JELANG TAHUN BARU

Persediaan dan Harga Sembako Sumbar Stabil


Jumat,30 Desember 2016 - 01:16:22 WIB
Reporter : Tim Redaksi
Persediaan dan Harga Sembako Sumbar Stabil Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Ok Nurwan, mengobrol dengan pedagang daging di Pasar Raya, Padang, Kamis (29/12). Dirjen Perdagangan dan Disperindag Sumbar, memantau persediaan dan harga sembako di Pasar Raya dan Pasar Lubuk Buaya. Menjelang tahun baru, harga sembako stabil dan persediaannya mencukupi kebutuhan masyarakat. (RAHMA UTAMI)

PADANG, HALUAN — Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Sumatera Barat bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Perdagangan Kementerian Perdagangan (Kemendag) memantau persediaan dan harga sembako di Pasar Raya dan Pasar Lubuk Buaya, Padang, Kamis (29/12). Pemantauan itu dilakukan untuk mengetahui persediaan bahan pokok di provinsi itu.

“Menjelang tahun baru, kami memang selalu memantau persediaan barang dan harga agar masyarakat tidak kekurangan serta mengeluhkan mahalnya harga,” ujar Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Ok Nurwan.

Pada inspeksi mendadak pertama di Pasar Raya, Ok berbincang dengan beberapa peda­gang tentang persediaan dan harga sembako. Ia bertanya kepada pedagang cabai, bawang, daging, ayam, gula, tepung terigu dan minyak goreng. Dari keterangan yang didapatnya dari sejumlah pedagang, persediaan sembako menjelang tahun baru aman dan harganya stabil. Saat ini, harga cabai berkisar Rp38 ribu per kg, bawang Rp20 ribu per kg, gula Rp13,5 ribu, ayam Rp25 ribu per kg, dan daging Rp120 ribu per kg.

Menurut Ok, harga daging di Sumbar me­mang sudah stabil, tetapi masih tinggi daripada daerah lain. “Walaupun harga daging di sini tinggi, tetapi tidak menjadikan inflasi,” tuturnya.

Beberapa pedagang juga sempat menge­luhkan harga daging yang tinggi ini kepada Disperindag Sumbar dan Ditjen Perdagangan. Harga pakan yang tinggi ini adalah salah satu penyebab tingginya harga daging. Untuk mengantisipasinya, Kemendag sedang berupaya menurunkan harga dengan menekan harga pakan.

Disperindag Sumbar dan Ditjen Perdagangan juga menanyai harga serta persediaan sembako menjelang tahun baru. “Tidak banyak pedagang yang saya tanya karena beberapa harga sudah stabil,” kata Ok.

Sementara itu, Kepala Disperindag Sumbar, Asben Hendri, menuturkan, dengan cuaca yang mulai membaik, diharapkan harga sembako tetap stabil dan persediaannya dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Saya berharap kestabilan harga sembako bertahan hingga 4 bulan ke depan agar ma­syarakat nyaman,” ucapnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Zaimar, menambahkan, untuk mengantisipasi jumlah persediaan sembako, pemerintah mengu­tamakan pengiriman sembako antarprovinsi. “Dari tanggal 23 Desember hingga 3 Januari, pengiriman untuk sembako diutamakan, semen­tara pengiriman yang lain mulai dikurangi. Ini dilakukan agar kebutuhan masyarakat ter­cukupi,” ujarnya. (h/mg-rma)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM