LP Pariaman Rusuh, Napi Tusuk Napi


Jumat,06 Januari 2017 - 21:54:56 WIB
Reporter : Tim Redaksi
LP Pariaman Rusuh, Napi Tusuk Napi Petugas menenangkan Napi di LP yang sempat diwarnai dengan pertikaian. IST

PARIAMAN, HALUAN - Seorang penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pariaman, Rudi Hartono alias Pudiang (28), dilarikan ke RSUD Pariaman. Dia dibawa dengan bersimbah darah karena ditusuk rekannya sesama napi, Jumat (6/1).

 

Kepala Lapas (Kalapas) IIB Pariaman, Pudjiono Gunawan membenarkan adanya perkelahian di dalam Lapas.

 

Iya. Seorang warga binaan terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka tusuk,” ungkap Pudjiono yang baru menjabat sebagai Kalapas Kelas IIB Pariaman. Hati itu, merupakan hari pertama Pudjiono masuk kerja.

 

Dikatakannya, sekitar pukul 09.30 WIB , dia tiba di Lapas. Niat awal melakukan kontrol lingkungan dan mengumpulkan seluruh penghuni lapas. Namun sesampai pintu kedua lapas, karena kondisi hujan, niat tersebut ditunda.

 

"Saat menunggu hujan, saya mendapat laporan telah terjadi perkelahian antar penghuni Lapas. Setelah di cek dilapangan, ditemukan korban dengan nama Rudi alias Pudiang menderita luka tusuk dan langsung dikirim ke RSUD Pariaman. Sedangkan pelaku, kami amankan dan ditempatkan di sel terpisah," jelas Pudjiono.

 

Perkelahian tersebut, lanjut Kalapas IIB Pariaman, dimulai dengan masalah sepele. Pelaku merasa dicimeeh oleh korban. Tak terima, dia melawan dan mengamuk.

 

“Dilihat dari sisi kejiwaan, pelaku memang mengalami gangguan psikologis karena kasus pelaku sebelumnya membunuh istri sendiri. Sampai saat ini, pelaku masih labil dan selama di Lapas dikenal pendiam,” paparnya.

 

Sedangkan korban, sambung Pudjiono, bisa dikatakan biang kerok atau biasa melakukan rusuh di Lapas karena bukan kali ini saja melakukan perkelahian. Dari data yang ada, kejadian ini sudah yang kelima kali dilakukan dan dialami oleh korban. Empat kejadian sebelumnya berupa pengeroyokan yang dilakukan oleh korban. Baru kali ini yang satu lawan satu.

 

"Untuk antisipasi kejadian ini tidak dimanfaatkan pihak lain dan meluas, kami mengumpulkan seluruh napi yang ada di sini, diberikan pengarahan dan dibuat pernyataan bersama bahwa kita adalah sama dan bersaudara, tidak ada yang saling menyakiti dan berkhianat. Segala permasalahan bisa diselesaikan secara dialog dan musyawarah. Dicari akar permasalahannya dan solusinya," tutur Pudjiono.

 


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,27 Februari 2017 - 20:35:50 WIB

    Gas Elpiji Dicuri, Warga Payakumbuh Resah

    Gas Elpiji Dicuri, Warga Payakumbuh Resah PAYAKUMBUH, HALUAN – Aksi pencurian tabung gas elpiji mulai meresahkan warga Kota Payakumbuh. Bahakan pemilik kedai harian mulai resah dengan sering merugi akibat ulah si panjang tangan. .
  • Jumat,27 Januari 2017 - 23:07:56 WIB

    Dua Tahanan Remaja Ini Jadi Buronan Polres 50 Kota dan LPKA

    Dua Tahanan Remaja Ini Jadi Buronan Polres 50 Kota dan LPKA LIMAPULUH KOTA, HALUAN- Pascakaburnya dua orang Warga Binaan (Napi) di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Provinsi Sumatera Barat di Tanjung Pati Kabupaten Limapuluh Kota..
  • Selasa,10 Januari 2017 - 10:02:05 WIB

    Polisi Kantongi Identitas Pembunuh Pengusaha Gas Elpiji di Padang

    PADANG, HALUAN- Pihak Kepolisian masih mengejar pelaku pembunuhan terhadap Zarmawi (75) seorang pengusaha di Kota Padang, di Jalan Dr Wahidin, Kelurahan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Sabtu (7/1) lalu. Polisi sudah mengant.
  • Rabu,21 September 2016 - 12:02:47 WIB

    Pengguna Knalpot Racing di Solsel, Siap-siap Ditilang Polisi

    Pengguna Knalpot Racing di Solsel, Siap-siap Ditilang Polisi SOLSEL, HALUAN -- Menindaklanjuti pesan singkat pembaca di Harian Haluan beberapa waktu lalu terkait maraknya pengendara roda dua menggunakan knalpot racing di Solok Selatan (Solsel). Jajaran Polantas Polres Solsel lakukan pe.
  • Minggu,11 September 2016 - 09:44:21 WIB

    Bunyi Knalpot Racing Ganggu Warga Pessel

    Bunyi Knalpot Racing Ganggu Warga Pessel PAINAN, HALUAN - Sejumlah Masyarakat Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mengeluhkan terkait maraknya pemakaian knalpot racing oleh sejumlah pengendara motor..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM