PELAJAR DILARANG BAWA KENDARAAN

Pemko Siapkan Bus Sekolah untuk Siswa


Jumat,30 Desember 2016 - 01:12:18 WIB
Reporter : Tim Redaksi

SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok memiliki sejumlah armada untuk membawa pelajar SD maupun SMP ke sekolah masing-masing sebagai konsekuensi lahirnya Peraturan daerah (Perda) tentang larangan pelajar membawa sepeda motor ke sekolah.

Kepala Bagian Hukum Set­da Kota Solok Zulfahmi kepada Haluan, Selasa(27/12), menga­takan, Perda yang sudah disah­kan beberapa bulan lalu tentang larangan membawa kendaraan ke sekolah khusus bagi pelajar SD dan SMP guna mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas pada anak-anak usia produktif.

Kendati peraturan di kepoli­sian sudah ada yang mengatur tentang larangan membawa sepeda motor bagi anak di bawah umur, namun Perda yang dibuat Pemda Kota Solok mala­han memperkuat peraturan di kepolisian di mana siswa di bawah umur tidak dibenarkan membawa sepeda motor ke sekolah.

Konsekuensi dari Perda itu sudah jelas Pemda Kota Solok harus menyediakan angkutan untuk siswa karena saat ini diakui angkutan umum hampir tidak ada yang menambang karena kalah bersaing dengan angkutan ojek roda dua. Kalau­pun ada hanya melayani pada rute tertentu yang memiliki volume penumpang banyak.

Pemda Kota Solok memiliki sejumlah bus yang siap me­ngangkut pelajar ke sekolah masing-masing jika memang dibutuhkan, namun demikian berdasarkan kajian, di setiap rumah tangga rata-rata memiliki 1 unit sepeda motor.

Hampir setiap kepala keluarga punya sepeda motor saat ini, oleh karenanya orangtua bisa meng­antarkan anaknya ke sekolah ataupun menggunakan jasa ojek roda dua.

Dilahirkannya Perda tentang larangan bagi siswa SD maupun SMP membawa sepeda motor ke sekolah tidak lain untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas, berdasarkan pantauan dan laporan, kecelakaan lalu lintas lebih banyak korban dari anak-anak usia produktif yang masih berstatus pelajar.

Malahan bukan hanya Perda tentang larangan membawa sepeda motor ke sekolah yang ditujukan bagi pelajar SD dan SMP, melainkan juga Perda tentang larangan siswa kelu­yuran di malam hari. Di atas pukul 21.00 wib siswa harus berada di rumah dan tidak dibenarkan keluar malam ke­cuali ada hal-hal tertentu yang mengharuskan pelajar ke luar rumah.

Perda yang tergabung dalam Perda penyakit masyarakat itu bertujuan agar dari Kota Solok akan lahir generasi muda yang beriman, bertakwa dan me­miliki sumber daya manusia yang handal, siap bersaing dengan lulusan sekolah lainnya di Sumatera Barat. Malam hari haruslah dimanfaatkan oleh pelajar untuk belajar di rumah ataupun melaksanakan aktivitas lainnya yang mendukung ke­suksesan seseorang.(h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,08 Agustus 2017 - 10:35:29 WIB

    Pariaman Ekspo Segera Digelar, Pemko Targetkan Transaksi Rp3 Miliar

    Pariaman Ekspo Segera Digelar, Pemko Targetkan Transaksi Rp3 Miliar PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemerintah Kota Pariaman menargetkan Rp3 miliar transaksi selama pelaksanaan Pariaman Ekspo 2017. Rencananya helat besar itu akan diadakan di Pantai Gandoriah pada 13 Agustus mendatang..
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:45:28 WIB
    BANGUN PENDOPO DAN RUMAH DINAS

    Rp. 10 Miliar Dianggarkan Pemko Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN - Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 untuk pembangunan pendopo dan rumah dinas walikota..
  • Jumat,07 April 2017 - 10:30:26 WIB

    LKAAM Sawahlunto Didukung penuh Pemko

    SAWAHLUNTO, HALUAN- Keberadaan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) sangat berperan dalam pelestarian adat dan pengembangan seni budaya, terutama pada saat ini dimana perkembangam zaman dan kemajuan kota bisa saja.
  • Senin,20 Maret 2017 - 10:55:17 WIB

    Pemko Pariaman Audit Lahan Tidur

    PARIAMAN, HALUAN - Pemerintah Kota Pariaman tahun ini segera melakukan audit lahan tidur guna meningkatkan produktifitas lahan. Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Agusriatman menjawab Haluan, Minggu (19/3) membenarkan, sam.
  • Jumat,23 Desember 2016 - 00:18:19 WIB
    KEMBANGKAN SARPRAS AIR BERSIH

    Pemko Akan Bekerja Sama dengan Jepang

    SOLOK, HALUAN – Walikota Solok Zul Elfian melakukan kunjungan kerja ke Kota Toyohashi Jepang selama 5 hari. Dalam kunjungan kerja itu Zul Elfian bertemu dengan Walikota Toyohashi untuk membahas masalah air bersih di Kota So.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM