Polres Kampar Tempatkan Personel di Perbatasan Riau-Sumbar


Kamis,29 Desember 2016 - 00:12:18 WIB
Polres Kampar Tempatkan Personel di Perbatasan Riau-Sumbar Polres Kampar tempatkan sejumlah personel di daerah perbatasan Riau-Sumbar yang rawan bencana menjelang tahun baru. (ANTARA)

Pekanbaru, Haluan — Kepolisian Resor (Polres) Kampar memantau dan menempatkan personel di sejumlah jalur rawan longsor di jalan lintas perbatasan Riau-Sumatera Barat menjelang pergantian tahun.

“Ada tiga titik jalur rawan longsor sepanjang jalur Riau-Sumbar, yakni Kilometer 78, 81 dan 83,” kata Kepala Polres Kampar, AKBP Edy Sumardi di Pekanbaru, Rabu (28/12).

Ia menjelaskan selain menempatkan personel se­bagai upaya antisipasi kema­cetan jika terjadi longsor, Polisi juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Um­um Kampar.

Dia mengatakan saat ini dua alat berat jenis ekskavator telah disiagakan di ketiga lokasi tersebut.Selain itu turut disiagakan dua alat berat lainnya di posko utama Dinas Pekerjaan Umum di sekitar tiga titik rawan itu.

Sebelumnya pada medio November 2016 silam, long­sor sempat terjadi di ketiga titik yang seluruhnya berada di Kecamatan Kuok, Kampar tersebut. Saat itu longsor akibat tingginya intensitas hujan tersebut sempat men­ye­babkan jalur tersebut putus selama beberapa jam.

Ketiga lokasi yang me­nga­l­ami longsor tersebut adalah KM 77 Dusun Rantau Berangin, Desa Merangin, Kuok. Material longsor be­rupa tanah bercampur batu serta kabel listrik PLN sempat menutupi badan jalan.

Selain KM 77, longsor juga terjadi di KM 80. Hanya saja, material longsor berupa bongkahan batu cadas yang menutupi sebagian badan jalan. Arus lalu lintas sedikit tersendat karena dilakukan dengan sistem buka tutup.

Sementara pada titik ke tiga, KM 82, merupakan jalur yang paling parah terdampak bencana longsor.Polres Kam­par memprediksi akan terjadi lonjakan arus kendaraan dari Riau ke Sumatera Barat dan sebaliknya menjelang per­gantian tahun mendatang.

“Jadi ini penting kita lakukan untuk menjami ke­ama­nan, keselamatan dan kenyamanan pengendara,” ujarnya.

Lebih jauh, Polres Kam­par yang melibatkan enam pos pengamanan dan pela­yanan  sepanjang jalur Riau-Sumbar.

Dia menjelaskan pos-pos pengamanan yang terangkum dalam operasi Lilin 2016 itu diperkuat oleh 250 personel Polisi, 48 TNI, serta di­du­kung oleh Dinas Per­hu­bung­an, BPBD, Dinas Kesehatan dan lainnya. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM