Proses PAW Irman Gusman Penetapan Proses Hukum


Kamis,05 Januari 2017 - 15:17:48 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Mantan Ketua DPD RI Irman Gusman masih menjalani proses hukum pascaproses penangkapan oleh KPK beberapa waktu lalu. Karenanya, hingga kini proses pergantian antar waktu (PAW) yang bersangkutan belum bisa dilakukan.

"Proses penggantian ini kan ada di KPU RI, dan ada aturannya nanti bagaimana proses penggantian dilakukan," ujar Ketua KPU Sumbar Amnasmen kepada Haluan.

Amnasmen menyebutkan seseorang diberhentikan oleh presiden dari jabatannya ketika sudah ada keputusan inkrah dan saat ini proses IG masih berjalan makanya belum bisa dilakukan PAW. Katanya proses pengantian PAW berada di bawah kewenangan KPU RI setelah ada putusan inkrah dari hasil sidangnya.

Dijelaskan Amnasmen lagi, proses PAW ini dilakukan, ketika yang bersangkutan meninggal dunia, mengundurkan diri dan tersangkut dengan hukum. Menurut aturannya, jika memang IG ditetapkan sebagai terpidana maka yang akan maju untuk menjadi PAW adalah calon dengan perolehan suara terbanyak di bawah IG. Dari Sumbar sendiri, selain IG, ada nama Jeffry Geovanni, Emma Yohana dan Nofi Chandra yang duduk di kursi DPD RI.

Anggota DPD RI Hj Emma Yohana saat dihubungi enggan berkomentar banyak, yang jelas saat ini proses hukum IG masih berjalan. Jika memang nanti diberhentikan dari keanggotaan tentunya akan ada PAW, dan proses PAW ini banyak yang akan dilalui.

“Panjang lagi prosesnya, belum lagi kalau ada banding. Nanti, jika memang iya kan sudah ada aturannya di KPU, bagaimana proses penggantian IG,”ujarnya. (h/rin)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin,30 Maret 2015 - 19:35:21 WIB

    Eksekusi Mati Tunggu Proses Hukum

    JAKSA AGUNG HM PRASETYO

    JAKARTA, HALUAN — Jaksa Agung HM Prasetyo me­ne­gaskan eksekusi mati tahap II masih menunggu upaya hu­kum Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung.

    “Kami tun.

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM