Batam Target 100 Wajib Pajak Daring 2017


Jumat,30 Desember 2016 - 01:10:49 WIB
Reporter : Tim Redaksi

Batam, Haluan — Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menargetkan 100 wajib pajak bidang usaha restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir menggunakan sistem pencatatan dalam jaringan pada 2017.

“Kami targetkan 100 wajib pajak sudah terpasang alat online,” kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah Raja Azmansyah di Batam, Kamis (29/12).

PemkoBatam meng­gan­deng Bank Riau Kepri dan Bank Jawa Barat dan Banten untuk menyukseskan pro­gram itu dengan memasang alat khusus di mesin pem­bayaran wajib pajak.

Diharapkan tiap bank memasang masing-masing 50 alat di 50 wajib pajak dari 2.000 wajib pajak bidang usaha restoran, hotel, tempat hiburan dan parkir yang tercatat di Dinas Pendapatan Daerah pada 2017.”Kami akan menerapkan secara bertahap,” kata dia.

Sebagai tahap awal, Bank BJB memasang 10 perleng­kapan pajak dalam jaringan di 10 wajib pajak, menjelang pergantian tahun 2016-2017.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad menya­ta­kan pemerintah tidak menge­luar­kan dana apa pun untuk program itu.”Sejak awal, dasar pemikiran awal penerapan pajak dalam ja­ring­an harus ‘zer­o’ APBD. Pihak per­ban­kan yang mena­nam­kan in­vestasi,” kata Amsakar.

Perbankan yang mengu­payakan pemasangan alat di mesin milik wajib pajak, baik dengan pengadaan sendiri maupun dengan menyewa dari pihak ketiga. “Untuk perbankan, mendapatkan ‘cash flow’ yang bisa di­manfaat­kan. Makin banyak yang masuk, perputaran se­makin bagus,” kata pria yang pernah menjabat Kepala Di­nas Perindustrian, Per­da­gang­an dan Energi Sumber Da­ya Mineral Kota Batam itu.

Pimpinan Cabang Bank BJB Batam, Ahmad Faizal menyatakan siap mendukung program pajak dalam ja­ring­an yang dijalankan Pemko Batam. Ia mengatakan akan me­ma­sang alat “tapping box” untuk mencatat transaksi keuangan wajib pajak secara bertahap hingga sesuai target 50 wajib pajak pada akhir 2017.”Kami akan mengikuti arahan Pem­kot, wajib pajak ma­na saja yang akan dipa­sang ‘tapping box’,” kata dia. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,05 Mei 2017 - 01:43:06 WIB

    BP Batam Permudah Impor Mesin

    BATAM, HALUAN - Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam bersama Kantor Bea Cukai mempermudah investor dengan tidak memeriksa bahan bahan baku, dan mesin yang diimpor untuk keperluan industri..
  • Kamis,29 Desember 2016 - 00:11:22 WIB

    Pemko Batam Pastikan Proyek Jalan 2016 Selesai

    Batam, Haluan — Peme­rintah Kota (Pemko) Batam Kepulauan Riau memastikan seluruh proyek jalan dengan sum­ber pembiayaan dari APBD 2016 telah selesai sesuai dengan target. Selanjutnya, pemerintah tinggal menyelesaikan pem.
  • Rabu,28 Desember 2016 - 01:38:45 WIB

    Pemko Batam Akan Lantik 400 Pejabat

    Batam, Haluan—Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau akan melantik lebih dari 400 pejabat berbagai eselon di akhir tahun, demi memastikan semua bekerja sesuai Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru..
  • Kamis,08 Desember 2016 - 01:04:50 WIB

    Pemko Batam Hentikan Tiga Proyek Pembangunan

    Batam, Haluan — Pemerintah Kota Batam menghentikan tiga proyek pembangunan oleh pihak swasta yang dianggap berpotensi menyebabkan banjir, setelah serangkaian evaluasi yang dilakukan tim khusus..
  • Selasa,06 Desember 2016 - 01:15:06 WIB

    Siswa SDIT Kartika Batam Belajar di Lantai

    Batam, Haluan — Se­kitar 80 siswa SDIT Kartika Batam terpaksa belajar di lantai akibat sengketa ke­pe­milikan bangunan sekolah yang mengakibatkan seluruh kursi dan meja dipindahkan ke tempat lain..

BERITA TERKINI Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM