Padang ‘Pecat’ 150 Relawan Kebersihan


Rabu,04 Januari 2017 - 13:36:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang ‘Pecat’ 150 Relawan Kebersihan Seorang petugas kebersihan tengah menyapu jalan di Jalan Permindo, Padang. Awal tahun ini, Pemko Padang merumahkan 150 dari 350 relawan kebersihan terkait persoalan kinerja. IST/SINDO

PADANG, HALUAN — Pada akhir  tahun 2016 lalu, Kota Padang punya 350 orang relawan kebersihan. Mereka tersebar di  11 kecamatan. Dari jumlah sebanyak itu, hampir 50 persennya dirumahkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin mengatakan itu merupakan hasil evaluasi selalu di lakukan setiap hari. Yang menilai kinerja mereka adalah dari kelurahan masing-masing. Semenjak relawan kebersihan mulai bekerja pada November lalu. Dan setelah dilakukan penilaian, hasilnya hanya 200 orang yang akan kembali menjadi relawan.

"Total relawan kebersihan ada 350 orang, yang berasal dari 11 kecamatan di Kota Padang. Hanya 200 orang yang lulus evaluasi, dan 150 orang akan dirumahkan, " ujar Al Amin pada Haluan Rabu (4/1).

Dikatakannya, sebanyak 150 orang yang tidak dilanjutkan kontraknya menjadi relawan kebersihan karena tidak menjalankan fungsinya dengan semestinya.

Relawan sendiri mempunyai tiga fungsi yang harus dijalankan. Pertama sebagai pemberi informasi kepada masyarakat berupa penjelasan mengenai kebersihan lingkungan. Kedua sebagai pengawas yaitu menegur langsung masyarakat yang terlihat membuang sampah sembarangan. Ketiga sebagai pelaksana jika terlihat sampah yang berserakan mereka turun tangab langsung membersihkan tempat tersebut. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,20 September 2017 - 15:31:16 WIB

    Wisata Pulau di Padang Akan Dievaluasi

    Wisata Pulau di Padang Akan Dievaluasi PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Kota Padang bertabur pulau kecil. Saat ini pulau-pulau tersebut dikelola pihak lain. Tingkat kunjungan ke pulau itu pun terus meningkat..
  • Senin,18 September 2017 - 17:11:05 WIB

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang

    Pantau Lalin di Padang, 21 CCTV Akan Dipasang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan akan memasang 21 kamera pemantau atau Closed Circuit Television (CCTV). Direncanakan pemasangan dilakukan setelah perubahan anggaran pendapatan belan.
  • Minggu,17 September 2017 - 12:36:25 WIB

    Weno Aulia Durin, Pendidikan di Padang Harus Lebih Manusiawi

    Weno Aulia Durin, Pendidikan di Padang Harus Lebih Manusiawi PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Peserta didik di Padang disesaki banyak masalah, mulai dari terancamnya nyawa mereka di jalan sampai pada ancaman jadi korban tawuran. Lainnya, was-was saat banjir, terutama yang perempuan. Dunia pe.
  • Jumat,15 September 2017 - 10:41:40 WIB

    Tilang CCTV Belum Berlaku di Padang

    Tilang CCTV Belum Berlaku di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Adanya pesan berantai yang tersebar di beberapa media sosial tentang diberlakukannya tilang CCTV oleh aparat kepolisian di Kota Padang, dibantah oleh Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prase.
  • Jumat,15 September 2017 - 10:36:21 WIB

    Hingga September, Retribusi Dinas Perdagangan Padang Capai Rp3,8 Miliar

    Hingga September, Retribusi Dinas Perdagangan Padang Capai Rp3,8 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Realisasi retribusi Dinas Perdagangan Kota Padang hingga September 2017 masih berada pada angka Rp3,8 miliar. Retribusi diperoleh dari harian oleh Pedagang Kaki Lima (PKL), bulanan oleh kios dan tok.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM