LP Pariaman Rusuh, Napi Tusuk Napi


Jumat,06 Januari 2017 - 21:54:56 WIB
LP Pariaman Rusuh, Napi Tusuk Napi Petugas menenangkan Napi di LP yang sempat diwarnai dengan pertikaian. IST

PARIAMAN, HALUAN - Seorang penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pariaman, Rudi Hartono alias Pudiang (28), dilarikan ke RSUD Pariaman. Dia dibawa dengan bersimbah darah karena ditusuk rekannya sesama napi, Jumat (6/1).

 

Kepala Lapas (Kalapas) IIB Pariaman, Pudjiono Gunawan membenarkan adanya perkelahian di dalam Lapas.

 

Iya. Seorang warga binaan terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka tusuk,” ungkap Pudjiono yang baru menjabat sebagai Kalapas Kelas IIB Pariaman. Hati itu, merupakan hari pertama Pudjiono masuk kerja.

 

Dikatakannya, sekitar pukul 09.30 WIB , dia tiba di Lapas. Niat awal melakukan kontrol lingkungan dan mengumpulkan seluruh penghuni lapas. Namun sesampai pintu kedua lapas, karena kondisi hujan, niat tersebut ditunda.

 

"Saat menunggu hujan, saya mendapat laporan telah terjadi perkelahian antar penghuni Lapas. Setelah di cek dilapangan, ditemukan korban dengan nama Rudi alias Pudiang menderita luka tusuk dan langsung dikirim ke RSUD Pariaman. Sedangkan pelaku, kami amankan dan ditempatkan di sel terpisah," jelas Pudjiono.

 

Perkelahian tersebut, lanjut Kalapas IIB Pariaman, dimulai dengan masalah sepele. Pelaku merasa dicimeeh oleh korban. Tak terima, dia melawan dan mengamuk.

 

“Dilihat dari sisi kejiwaan, pelaku memang mengalami gangguan psikologis karena kasus pelaku sebelumnya membunuh istri sendiri. Sampai saat ini, pelaku masih labil dan selama di Lapas dikenal pendiam,” paparnya.

 

Sedangkan korban, sambung Pudjiono, bisa dikatakan biang kerok atau biasa melakukan rusuh di Lapas karena bukan kali ini saja melakukan perkelahian. Dari data yang ada, kejadian ini sudah yang kelima kali dilakukan dan dialami oleh korban. Empat kejadian sebelumnya berupa pengeroyokan yang dilakukan oleh korban. Baru kali ini yang satu lawan satu.

 

"Untuk antisipasi kejadian ini tidak dimanfaatkan pihak lain dan meluas, kami mengumpulkan seluruh napi yang ada di sini, diberikan pengarahan dan dibuat pernyataan bersama bahwa kita adalah sama dan bersaudara, tidak ada yang saling menyakiti dan berkhianat. Segala permasalahan bisa diselesaikan secara dialog dan musyawarah. Dicari akar permasalahannya dan solusinya," tutur Pudjiono.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM