Cek Pemanfaatan DD, Inspektorat Solsel Turun ke Lapangan


Rabu,28 Desember 2016 - 19:41:30 WIB
Cek Pemanfaatan DD, Inspektorat Solsel Turun ke Lapangan ilustrasi

SOLOK SELATAN, HALUAN—Inspektorat Solok Selatan (Solsel) memantau dan mengevaluasi pengelolaan Dana Desa (DD) ke semua pemerintahan nagari (pemnag) di kabupaten itu pada akhir tahun ini. Pemantauan itu dilakukan selama 15 hari, yang berakhir pada 27 Desember.

 

Salah seorang Inspektur Pembantu (Irban) di Inspektorat Solsel, Ahmad Jaya, mengatakan, pemantauan dan pengevaluasian DD itu dalam rangka pengecekan terakhir pemanfaatan dana desa. Hal itu merupakan tugas yang diberikan bupati kepada Inspektorat. Setelah pengecekan itu, Inspektorat melaporkan hasilnya kepada bupati. Dalam memantau dan mengevaluasi DD tersebut, pihaknya mengecek pembangunan di lapangan dan memeriksa administrasi di kantor wali nagari.

 

“Inspektorat sudah memantau dan mengevaluasi pemanfaatan Dana Desa di 39 nagari di Solok Selatan. Hasilnya, pemanfaatan Dana Desa di semua nagari bisa dikatakan bagus walaupun ada beberapa nagari yang pembangunan fisiknya belum sampai 100 persen. Rata-rata, pembangunan fisik tersebut mencapai 80 persen, dan mereka masih punya waktu untuk melanjutkan pengerjaan sampai 31 Desember. Namun, ada pembangunannya yang mencapai 100 persen, seperti di Nagari Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo,” ujar Ahmad di Sangir, Rabu (28/12).

 

Ia menambahkan, dalam pemantauan dan pengevaluasian itu, Inspektorat Solsel memiliki tiga irban. Ahmad merupakan salah satu irban yang ditugaskan memeriksa 10 nagari yang terdapat di Kecamatan Sungai Pagu, Pauh Duo, Sangir, dan Sangir Balai Janggo.

 

Sementara itu, Sekretaris Nagari Pemnag Talunan Maju, Hendrik Patriona, menuturkan, pihaknya memanfaatkan DD dengan melihat semua regulasi (aturan) tentang DD. Setelah itu, pihaknya memperhatikan kondisi lapangan yang merupakan sasaran pembangunan dari pemanfaatan DD. Untuk melakukan pembangunan, pihaknya melibatkan masyarakat sehingga pemanfaatan DD maksimal.

 

“Untuk kepala pekerja sebuah kegiatan, kami ambil dari pegawai wali nagari yang berdomisili di jorong tempat kegiatan itu dilaksanakan. Kami mengambil pegawai wali nagari itu karena dia mengerti aturan penggunaan DD sehingga pemanfaatannya tidak menyeleweng. Kami mengambil pegawai wali nagari yang berdomosili di jorong itu agar ia melaksanakan tugasnya dengan baik karena merasa bahwa pembangunan itu akan dirasakannya sendiri sebagai warga jorong bersangkutan,” tutur Hendrik.

 

Ia menambahkan, cara-cara seperti itu didapatkan pihaknya dari banyak hal, antara lain dari sosialisasi regulasi pengelolaan DD yang digelar oleh pemerintah daerah, belajar dari evaluasi penggunaan DD di nagari tersebut pada tahun sebelumnya, dan melihat kesalahan nagari lain dalam mengelola DD. (h/dib)

 

Editor : Rivo Septi Andries


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM