LKAAM PESSEL DAN KAN PAINAN HIMBAU

Jangan Hura-hura Sambut Tahun Baru


Jumat,30 Desember 2016 - 03:16:55 WIB
Reporter : Tim Redaksi

LKAAM PESSEL DAN KAN PAINAN HIMBAU

 Jangan Hura-hura Sambut Tahun Baru

 

PAINAN, HALUAN-Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau (LKAAM) Kabupaten Pesisir Selatan, mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang ingin merayakan pergantian tahun baru, sebaiknya dilakukan hal-hal yang positif saja, atau yang bersifat keagamaan. Sebab, kegiatan seperti itu, akan membawa perubahan yang baik pula terhadap kemajuan suatu nagari maupun daerah. "Semua tentu akan senang menyambut datangnya tahun baru. Namun, alangkah baiknya kita isi dengan hal-hal yang positif saja. Agar tercipta suasana yang aman dan tentram di lingkungan masing-masing," ungkap Ketua LKAAM Pessel Drs. Lukman Dt. Rajo Alam, kepada Haluan. Kamis (29/12).

Menurutnya, kebiasaan yang selalu berlebihan dalam menyambut pergantian tahun baru, tentu akan berujung kepada hal-hal yang bersifat negatif dan tidak bermanfaat, seperti hura-hura, membakar petasan dan kembang api, bahkan parahnya sampai kepada kegiatan yang melawan hukum yakni miras, narkoba dan seks bebas."Nah, budaya seperti ini yang harus kita hilangkan. Hal ini tidak luput dari pengawalan kita bersama. Seperti pihak kepolisian, tokoh masyarakat dan pemuda, alim ulama, niniak mamak dan bundo kanduang, serta orang tua. Merekalah yang akan memberikan contoh teladan kepada generasi muda nantinya, agar terhindar dari perbuatan maksiat dan melanggar hukum," jelasnya.

Dikatakannya, sikap yang berlebihan dalam menyambut segala sesuatunya, tidaklah baik dalam ajaran agama (Islam), karena akan mendatangkan kerugian yang sangat besar kepada diri sendiri, termasuk juga orang-orang yang ada di sekeliling mereka."Semuanya tergantung kepada pribadi masing-masing. Silahkan nikmati tahun baru, tapi perbaiki segala kekurangan yang ada di masa lalu. Kepada niniak mamak harus menjadi contoh teladan bagi anak kemenakannya, terapkan nilai-nilai keagamaan agar aqidah dan akhlak tetap terjaga," ajaknya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Painan, Syafizal Ucok  Dt  Nan Batuah mengharapkan kepada masyarakat kota Painan, agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban dalam menyambut datangnya tahun baru.

Ia menghimbau kepada masyarakat yang akan berpergian, agar tetap memperhatikan kondisi keamanan di masing-masing lingkungannya, sehingga tidak memberi peluang kepada pelaku kejahatan yang siap datang kapan saja.  "Dalam menyambut tahun baru, sebaiknya dilakukan dengan cara sederhana saja. Jangan terlalu berlebihan, jauhi miras dan narkoba. Semua harus saling menjaga agar keamanan dan ketertiban selalu terjaga. Jika tidak aman, tentu akan berpengaruh buruk terhadap lingkungan sekitarnya. Hal ini tidak luput dari pengawalan kita bersama, termasuk pihak kepolisian," tutupnya. (h/dn/mg-kis)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,23 Juni 2017 - 21:03:31 WIB

    Liburan ke Limapuluh Kota, Jangan Lupa Berkunjung ke Sini

    Liburan ke Limapuluh Kota, Jangan Lupa Berkunjung ke Sini LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM—Berkunjung ke Kabupaten Limpuluh Kota tak lengkap rasanya jika tidak singgah ke objek wisata Lembah Harau..
  • Kamis,08 Juni 2017 - 11:42:14 WIB

    Bupati Hendrajoni: Bantuan Alsintan Jangan Dimanfaatkan untuk Pribadi

    Bupati Hendrajoni: Bantuan Alsintan Jangan Dimanfaatkan untuk Pribadi PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Agar sektor pertanian benar-benar memberikan jaminan terhadap kesejahteraan masyarakat petani di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), maka sesuai dengan potensi besar yang dimiliki daerah itu, dihara.
  • Senin,06 Maret 2017 - 09:19:42 WIB

    BKSDA : Jangan Usik Habitat Harimau

    BKSDA : Jangan Usik Habitat Harimau AGAM, HARIANHALUAN.COM- Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kabupaten Agam, mengingatkan warga agar tidak mengembalakan ternaknya di kawasan Hutan Cagar alam, hal tersebut untuk mengindari ternak mereka dari serangan bi.
  • Selasa,28 Februari 2017 - 10:34:45 WIB

    Jangan Sampai Maninjau Ditinggal Wisatawan

    Jangan Sampai Maninjau Ditinggal Wisatawan PADANG, HALUAN – Pengamat Pariwisata, dari Universitas Andalas (Unand), Sari Lenggogeni, menilai Pemerintah Kabupaten Agam harus kreatif memanfaatkan situasi Danau Maninjau saat ini agar tetap dikunjungi wisatawan mancanega.
  • Senin,27 Februari 2017 - 13:15:35 WIB

    Jangan Biarkan Danau Maninjau Mati dari Kunjungan Wisata

    Jangan Biarkan Danau Maninjau Mati dari Kunjungan Wisata PADANG, HALUAN – Pengamat Pariwisata, dari Universitas Andalas (Unand), Sari Lenggogeni, menilai Pemerintah Kabupaten Agam harus kretaif dalam memanfaatkan situasi Danau Maninjau saat ini untuk tetap dikunjungi wisatawan ma.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM