Uke Ciptakan Lagu Untuk Artis Lain


Sabtu,07 Januari 2017 - 11:44:58 WIB
Uke Ciptakan Lagu Untuk Artis Lain

PADANG, HALUAN - Berprofesi sebagai seniman, suatu yang beda ditawarkan oleh Ucya Kelly atau yang biasa disapa Uke. Selain memiliki suara merdu, Uke  juga mahir menciptakan lirik lagu. Karya-karya Uke tadi juga telah banyak dibawakan oleh sejumlah artis minang ternama.Lagu ciptaan Uke yang telah beredar diantaranya, jankan uda denaipun nio dan harapan ayah bundo yang dinyanyikan oleh Susi.

"Yang lainnya, ada pacah pinang ka colok kain yang dibawakan Alkawi,laruik dek paruntuangan yang dinyanyikan oleh Amriz Arifin," ucap Uke pada Haluan belum lama ini.

Selain menciptakan banyak tembang yang kemudian dibawakan oleh artis lain,  buah karya yang dilahirkan Uke dalam bentuk lirik lagu tersebut juga ia bawakan pada sejumlah albumnya yang telah edar.

Disebut Uke menciptakan lirik lagu bukanlah suatu yang baru bagi dirinya. Ia telah memulainya ketika ia baru-baru masuk ke dunia hiburan ranah minang.
Uke sendiri telah berkiprah di dunia tarik suara sejak 1986. Pada saat itu ia masih duduk di bangku SMP. Karena memiliki suara yang merdu dan berbakat di bidang tarik suara, tahun 1991 ia diajak serta bergabung dengan Mandala Band pimpinan musisi Ujang Virgo. Setahun di Mandala Band, tahun 1992 ia hijrah ke Jakarta.

Di ibu kota, bersama Ivo Nila Krisna (Ibunya Astri Ivo, red) Uke sempat rekaman lagu dangdut nasional dengan judul, tanggal berapa bulan berapa ciptaan Asmin Cader yg di produksi Metrotama Record.

Beberapa waktu berkumpul dengan musisi-musisi besar minang di Jakarta, tahun 1994 ia kembali ke kampung halamannya di Lubuk Alung. Uke pulang kampung karena saat itu ia mengalami sakit radang ginjal. Satu tahun usai kepulangannya ke Padang karir, Uke sempat redup. Salah satu penyebabnya adalah karena saat itu ia memutuskan untuk bekeluarga dan fokus pada mereka.

"Karena merasa jiwa seni ini tak bisa mati dalam diri saya, beberapa waktu lalu diputuskan untuk kembali ke bidang ini. Mudah-mudahan kehadiran Uke bisa jadi penyemangat adik-adik penyanyi yang lebih muda untuk lebih baik lagi dalam berkarya," pungkas wanita kelahiran 1971 tersebut. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:38 WIB

    Di Pasaman, Potensi Peredaran Narkoba Masih Tinggi

    PASAMAN, HALUAN— Selama tahun 2014, Polres Pasaman ber­hasil menga­mankan barang bukti 47,787 kilogram ganja kering dan 24,28 gram sabu-sabu dengan total transaksi diperkirakan Rp200 juta.

    Kapo.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM