GUBERNUR SARANKAN RASIONALISASI

Anggaran Padang Defisit Rp100 Miliar


Jumat,30 Desember 2016 - 01:22:39 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Padang, Haluan—Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Padang tahun 2017 mengalami pengurangan hingga Rp100 miliar lebih. 

“Telah  terjadi pengurangan Rp100 miliar lebih  yang harus dirasionalisasi karena sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) tidak boleh lebih tinggi.

Itu yang harus dibahas  antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Banggar DPRD,” kata Asnel Sekda Kota Padang, Kamis (29/12).

Pengurangan itu terjadi diberbagai SKPD, namun ia tidak mau menjelaskan secara rinci. 

“Rasionalisasi itu terjadi per kegiatan saja, jadi tidak fokus di masing-masing SKPD,”  katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota  Padang Muhidi mengatakan, tidak ada persoalan yang berarti dari hasil evaluasi gubernur tersebut. 

“Hanya rasionalisasi saja  di beberapa kegiatan. Artinya,  tidak ada yang dicoret,” katanya.

Dikatakannya, penyusunan APBD 2017  sudah tepat sesuai aturan dan sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), baik Kota Padang maupun Provinsi Sumbar.

“Selain itu juga,  telah mengakomodir Nawa Cita pemerintah pusat. Jadi tidak  masalah,” ujarnya.

Beberapa hal yang perlu dirasionalisasi terutama terkait target pendapatan dan belanja daerah.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra mengatakan,  dari evaluasi gubernur, ada beberapa item belanja modal yang perlu menjadi perhatian Pemko Padang.

“Saran gubernur adalah prinsip efisiensi sehingga besaran belanja di beberapa item,  hanya dirasionalisasikan saja. Tidak ada yang dicoret,” katanya.

Tambahnya lagi, gubernur juga menyarankan dalam penggunaan anggaran nantinya harus sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga tidak menjadi persoalan hukum di kemudian hari.(h/ade)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu,16 September 2017 - 19:09:35 WIB

    Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong!

    Andre Rosiade: Soal Anggaran Banjir, Mahyeldi Kreatif dong! Kuncinya, terpenting, niat dalam membangun itu lurus. Tidak melenceng ke tujuan lain. Seperti tujuan pencitraan semata, hanya ingin sekadar show, atau biar dianggap merakyat. Kalau ingin membangun, ya bangun. Jangan pula menu.
  • Rabu,18 Januari 2017 - 11:23:34 WIB

    Di Padang, Anggaran Betonisasi Jalan Komplek Capai Rp42 Miliar

    PADANG, HALUAN—Saat ini pekerjaan betonisasi jalan tidak lagi berada dibawah Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Namun ditangani oleh Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKP2) Kota Padang.
  • Rabu,14 Desember 2016 - 01:29:40 WIB
    PARKIR BERLAPIS DI DEPAN POLRES

    Dishub Segera Tindak Pelanggaran

    PADANG, HALUAN — Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Padang Dedi Henidal, menyampaikan bahwa parkir di delan Kantor Polresta Padang hanya diperbolehkan satu lapis saja. Namun pada kenyataannya, parkir te.
  • Jumat,02 Desember 2016 - 01:16:15 WIB

    Anggaran Minim, Kabupaten/Kota Diminta Badoncek

    PADANG, HALUAN — Pengalihan sejum­lah urusan dari kabupaten/kota ke provinsi pada 2017 mendatang diperkirakan me­ma­kan anggaran Rp1,6 triliun. Di lain sisi, kenaikan Dana Alokasi Umum (DAU) Sumbar dari pusat hanya dikis.
  • Kamis,24 November 2016 - 01:00:17 WIB
    BANYAK ORANG GILA BUANGAN

    Tiap Tahun Dinsos Kekurangan Anggaran

    PADANG, HALUAN — Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kota Padang mengaku kewalahan dengan serbuan massal orang gila yang dibuang oleh keluarganya ke Kota Bengkuang ini..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM