Penduduk Miskin Meningkat Karena Biaya Hidup Naik


Sabtu,07 Januari 2017 - 10:56:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN— Asisten II Setdaprov Sumbar Syafrudin menyebut peningkatan angka penduduk miskin di Sumbar dipicu tingginya beban biaya kebutuhan masyarakat.  Apa yang diucap Syafrudin ini sepertinya memang tepat. Lihat saja, belakangan, harga BBM, listrik, air dan lainnya memang naik.

"Termasuk biaya pendidikan, dengan naiknya beban ini tidak tertutupi oleh pendapatan masyarakat. Di satu sisi Pemerintah Daerah (Pemda) sudah berusaha menurunkan angka kemiskinan tersebut secara bertahap dan berkala, sesuai dengan pendekatan programnya," jelasnya.

Ia juga mengatakan, sebelum terjadi peningkatan ini juga sudah ada penurunan angka kemiskinan dari 11 persen menjadi 6, persen. Kemudian, setelah disurvei kembali oleh BPS kembali naik sebesar 4.995 jiwa. "Kenyataan ini tentunya harus kita terima, karena kita sudah mengantisipasi dengan berbagai macam program yang ada di masing-masing instansi," ulasnya.

Diketahui sebelumnya, BPS Sumbar merilis jumlah penduduk miskin di Sumbar periode September 2016 mencapai 376.510 jiwa. Naik 4.995 jiwa dibandingkan Maret tahun yang sama. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,05 Januari 2017 - 11:07:27 WIB

    Ini Angka Terkini Penduduk Miskin di Sumbar

    Ini Angka Terkini Penduduk Miskin di Sumbar PADANG, HALUAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Sumbar merilis, jumlah penduduk miskin Sumbar periode September 2016 mencapai 376.510 jiwa. Naik 4.955 jiwa dibandingkan Maret di tahun yang sama. Data ini terangkum dalam situs re.
  • Rabu,05 Oktober 2016 - 02:49:02 WIB

    Disdukcapil Lamban Urus Dokumen Kependudukan

    Disdukcapil Lamban Urus Dokumen Kependudukan Limapuluh Kota, Haluan — Untuk mengurus dokumen kependudukan pada Dinas Catatan Sipil yang selama ini digadang-gadangkan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi bisa selesai satu hari, terkesan hanya slogan belaka..
  • Jumat,16 September 2016 - 03:32:11 WIB

    Warga Kinali Serbu Layanan Kependudukan Keliling

    Warga Kinali Serbu Layanan Kependudukan Keliling PASBAR, HALUAN — War­ga Jorong Koto Gadang Jaya (Koja) Nagari Kinali, Ke­camatan Ki­nali, Pasaman Barat secara spon­tan me­nyer­bu pelayanan ad­ministrasi kependudukan ke­liling. Pe­layanan kelililing di­lakukan .
  • Kamis,21 Juli 2016 - 02:47:58 WIB
    TERJADI DI KOTA PARIAMAN

    Pengurusan Dokumen Kependudukan Meledak

    PARIAMAN, HALUAN — Warga yang mengurus dokumen kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Pariaman, kini membludak, bahkan pengeluaran dokumen tersebut mencapai 100 lembar per hari.Pengurusan dokumen itu ti.
  • Kamis,21 April 2016 - 15:05:14 WIB

    Wabup Ajak Warga Tuntaskan Dokumen Kependudukan

    Wabup Ajak Warga Tuntaskan Dokumen Kependudukan DHARMASRAYA, HALUAN — Wakil Bupati Dhar­mas­raya H. Amrizal Dt. Rajo Medan mengajak masya­rakat untuk mengurus doku­men kependudukan agar data kependudukan jelas dan tidak tumpang tindih serta tidak menimbulkan masalah..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM