Kerugian Banjir Solok Capai 13 Miliar


Selasa,10 Januari 2017 - 10:20:41 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Kerugian Banjir Solok Capai 13 Miliar

PADANG, HALUAN – Banjir dan longsor yang menerjang tujuh kabupaten/kota di Sumbar menimbulkan kerugian yang luar biasa. Dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar mencatat Kabupaten Solok mengalami kerugian terbesar, yaitu lebih kurang Rp13 miliar.

“Kalau Kabupaten Solok itu banyak infrastruktur yang terkena dampaknya, seperti jalan terban, jembatan yang terbawa air bah, dan juga lahan pertanian yang rusak,” ujar Kepala BPBD Sumbar, Nasridal Patria, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Pagar Negara, saat ditanya Haluan Senin (9/1), di Padang.

Data lain yang juga telah masuk kata Pagar Negara, yaitu dari Kota Solok. Dengan total kerugian mencapai Rp1,6 miliar. “Karena memang juga banyak yang rusak akibat banjir dan longsor kemarin,” paparnya.

Sementara laporan dari Kabupaten Agam lanjutnya, masih belum masuk ke BPBD Sumbar. Karena memang di Agam juga banyak yang terdampak seperti longsor di Jalan Sicincin dan Malalak. “Untuk daerah lain seperti Pasaman Barat, Padang Panjang, Padang, Limapuluh Kota, dan Pesisir Selatan juga belum masuk. Kemungkinan besok itu sudah masuk semuanya,” ujar Pagar.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengimbau kepada Bupati/ Walikota untuk membuat program rutin menelusuri hulu sungai dengan tujuan melihat peluang terjadinya lidah air yang menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor.

“Setiap pemimpin daerah harus memberikan perhatian khusus terhadap beberapa wadah yang dapat menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor, salah satunya lokasi sungai,” kata Irwan Prayitno saat meninjau beberapa titik lokasi banjir bandang dan longsor di Kabupaten Solok, Senin (9/1).


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,17 Januari 2017 - 11:23:56 WIB

    Kerugian Banjir dan Longsor Sumbar Capai Rp34 Miliar

    Kerugian Banjir dan Longsor Sumbar Capai Rp34 Miliar PADANG, HALUAN – Banjir dan longsor yang melanda tujuh kabupaten/kota di Sumbar pada Kamis (5/1) lalu menyisakan kerugian yang luar biasa. Apakah itu berupa harta benda, rumah, jalan, jembatan, dan bahkan lahan pertanian. B.
  • Kamis,27 Oktober 2016 - 01:12:11 WIB

    Kerugian Akibat Kekeringan Capai Rp20 M

    Kerugian Akibat Kekeringan Capai Rp20 M LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kerugian akibat kekeringan yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota, mencapai hampir Rp20 miliar. Pasalnya, seluas 1.532,25 hektare padi mengalami kerusakan ringan, sedang, berat, diantaranya puso s.
  • Rabu,31 Agustus 2016 - 03:55:13 WIB

    Belasan Hektare Sawah Kekeringan, Kerugian Petani di Depan Mata

    Belasan Hektare Sawah Kekeringan, Kerugian Petani di Depan Mata LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Belasan hektare sawah milik masyarakat di Subarang Taram, Kecamatan Harau yang berbatasan dengan Nagari Andaleh, Kecamatan Luak, terancam gagal panen..
  • Senin,20 Juni 2016 - 15:20:25 WIB

    Kebakaran di Dharmasraya, Kerugian Ditaksir Rp200 Juta

    Kebakaran di Dharmasraya, Kerugian Ditaksir Rp200 Juta DHARMASRAYA, HALUAN – Kebakaran rumah kembali terjadi di Kabupaten Dharmasraya, Kali ini si jago merah menghanguskan satu unit rumah permanen yang beralamat di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) KM2 Pulau Punjung, tepatnya de.
  • Sabtu,23 April 2016 - 10:02:05 WIB

    Kerugian Kebakaran di Biaro Rp280 Juta

    AGAM, HALUAN — Ke­ba­karan kembali terjadi di daerah Kabupaten Agam. Kali ini terjadi di Kenagarian Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, tepatnya di Simpang Biaro Jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh, Rabu (20/4) ma­lam..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM