Pemko Pekanbaru Belum Lunasi Tunggakan PJU


Jumat,30 Desember 2016 - 01:10:36 WIB

Pekanbaru, Haluan — PT PLN (Persero) memutuskan jaringan listrik lampu jalan di Kota Pekanbaru akibat peme­rin­tah daerah setempat belum me­lu­nasi tunggakan penerangan jalan umum atau PJU, yang sudah jatuh tempo sesuai kesepakatan kedua pihak pada 20 Desember lalu.

“Terkait padamnya sebagian lampu jalan di Kota Pekanbaru pada Rabu malam tanggal 28 Desember 2016 kami sampaikan sudah sesuai prosedur,” kata Mana­jer SDM, Komunikasi dan Umum PLN Wilayah Riau-Kepri, Dwi Suryo Abdullah, Kamis (29/12).

Ia mengatakan apabila pelang­gan lebih dari 60 hari belum menyelesaikan pem­bayaran tagi­han lis­trik kepada PLN, ma­ka petugas PLN ber­hak.melakukan pe­mutusan sementara aliran listrik.

Berdasarkan data PLN Area Pe­kan­baru, tunggakan pe­m­­ba­yaran Pe­ne­r­a­ng­an Jalan Umum (PJU) Pemko Pe­kan­baru sebesar Rp19,8 mi­liar itu terhitung se­la­ma tiga bulan sejak Oktober hingga De­sem­ber. Selama ini, pembayaran PJU ya­ng dilakukan ma­sya­rakat melalui tagihan listrik bulanan me­mang dikumpulkan lebih dulu oleh Pem­ko Pekanbaru sebelum disetorkan lagi ke PLN.

Rincian tunggakan itu antara lain pada bulan Oktober Rp6,52 miliar, November Rp6,61 miliar, dan bulan Desember Rp6,71 miliar. Sebelumnya PLN sudah menyurati instansi terkait di Pemko Pekanbaru untuk me­lu­nasinya dengan batas akhir hingga 20 Desember, agar terhindar dari pemutusan aliran listrik. “Me­mang benar pernah ada per­temuan antara PLN dgn Pemko Pekanbaru pada tanggal 17 No­vem­ber 2016 terkait rencana bayar PJU,” katanya.

Menurut dia, dari kesepakatan tersebut telah dipenuhi pem­bayaran tagihan PJU bulan Sep­tember dan dibayar pada 20 November 2016. Namun, untuk tagihan bulan Ok­tober sampai 22 Desember 2016 tidak dibayar sementara telah muncul tagihan Desember 2016 di tanggal 6-20 Desember.

“Ini berarti tunggakan reke­ning PJU sejak tanggal 21 De­sem­ber menjadi tiga bulan, Oktober, November, Desember, dan surat pemberitahuan telah dikirim pihak PLN,” katanya.

Terkait pembayaran PJU oleh Pemko Pekanbaru pada 23 De­sember 2016 melalui Bank Riau Kepri sebesar Rp4 miliar itu belum bisa untuk melunasi satu bulan tagihan bulan Oktober.

Ia mengatakan niat baik ter­sebut telah PLN apresiasi dengan menunda pemutusan sementara dengan maksud pada 27 dan 28 Desember pemerintah setempat bisa memenuhi komitmennya.

“Namun sampai dengan 28 Desember pukul 17.00 WIB juga tidak ada kepastian, maka de­ngan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, 28 Desember hari Rabu sementara sebagian lampu jalan tidak dialiri listrik dari pihak PLN,” tegas Dwi Suryo Abdullah.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Walikota Pekanbaru Ed­war Sanger mengatakan pihak­nya sudah melakukan ko­mu­nikasi secara langsung dengan pimpinan PLN, dan secara resmi juga sudah menyurati PLN untuk masalah ini. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM