Harga Sejumlah Komoditas di Padang Naik


Senin,09 Januari 2017 - 10:19:07 WIB
Harga Sejumlah Komoditas di Padang Naik Tahun baru diikuti dengan harga baru yang sebagian besar naik, seperti harga telur, cabai, gula dan minyak gorang. DOKUMEN

PADANG, HALUAN—Dinas Perdagangan Kota Padang mencatat bahwa harga beberapa komoditas di pasaran, seperti minyak goreng, gula, telur, dan cabai, naik.

"Memang benar, lebih kurang selama lima hari belakang, harga beberapa komoditas meningkat sebesar 10 sampai 20 persen," ujar Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal, saat dihubungi, Minggu (8/1). Namun, ia belum mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga itu, misalnya dari pasokan yang berkurang atau permintaan yang tinggi. Ia berencana turun ke Pasar Raya untuk mengecek penyebab kenaik harga itu.

"Besok, segera kita akan melakukan pengecekan, dan apa penyebab kenaikannya," ujarnya. Selain ke pasar, ia juga berencana akan mengecek kenaikan harga ke jaringan pasar niaga, seperti gudang-gudang pemasok komoditas yang ada. 

Mengenai penyebab kenaikan harga sejumlah komoditas, menurutnya, bencana alam yang menimpa Sumbar seperti banjir selama beberapa hari belakangan, merupakan salah satu penyebab kenaikan harga itu karena menyebabkan persediaan komoditas makin berkurang, sedangkan permintaan mulai meningkat. 

Karena itu, pihaknya akan mendorong masyarakat untuk menjalankan imbauan Pemko Padang beberapa waktu yang lalu yang mengajak masyarakat menanam cabai di perkarangan rumah.

“Jika penyebabnya adalah kurangnya pasokan, kami akan menambah pasokan agar harga dapat kembali normal. Nantinya, setelah melakukan pengecekan, kami akan berkoordinasi dengan Bulog, Dinas Perdagangan Sumbar, dan Persatuan Perdagangan Indonesia untuk melakukan operasi pasar jika memang dibutuhkan,” tutur Endrizal.

Data Diperindag Sumbar dari hasil pantauan di tiga pasar besar di Kota Padang, seperti Pasar Raya, Pasar Siteba, dan Pasar Lubuk Buaya, pada Jumat (6/1) yang diterima Haluan mencatat, harga kebutuhan pokok masih stabil. Hanya harga jual yang berlaku di tiga pasar itu yang berbeda, yakni harga gula pasir di Pasar raya Rp13.000 per kg, sementara di Pasar Seiteba dan Pasar Lubuk Buaya sebesar Rp14.000 per kg. Sementara itu, harga daging sapi segar itu masih pada angka Rp120.000 per kg, minyak goreng curah Rp11.500 per kg, telur ayam negeri Rp20.800 per kg, telur ayam kampung Rp42.000 per kg, dan untuk harga beras dengan berbagai kualitas juga masih terpantau stabil.

Harga cabai merah keriting di Pasar Raya dan Siteba sebesar Rp46.000—Rp48.000 per kg alias tidak naik. Hanya harga cabai di Pasar Lubuk Buaya yang sempat naik dari sebelumnya Rp45.000 per kg menjadi Rp47.000 per kg. Harga bawang merah lokal pun masih stabil daripada hari sebelumnya, yaitu Rp22.000 per Kg. (h/mg-mel/isr/mg-rma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM