RAIH DUA PENGHARGAAN GCG AWARD 2016

Telkom Jadi Perusahaan Sangat Terpercaya


Rabu,28 Desember 2016 - 01:43:02 WIB
Telkom Jadi Perusahaan Sangat Terpercaya Direktur Keuangan Telkom, Harry M. Zen (ketiga dari kiri) berfoto bersama Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo (kedua dari kanan), Chairman IICG G. Suprayitno (kedua dari kiri) dan Pemimpin Umum SWA Group Kemal E. Gani (paling kiri) usai menerima penghargaan Indonesia Most Trusted Companies di Jakarta, Senin (19/12).

JAKARTA, HALUAN — Telkom meraih dua predikat penghargaan “The Most Trusted Company” based on “Corporate Governance Perception Index” dan “Investors and Analysts Assessment Survey” pada ajang Good Corporate Governance (GCG) Award 2016 di Jakarta, Senin (19/12). Untuk 2016, penghargaan yang diselenggarakan Majalah SWA bersama Indonesia Institute for Corporate Governance (IICG) itu mengangkat tema “GCG dalam Perspektif Keberlanjutan”.

Penghargaan diserahkan Wa­kil Menteri Keuangan Mar­dias­mo yang didampingi Chair­­­man IICG G. Suprayitno ke­pada Direktur Keuangan Tel­kom, Harry M. Zen. Harry menyam­pai­kan rasa bang­ganya ter­ha­dap prestasi yang diraih Telkom.

“Kami sangat bersyukur mendapatkan pengakuan seba­gai Most Trusted Company dalam Good Corporate Gover­nance Award karena hal ini menjadi  salah satu bukti bah­wa implementasi tata kelola perusahaan Telkom berjalan dengan baik. Hal ini akan semakin memacu kami untuk memberikan yang terbaik un­tuk para stakeholder,” ujar Harry M. Zen.

Menurut Harry, GCG ter­kait dengan bottom line per­se­roan. “Apabila GCG bagus, transparan dan akuntabel da­lam setiap langkah yang di­la­kukan Telkom, artinya Telkom dapat memperoleh ke­untu­ngan yang berkelanjutan. Rata-rata shareholder Telkom meru­pa­­kan long term share­holder da­ri segmen institusi. Mereka percaya karena bottom line laporan kami sesuai dengan kenyataan,” ujar Harry M. Zen.

Pada ajang penghargaan bergengsi tersebut, Telkom mendapat poin 91,18. Peni­laian Corporate Governance Perception Index (CGPI) oleh IICG mencakup 13 aspek peni­laian, antara Lain Komitmen, Transparansi, Akuntabilitas, Res­ponsibilitas, Independensi, Keadilan, Kepemimpinan, Ka­pa­bilitas Strategi, Risiko, Eti­ka, Budaya dan Keberlanjutan. Sedangkan penilaian ber­da­sarkan Investors and Analysts Assesment Survey dilakukan oleh tim riset SWA kepada investor, analis dan manajer investasi dengan 6 variabel penilaian yaitu akuntabilitas, transparansi, tanggung jawab, komitmen, independen, ke­adilan kepada pemegang sa­ham minoritas.

Proses penilaian terdiri dari 4 tahapan meliputi Self-Assess­ment, yaitu pengisian kuisio­ner oleh seluruh organ, ang­gota, dan pemangku kepen­tingan perusahaan terkait kual­itas penerapan GCG dan upaya mewujudkan keberlanjutan perusahaan; sistem doku­men­tasi, yaitu penyerahan berbagai dokumen yang menjelaskan serangkaian proses dan pro­gram implementasi GCG di perusahaan dan upaya me­wujudkan keberlanjutan peru­sa­haan; penyusunan maka­lah sebagai pemenuhan persya­ratan penilaian menjelaskan serangkaian proses dan pro­gram implementasi GCG di pe­ru­­sahaan, dan Observasi seba­gai tahapan akhir penilaian be­rupa konfirmasi langsung ke perusahaan oleh tim penilai CGPI 2015.

Sebagai ajang penghargaan bagi perusahaan terbaik di Indonesia, baik itu perusahaan publik, BUMN dan non-BU­MN maupun non-publik, GCG Award and Conference 2016 memberikan penilaian berda­sar­kan Corporate Governance Perception Index (CGPI), yaitu pro­gram riset dan peme­ring­ka­tan penerapan GCG pada pe­ru­sahaan-perusahaan di In­do­ne­sia melalui perancangan riset.

Dengan demikian, hal ini akan mendorong perusahaan-pe­rusahaan tersebut berupaya te­rus meningkatkan kualitas pe­n­erapan konsep corporate go­vernance (CG) melalui per­bai­­kan yang berke­si­nam­bu­ngan. Di samping itu, mereka ju­ga akan terus melakukan ber­bagai evaluasi dan pem­ban­dingan sebagai bagian dari pe­ningkatkan kualitas terse­but.

Sebelum penyerahan peng­har­gaan, Direktur Digital & Ser­vice Portfolio Telkom, Indra Utoyo menyam­paikan presen­tasi dengan tema “Pengem­ba­ngan Model Bisnis TIMES Me­nuju Pertumbuhan Bisnis Tel­kom Indonesia Berbasis Go­vernance, Risk & Com­plian­ce” pada GCG award 2016.

Indra Utoyo menyam­pai­kan, konsep GCG dalam pe­ngem­­bangan bisnis TIMES su­dah merupakan komitmen, di­ma­na Telkom su­dah dual lis­ting, yakni di Bursa Efek In­do­nesia (BEI) dan New York Stock Exchange (NYSE) yang men­syaratkan berbagai standar yang salah satunya adalah GCG.

Selanjutnya, Indra mema­parkan, Telkom mempunyai lima pilar utama untuk mem­perkuat Good Corporate Go­ver­nance yaitu kepemimpinan yang efektif, kejelasan tugas dan tanggung jawab, kemam­puan manajemen dan kom­pe­tensi karyawan, evaluasi kinerja yang efektif, serta penghargaan dan pengakuan. (h/dj)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM