PELAJAR DILARANG BAWA KENDARAAN

Pemko Siapkan Bus Sekolah untuk Siswa


Jumat,30 Desember 2016 - 01:12:18 WIB

SOLOK, HALUAN — Pemerintah Kota Solok memiliki sejumlah armada untuk membawa pelajar SD maupun SMP ke sekolah masing-masing sebagai konsekuensi lahirnya Peraturan daerah (Perda) tentang larangan pelajar membawa sepeda motor ke sekolah.

Kepala Bagian Hukum Set­da Kota Solok Zulfahmi kepada Haluan, Selasa(27/12), menga­takan, Perda yang sudah disah­kan beberapa bulan lalu tentang larangan membawa kendaraan ke sekolah khusus bagi pelajar SD dan SMP guna mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas pada anak-anak usia produktif.

Kendati peraturan di kepoli­sian sudah ada yang mengatur tentang larangan membawa sepeda motor bagi anak di bawah umur, namun Perda yang dibuat Pemda Kota Solok mala­han memperkuat peraturan di kepolisian di mana siswa di bawah umur tidak dibenarkan membawa sepeda motor ke sekolah.

Konsekuensi dari Perda itu sudah jelas Pemda Kota Solok harus menyediakan angkutan untuk siswa karena saat ini diakui angkutan umum hampir tidak ada yang menambang karena kalah bersaing dengan angkutan ojek roda dua. Kalau­pun ada hanya melayani pada rute tertentu yang memiliki volume penumpang banyak.

Pemda Kota Solok memiliki sejumlah bus yang siap me­ngangkut pelajar ke sekolah masing-masing jika memang dibutuhkan, namun demikian berdasarkan kajian, di setiap rumah tangga rata-rata memiliki 1 unit sepeda motor.

Hampir setiap kepala keluarga punya sepeda motor saat ini, oleh karenanya orangtua bisa meng­antarkan anaknya ke sekolah ataupun menggunakan jasa ojek roda dua.

Dilahirkannya Perda tentang larangan bagi siswa SD maupun SMP membawa sepeda motor ke sekolah tidak lain untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas, berdasarkan pantauan dan laporan, kecelakaan lalu lintas lebih banyak korban dari anak-anak usia produktif yang masih berstatus pelajar.

Malahan bukan hanya Perda tentang larangan membawa sepeda motor ke sekolah yang ditujukan bagi pelajar SD dan SMP, melainkan juga Perda tentang larangan siswa kelu­yuran di malam hari. Di atas pukul 21.00 wib siswa harus berada di rumah dan tidak dibenarkan keluar malam ke­cuali ada hal-hal tertentu yang mengharuskan pelajar ke luar rumah.

Perda yang tergabung dalam Perda penyakit masyarakat itu bertujuan agar dari Kota Solok akan lahir generasi muda yang beriman, bertakwa dan me­miliki sumber daya manusia yang handal, siap bersaing dengan lulusan sekolah lainnya di Sumatera Barat. Malam hari haruslah dimanfaatkan oleh pelajar untuk belajar di rumah ataupun melaksanakan aktivitas lainnya yang mendukung ke­suksesan seseorang.(h/alf)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM