjadi masalah ketika kita tinggal di daerah rawan seperti ini. Apakah kita benar-benar siap baik fisik mau pun non fisik,” paparnya kepada Haluan Selasa (10/1).

 

Ke depan lanjutnya, yang harus dilakukan tentu dengan menyiapkan mitigasi bencana yang bagus, apakah itu Sumber Daya Manusia (SDM) maupun dengan menyiapkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) di daerah.

 

“Kita tinggal di daerah rawan gempa. Artinya gempa dapat datang kapan saja di Sumbar. Apakah itu skala besar atau pun menengah seperti yang terjadi kemarin (Senin, red),” paparnya.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM