Harga Sejumlah Komoditas di Padang Naik


Senin,09 Januari 2017 - 10:19:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harga Sejumlah Komoditas di Padang Naik Tahun baru diikuti dengan harga baru yang sebagian besar naik, seperti harga telur, cabai, gula dan minyak gorang. DOKUMEN

PADANG, HALUAN—Dinas Perdagangan Kota Padang mencatat bahwa harga beberapa komoditas di pasaran, seperti minyak goreng, gula, telur, dan cabai, naik.

"Memang benar, lebih kurang selama lima hari belakang, harga beberapa komoditas meningkat sebesar 10 sampai 20 persen," ujar Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal, saat dihubungi, Minggu (8/1). Namun, ia belum mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga itu, misalnya dari pasokan yang berkurang atau permintaan yang tinggi. Ia berencana turun ke Pasar Raya untuk mengecek penyebab kenaik harga itu.

"Besok, segera kita akan melakukan pengecekan, dan apa penyebab kenaikannya," ujarnya. Selain ke pasar, ia juga berencana akan mengecek kenaikan harga ke jaringan pasar niaga, seperti gudang-gudang pemasok komoditas yang ada. 

Mengenai penyebab kenaikan harga sejumlah komoditas, menurutnya, bencana alam yang menimpa Sumbar seperti banjir selama beberapa hari belakangan, merupakan salah satu penyebab kenaikan harga itu karena menyebabkan persediaan komoditas makin berkurang, sedangkan permintaan mulai meningkat. 

Karena itu, pihaknya akan mendorong masyarakat untuk menjalankan imbauan Pemko Padang beberapa waktu yang lalu yang mengajak masyarakat menanam cabai di perkarangan rumah.

“Jika penyebabnya adalah kurangnya pasokan, kami akan menambah pasokan agar harga dapat kembali normal. Nantinya, setelah melakukan pengecekan, kami akan berkoordinasi dengan Bulog, Dinas Perdagangan Sumbar, dan Persatuan Perdagangan Indonesia untuk melakukan operasi pasar jika memang dibutuhkan,” tutur Endrizal.

Data Diperindag Sumbar dari hasil pantauan di tiga pasar besar di Kota Padang, seperti Pasar Raya, Pasar Siteba, dan Pasar Lubuk Buaya, pada Jumat (6/1) yang diterima Haluan mencatat, harga kebutuhan pokok masih stabil. Hanya harga jual yang berlaku di tiga pasar itu yang berbeda, yakni harga gula pasir di Pasar raya Rp13.000 per kg, sementara di Pasar Seiteba dan Pasar Lubuk Buaya sebesar Rp14.000 per kg. Sementara itu, harga daging sapi segar itu masih pada angka Rp120.000 per kg, minyak goreng curah Rp11.500 per kg, telur ayam negeri Rp20.800 per kg, telur ayam kampung Rp42.000 per kg, dan untuk harga beras dengan berbagai kualitas juga masih terpantau stabil.

Harga cabai merah keriting di Pasar Raya dan Siteba sebesar Rp46.000—Rp48.000 per kg alias tidak naik. Hanya harga cabai di Pasar Lubuk Buaya yang sempat naik dari sebelumnya Rp45.000 per kg menjadi Rp47.000 per kg. Harga bawang merah lokal pun masih stabil daripada hari sebelumnya, yaitu Rp22.000 per Kg. (h/mg-mel/isr/mg-rma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,22 September 2017 - 17:38:09 WIB

    Kolaborasi dengan Google, Xiaomi Luncurkan Mi A1 di Indonesia Harga Rp3.099.000

    Kolaborasi dengan Google, Xiaomi Luncurkan Mi A1 di Indonesia Harga Rp3.099.000 Pemimpin teknologi global Xiaomi secara resmi meluncurkan Mi A1 di Indonesia hari ini, pada acara yang dihadiri 600 orang, termasuk 350 Mi Fans dari 22 kota..
  • Jumat,22 September 2017 - 09:33:03 WIB

    Menu Huda yang Menggoda, Harga Sesuai Kantong Mahasiswa

    Menu Huda yang Menggoda, Harga Sesuai Kantong Mahasiswa PADANG, HARIANHALUAN.COM – Ada kabar gembira bagi mahasiswa yang tinggal di kawasan kampus Universitas Andalas (Unand) yang ingin mencari tempat tongkrongan asik dan murah meriah. Huda kafe yang beralamat di Kampung Duri, j.
  • Senin,21 Agustus 2017 - 01:48:17 WIB

    Harga Emas Merangkak Naik Lagi

    Harga Emas Merangkak Naik Lagi PADANG, HALUAN - Dalam dua pekan terakhir, harga emas terus merangkak naik. Pantauan Haluan, Sabtu (19/8) harga emas murni (99,9 persen) di Toko Emas Murni Pasar Raya Padang, berada pada kisaran harga Rp1.380.000 per mas, nai.
  • Kamis,10 Agustus 2017 - 08:44:42 WIB

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan?

    Ribuan Petani Agam dan Pasaman Menjerit, Harga Sawit Sumbar Dimainkan? PADANG, HARIANHALUAN.COM—Ombudsman Sumatera Barat (Sumbar) akan memanggil dan memeriksa Kepala Dinas (Kadis) Tanaman dan Holtikultura dan Perkebunan Sumbar, Candra, sehubungan dengan belum ditetapkannya harga Tandan Buah Se.
  • Rabu,26 Juli 2017 - 11:01:39 WIB

    Harga Gambir di Pessel Anjlok

    Harga Gambir di Pessel Anjlok PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Gambir di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali mengeluh akibat tidak stabilnya harga komoditas tersebut sejak  beberapa bulan terakhir..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM