KUNJUNGI PEARL HARBOR

PM Jepang Bersumpah Tak Akan Lagi Sulut Perang


Kamis,29 Desember 2016 - 00:15:54 WIB
Reporter : Tim Redaksi
PM Jepang Bersumpah Tak Akan Lagi Sulut Perang PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden AS Barack Obama memberi penghormatan kepada korban serangan Jepang ke Pearl Harbor 75 tahun lalu di USS Arizona, Selasa (27/12). Shinzo Abe berjanji bahwa negaranya tidak akan lagi mengobarkan perang seperti pada masa lalu.

HONOLULU, HALUAN — Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, mengunjungi monumen peringatan USS Arizona di Pearl Harbor untuk mengenang mereka yang gugur dalam serangan Jepang ke pangkalan Angkatan Laut AS itu 75 tahun yang lalu. Dalam kunjungan tersebut PM Abe bersumpah negaranya tidak akan pernah lagi mengobarkan perang seperti yang pernah dilakukan di masa lalu.

“Kita tidak boleh lagi mengulangi kengerian dari perang. Ini adalah sumpah yang kami, warga Jepang, ucapkan dengan sungguh-sungguh. Kepada arwah para prajurit yang terbaring dalam peristirahatan abadi di USS Arizona, kepada rakyat Amerika, dan kepada orang-orang di seluruh dunia. Saya di sini mengucapkan sumpah yang teguh sebagai PM Jepang,” kata Abe, sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (28/12).

Pada 7 Desember 1941, pasukan Kekaisaran Jepang melancarkan serangan mendadak ke Pearl Harbor untuk menghancurkan kekuatan AS di wilayah Pasifik. Serangan tersebut menewaskan lebih dari 2.400 prajurit dan warga AS dan menyeret Negeri Paman Sam ke kancah Perang Dunia (PD) II.

Kunjungan PM Abe ke Pearl Harbor merupakan balasan dari kunjungan Presiden Obama ke Hiroshima, kota di mana AS menjatuhkan satu dari dua bom atom yang memaksa Jepang menyerah pada PD II. Obama merupakan presiden petahana pertama AS yang melakukan kunjungan resmi ke kota itu. (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa,06 Desember 2016 - 01:18:31 WIB

    Kalah dalam Referendum, PM Italia Mundur

    ROMA, HALUAN—Perdana Menteri (PM) Italia, Matteo Renzi, mengundurkan diri sesuai janjinya setelah hasil referendum konstitusi 4 Desember diumumkan. Pernya taan itu disampaikan dalam konfe­ren­si pers yang berlangsung hamp.
  • Senin,21 November 2016 - 00:15:44 WIB

    Puluhan Ribu Demonstran Tuntut PM Najib Mundur

    KUALA LUMPUR, HALUAN — Puluhan ribu pengunjuk rasa di Malaysia mendesak Perdana Menteri (PM) Najib Razak mengundurkan diri. Para pengunjuk rasa memakai baju kuning dan berkumpul di pusat Kuala Lumpur di depan Menara Kembar.
  • Selasa,18 Oktober 2016 - 01:13:23 WIB

    PM Irak: Operasi Merebut Mosul Dimulai

    PM Irak: Operasi Merebut Mosul Dimulai BAGHDAD, HALUAN —Operasi militer untuk merebut kembali kota Mosul di Irak dari kelompok ISIS telah dimulai, kata Perdana Menteri Haider al Abadi pada Senin pagi yang disiarkan televisi negara..
  • Jumat,01 Juli 2016 - 05:09:40 WIB

    Panas, Persaingan Berebut Kursi PM Inggris

    Panas, Persaingan Berebut Kursi PM Inggris LONDON, HALUAN — Menteri Dalam Negeri The­resa May dan mantan Wali­kota London Boris Johnson akan bersaing ketat untuk memimpin Partai Konservatif dan menggantikan David Cameron sebagai Perdana Menteri Inggris..
  • Rabu,08 Juni 2016 - 02:34:18 WIB

    Kasus Korupsi PM Netanyahu Diselidiki

    Kasus Korupsi PM Netanyahu Diselidiki TEL AVIV, HALUAN — Jaksa Agung Israel memerintahkan penyelidikan pidana atas tuduhan korupsi terhadap Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu. Tuduhan ini terkait donasi politik saat pemilihan umum tahun 2009, yang tidak di.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM