Walhi Teliti Batu Bara di Pantai. Bagaimana Hasilnya?


Jumat,06 Januari 2017 - 13:23:13 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Walhi Teliti Batu Bara di Pantai. Bagaimana Hasilnya? Batu bara yang ditemukan di Pantai Muaro Lasak beberapa waktu lalu.

PADANG, HALUAN -- Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Barat Uslaini menanggapi temuan batu bara di Pantai Muaro Lasak, dua hari lalu. Untuk memastikannya, Walhi menurunkan tim untuk mengetahui kebenaran batu hitam kecil yang terdapat di sepanjang pantai adalah batu bara.

“Tim Walhi menelusuri Pantai Padang, Kamis (5/1) sekitar pukul 11.00 WIB. Mereka melaporkan memang ditemukan batu bara di sepanjang Pantai Padang yang dibawa oleh gelombang saat badai kemaren malam,” kata Uslaini pada Haluan.

Walhi Sumbar pun melihat persoalan ini bukan hanya soal pencemaran batu bara di pantai. Akan tetapi lebih ke pengawasan syahbandar Pelabuhan Teluk Bayur dalam mengawasi kapal tongkang yang bermuatan batu bara agar tidak membuang limbah sisa batu bara ke laut.

Kejadian ini pun berulang karena kurangnya pengawasan dan tidak ada penegakan hukum yang jelas bagi yang melanggar. “Persoalan batubara di Sumatera Barat bukan hanya persoalan di hilir saja tapi juga persoalan di hulunya,” kata Uslaini.

Misalnya, persoalan kerusakan lingkungan akibat tambang batu bara di Sumatera Barat dimulai dari tidak taat izinnya pelaku usaha pertambangan batu bara, tidak melakukan reklamasi pasca tambang di lubang bekas galian batu bara, kerusakan lahan dan hutan serta kerusakan jalan akibat truk batu bara melewati jalan umum. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,15 April 2016 - 03:36:41 WIB
    Daerah Resapan Air Kritis

    Walhi: Padang Banjir Tiap Tahun

    PADANG, HALUAN—Fenomena banjir besar yang melanda Kota Padang pada bulan Maret 2016 lalu, diprediksi Wahana Ling­kungan Hidup (Walhi) Sumatera Barat akan terjadi setiap tahun. Mengingat banyak wilayah serapan air sudah ban.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM