Harga Sejumlah Komoditas di Padang Naik


Senin,09 Januari 2017 - 10:19:07 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Harga Sejumlah Komoditas di Padang Naik Tahun baru diikuti dengan harga baru yang sebagian besar naik, seperti harga telur, cabai, gula dan minyak gorang. DOKUMEN

PADANG, HALUAN—Dinas Perdagangan Kota Padang mencatat bahwa harga beberapa komoditas di pasaran, seperti minyak goreng, gula, telur, dan cabai, naik.

"Memang benar, lebih kurang selama lima hari belakang, harga beberapa komoditas meningkat sebesar 10 sampai 20 persen," ujar Kepala Dinas Perdagangan Padang, Endrizal, saat dihubungi, Minggu (8/1). Namun, ia belum mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga itu, misalnya dari pasokan yang berkurang atau permintaan yang tinggi. Ia berencana turun ke Pasar Raya untuk mengecek penyebab kenaik harga itu.

"Besok, segera kita akan melakukan pengecekan, dan apa penyebab kenaikannya," ujarnya. Selain ke pasar, ia juga berencana akan mengecek kenaikan harga ke jaringan pasar niaga, seperti gudang-gudang pemasok komoditas yang ada. 

Mengenai penyebab kenaikan harga sejumlah komoditas, menurutnya, bencana alam yang menimpa Sumbar seperti banjir selama beberapa hari belakangan, merupakan salah satu penyebab kenaikan harga itu karena menyebabkan persediaan komoditas makin berkurang, sedangkan permintaan mulai meningkat. 

Karena itu, pihaknya akan mendorong masyarakat untuk menjalankan imbauan Pemko Padang beberapa waktu yang lalu yang mengajak masyarakat menanam cabai di perkarangan rumah.

“Jika penyebabnya adalah kurangnya pasokan, kami akan menambah pasokan agar harga dapat kembali normal. Nantinya, setelah melakukan pengecekan, kami akan berkoordinasi dengan Bulog, Dinas Perdagangan Sumbar, dan Persatuan Perdagangan Indonesia untuk melakukan operasi pasar jika memang dibutuhkan,” tutur Endrizal.

Data Diperindag Sumbar dari hasil pantauan di tiga pasar besar di Kota Padang, seperti Pasar Raya, Pasar Siteba, dan Pasar Lubuk Buaya, pada Jumat (6/1) yang diterima Haluan mencatat, harga kebutuhan pokok masih stabil. Hanya harga jual yang berlaku di tiga pasar itu yang berbeda, yakni harga gula pasir di Pasar raya Rp13.000 per kg, sementara di Pasar Seiteba dan Pasar Lubuk Buaya sebesar Rp14.000 per kg. Sementara itu, harga daging sapi segar itu masih pada angka Rp120.000 per kg, minyak goreng curah Rp11.500 per kg, telur ayam negeri Rp20.800 per kg, telur ayam kampung Rp42.000 per kg, dan untuk harga beras dengan berbagai kualitas juga masih terpantau stabil.

Harga cabai merah keriting di Pasar Raya dan Siteba sebesar Rp46.000—Rp48.000 per kg alias tidak naik. Hanya harga cabai di Pasar Lubuk Buaya yang sempat naik dari sebelumnya Rp45.000 per kg menjadi Rp47.000 per kg. Harga bawang merah lokal pun masih stabil daripada hari sebelumnya, yaitu Rp22.000 per Kg. (h/mg-mel/isr/mg-rma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,26 Juli 2017 - 11:01:39 WIB

    Harga Gambir di Pessel Anjlok

    Harga Gambir di Pessel Anjlok PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Gambir di Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali mengeluh akibat tidak stabilnya harga komoditas tersebut sejak  beberapa bulan terakhir..
  • Selasa,25 Juli 2017 - 16:26:53 WIB

    Langka, Harga Garam di Sawahlunto Merangkak Naik 

    Langka, Harga Garam di Sawahlunto Merangkak Naik  SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM--Kelangkaan garam yang terjadi disejumlah daerah, juga merambah ke Kota Sawahlunto. .
  • Rabu,19 Juli 2017 - 17:01:36 WIB

    Harga Emas Kembali Naik

    Harga Emas Kembali Naik PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memasuki pekan ketiga Juli 2017, harga emas kembali merangkak naik. Pantauan Haluan, Selasa (18/7) di Toko Emas Murni Pasar Raya Padang, harga emas murni 99,9 persen saat ini berada pada kisaran har.
  • Sabtu,17 Juni 2017 - 00:45:37 WIB

    Harga Gambir di Limapuluh Kota Fluktuatif

    Harga Gambir di Limapuluh Kota Fluktuatif LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM – Sejumlah petani gambir di Jorong Landai, Limapuluh Kota, terkendala karena tidak adanya kepastian harga gambir di pasaran. Ketika harga tinggi, warga Landai mengaku menangguk keuntungan be.
  • Kamis,01 Juni 2017 - 15:31:54 WIB

    Harga Cabai Anjlok, Petani Solok Gigit Jari

    Harga Cabai Anjlok, Petani Solok Gigit Jari SOLOK, HARIANHALUAN.COM – Petani cabai di Solok gigit jari lantaran harga cabai pada tingkat pedagang pengumpul sangat anjlok sekali, 1 kg cabai hanya dihargai Rp 13.000 sampai 15.000. Anjloknya cabai pada level sangat rend.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM