Uke Ciptakan Lagu Untuk Artis Lain


Sabtu,07 Januari 2017 - 11:44:58 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Uke Ciptakan Lagu Untuk Artis Lain

PADANG, HALUAN - Berprofesi sebagai seniman, suatu yang beda ditawarkan oleh Ucya Kelly atau yang biasa disapa Uke. Selain memiliki suara merdu, Uke  juga mahir menciptakan lirik lagu. Karya-karya Uke tadi juga telah banyak dibawakan oleh sejumlah artis minang ternama.Lagu ciptaan Uke yang telah beredar diantaranya, jankan uda denaipun nio dan harapan ayah bundo yang dinyanyikan oleh Susi.

"Yang lainnya, ada pacah pinang ka colok kain yang dibawakan Alkawi,laruik dek paruntuangan yang dinyanyikan oleh Amriz Arifin," ucap Uke pada Haluan belum lama ini.

Selain menciptakan banyak tembang yang kemudian dibawakan oleh artis lain,  buah karya yang dilahirkan Uke dalam bentuk lirik lagu tersebut juga ia bawakan pada sejumlah albumnya yang telah edar.

Disebut Uke menciptakan lirik lagu bukanlah suatu yang baru bagi dirinya. Ia telah memulainya ketika ia baru-baru masuk ke dunia hiburan ranah minang.
Uke sendiri telah berkiprah di dunia tarik suara sejak 1986. Pada saat itu ia masih duduk di bangku SMP. Karena memiliki suara yang merdu dan berbakat di bidang tarik suara, tahun 1991 ia diajak serta bergabung dengan Mandala Band pimpinan musisi Ujang Virgo. Setahun di Mandala Band, tahun 1992 ia hijrah ke Jakarta.

Di ibu kota, bersama Ivo Nila Krisna (Ibunya Astri Ivo, red) Uke sempat rekaman lagu dangdut nasional dengan judul, tanggal berapa bulan berapa ciptaan Asmin Cader yg di produksi Metrotama Record.

Beberapa waktu berkumpul dengan musisi-musisi besar minang di Jakarta, tahun 1994 ia kembali ke kampung halamannya di Lubuk Alung. Uke pulang kampung karena saat itu ia mengalami sakit radang ginjal. Satu tahun usai kepulangannya ke Padang karir, Uke sempat redup. Salah satu penyebabnya adalah karena saat itu ia memutuskan untuk bekeluarga dan fokus pada mereka.

"Karena merasa jiwa seni ini tak bisa mati dalam diri saya, beberapa waktu lalu diputuskan untuk kembali ke bidang ini. Mudah-mudahan kehadiran Uke bisa jadi penyemangat adik-adik penyanyi yang lebih muda untuk lebih baik lagi dalam berkarya," pungkas wanita kelahiran 1971 tersebut. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM