Polisi Amankan 8 Anggota Ormas Pemuda


Senin,09 Januari 2017 - 10:14:10 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN –Delapan orang anggota organisasi kemasyarakatan (ormas) kepemudaan, diamankan polisi karena diduga mau melakukan razia (sweeping) ke sejumlah tempat hiburan, Sabtu malam (7/1).

Informasi yang berhasil dihimpun Haluan, sejumlah anggota ormas tersebut menyisir beberapa tempat hiburan di Kota Padang, seperti Damarus Kafe, Jalan Niaga, Kecamatan Padang Barat, Persik Kafe dan Bintang Kafe.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz melalui Kabag Ops Kompol Sumintak menyebut, pihaknya mendapat laporan ada sekelompok pemuda mendatangi tempat hiburan    yang berada di persimpangan kawasan Pondok.

"Mendapat  informasi demikian, satu pleton pasukan pengendalian masyarakat (dalmas) unit Samapta Bhayangkara (Sabhara) Polresta Padang, ditugaskan untuk mengamankan pelaku yang berjumlah delapan orang tersebut," terang Sumintak.

Mereka yang diamankan adalah SY, 47 tahun, FI (35), ET (50), AW (40), HR (36), AM (48), HN (29), dan FS (30). Tindakan mereka, kata Sumintak, terbilang janggal dan keliru. Untuk menghindari terjadinya keributan, maka kedelapannya diamankan oleh petugas.

"Untuk sementara, kami meminta keterangan dari delapan orang yang kami amankan ini apakah benar adanya perusakan," kata Sumintak.
Ketua Umum Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Padang Roy Made Oka yang mau dikonfirmasi, belum berhasil dihubungi secara langsung. Namun, seperti dikutip dari tempo.co, Roy secara tegas mengatakan, tindakan yang dilakukan delapan pemuda itu bukanlah bukanlah  tindakan razia atau sweeping.
Aksi itu, kata Roy, dilakukan untuk menegakkan peraturan daerah tentang hiburan malam. "Kami melakukan ini membantu tugas pemerintah untuk menegakkan perda yang telah dibuat oleh pemerintah daerah," kata Roy.
Roy melanjutkan, dalam Perda Kota Padang Nomor 12 Tahun 2015 disebutkan bahwa tempat hiburan malam hanya boleh beroperasi hingga pukul 00.00 WIB. "Fakta yang kami temukan di lapangan tersebut tidak sesuai dengan isi perda tersebut," katanya.
Roy mengklaim tindakan tersebut telah mendapatkan dukungan dari pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang. Namun, Roy tak menyebut nama pimpinan Dewan yang dimaksud.

"Sebelumnya kami juga sudah berkoordinasi dengan DPRD Padang dan kegiatan kami ini didukung, meskipun bukan dalam pernyataan tertulis," kata Roy.  (h/mg-adl)

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,07 Agustus 2017 - 19:54:55 WIB

    Polisi di Padang Himbau Warga Pasang Bendera

    Polisi di Padang Himbau Warga Pasang Bendera PADANG, HARIANHALUAN.COM - Seruan untuk memasang bendera Merah Putih di setiap rumah, kendaraan dan instansi pemerintahan dilakukan dengan berbagai cara oleh setiap kalangan maupun perorangan..
  • Kamis,03 Agustus 2017 - 01:56:06 WIB

    Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu

    Polisi Ringkus Dua Pengedar Sabu PADANG, HALUAN - Jajaran opsnal Sat Resnarkoba Polresta Padang menangkap dua orang pelaku penyalahgunaan narkoba pada Selasa (2/8) dini hari..
  • Sabtu,10 Juni 2017 - 12:30:32 WIB

    Polisi di Padang Bikin Lomba Dai. Bagaimana Hasilnya?

    Polisi di Padang Bikin Lomba Dai. Bagaimana Hasilnya? PADANG, HALUAN - Memperingati hari jadi ke 71 tahun yang akan jatuh pada 1 Juli 2017 mendatang, beragam kegiatan yang bernuansa keamanan dan keagamaan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Bhayangkara Kepolisian Republik Indonesi.
  • Minggu,04 Juni 2017 - 16:37:33 WIB

    Polisi Sita Petasan Dari Empat Lokasi di Padang

    Polisi Sita Petasan Dari Empat Lokasi di Padang PADANG, HALUAN - Polresta Padang melalui Bagian Operasi (Bag Ops) melakukan razia dan penyitaan terhadap mercon yang dianggap berbahaya dan memiliki daya ledak yang tinggi, Sabtu (3/6) siang. Sasaran dalam kegiatan yang dipim.
  • Selasa,02 Mei 2017 - 02:37:13 WIB

    Pengawas Panti Asuhan Nyaris Dipolisikan Anak Asuhnya

    Pengawas Panti Asuhan Nyaris Dipolisikan Anak Asuhnya PADANG, HALUAN - Diduga akibat salah paham, pengawas Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Pauh IX Rawan Ketaping RT 04 RW 05 Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, nyaris dilaporkan ke polisi oleh anak asuhannya Jumat (28/4.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM