Padang ‘Pecat’ 150 Relawan Kebersihan


Rabu,04 Januari 2017 - 13:36:02 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Padang ‘Pecat’ 150 Relawan Kebersihan Seorang petugas kebersihan tengah menyapu jalan di Jalan Permindo, Padang. Awal tahun ini, Pemko Padang merumahkan 150 dari 350 relawan kebersihan terkait persoalan kinerja. IST/SINDO

PADANG, HALUAN — Pada akhir  tahun 2016 lalu, Kota Padang punya 350 orang relawan kebersihan. Mereka tersebar di  11 kecamatan. Dari jumlah sebanyak itu, hampir 50 persennya dirumahkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Al Amin mengatakan itu merupakan hasil evaluasi selalu di lakukan setiap hari. Yang menilai kinerja mereka adalah dari kelurahan masing-masing. Semenjak relawan kebersihan mulai bekerja pada November lalu. Dan setelah dilakukan penilaian, hasilnya hanya 200 orang yang akan kembali menjadi relawan.

"Total relawan kebersihan ada 350 orang, yang berasal dari 11 kecamatan di Kota Padang. Hanya 200 orang yang lulus evaluasi, dan 150 orang akan dirumahkan, " ujar Al Amin pada Haluan Rabu (4/1).

Dikatakannya, sebanyak 150 orang yang tidak dilanjutkan kontraknya menjadi relawan kebersihan karena tidak menjalankan fungsinya dengan semestinya.

Relawan sendiri mempunyai tiga fungsi yang harus dijalankan. Pertama sebagai pemberi informasi kepada masyarakat berupa penjelasan mengenai kebersihan lingkungan. Kedua sebagai pengawas yaitu menegur langsung masyarakat yang terlihat membuang sampah sembarangan. Ketiga sebagai pelaksana jika terlihat sampah yang berserakan mereka turun tangab langsung membersihkan tempat tersebut. (h/mg-mel)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,21 Juli 2017 - 10:24:54 WIB

    Pakai KIM, Padang Menuju Kota Pintar

    Pakai KIM, Padang Menuju Kota Pintar PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kota Padang semakin mempertegas diri menjadi "smart city" atau (kota cerdas-red)..
  • Jumat,21 Juli 2017 - 10:16:56 WIB

    Bangunan Bersejarah di Padang Hanya Jadi Gudang

    Bangunan Bersejarah di Padang Hanya Jadi Gudang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kalangan anggota DPRD Kota Padang menilai bangunan peninggalan bersejarah banyak yang terabaikan. Padahal asal mulanya Kota Padang adalah di kawasan Kota Tua..
  • Selasa,18 Juli 2017 - 18:00:35 WIB

    Pertemuan Dai dan Ulama, Wako Padang Bantah Tidak Libatkan MUI

    Pertemuan Dai dan Ulama, Wako Padang Bantah Tidak Libatkan MUI PADANG, HARIANHALUAN.COM--Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah membantah bahwa pihaknya tidak melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang dan Sumbar dalam iven pertemuan dai dan ulama se Asia Tenggara, Afrika dan E.
  • Kamis,13 Juli 2017 - 19:07:33 WIB

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan

    Sabtu Ini JK ke Padang, 600 Anggota Polresta Disiagakan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla dijadwalkan bakal datang ke Kota Padang pada Sabtu (15/7). Sesuai prosedur, JK akan mendapatkan pengawalan ekstra dari aparat keamanan selama kunjung.
  • Selasa,11 Juli 2017 - 10:52:12 WIB

    Padang Tuan Rumah Multaqa Dai, ASN Berpakaian Muslim

    Padang Tuan Rumah Multaqa Dai, ASN Berpakaian Muslim PADANG, HARIANHALUAN.COM--Kota Padang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Musabaqah dan Multaqa Dai. Kegiatan ini dilangsungkan 11-21 Juli 2017. Pemerintah Kota Padang mengimbau kepada seluruh warganya untuk menyukseskan .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM