KUNJUNGI IAIN IMAM BONJOL PADANG

Bank Mandiri Latih Mahasiswa Jadi Pengusaha Muda


Rabu,28 Desember 2016 - 01:42:19 WIB

PADANG, HALUAN — Bank Man­diri Cabang Padang melatih ratusan mahasiswa untuk mampu menjadi pengusaha  sukses. Kali ini Bank Mandiri gandeng mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang untuk menjadi wirausaha mandiri.

Kepala Cabang Bank Mandiri Cabang Padang, Taufiq Amrullah, mengatakan, salah satu kegiatan pertanggungjawaban sosial perusa­haan Bank Mandiri meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sekitar 3 persen dari keuntungan ki­ta itu digunakan untuk kegiatan CSR. Na­mun, ada porsinya dan ter­gantung kor­poratnya, salah satunya adalah bisa menjadikan mahasiswa menjadi pe­ngu­saha muda,” ujarnya seusai diskusi pa­nel bertema “Imple­mentasi Fintech pa­da Entrepreneur Muda Sumbar” di Kam­pus IAIN Imam Bonjol Padang, Se­nin (27/12).

Taufiq menjelaskan, salah satu kegiatan usaha tersebut digunakan untuk mengajak teman mahasiswa menjadi pengusaha mandiri. Namun, yang menjadi target adalah bagi yang sudah memiliki usaha sendiri.

“Jika sudah memiliki usaha mini­mal satu tahun, akan kita seleksi dan jika terpilih akan dibimbing lagi dari Bank Mandiri. Selanjutnya, jika pengusaha tersebut memang mem­butuhkan bantuan berupa dana akan kita bantu,” ucap Taufiq.

Dalam usaha mandiri ini, kata Tau­fiq, telah dikategorikan bah­wa awalnya ber­­gerak dua bidang, yaitu tata boga dan tata busana. Namun, seiring per­kemba­ngan za­man, pihaknya me­nam­bah bi­dang, di antaranya perce­ta­kan dan foto­grafi. Pada tahun ini, pi­haknya ber­fokus pada bidang financial dan tek­nologi.

Taufiq juga menyampaikan bahwa syarat menjadi negara yang sukses itu setidaknya 2 persen dari jumlah penduduknya menjadi pengusaha. “Sedangkan kita baru 1,3 persen yang baru menjadi pengusaha. Mencapai 2 persen pun belum. Itulah yang akan kita upayakan untuk mengajak dan merangkul teman mahasiswa untuk bi­sa menjadi pengusaha muda,” kata­nya.

Diskusi yang diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa tersebut bekerja sama de­­ngan Persatuan Wartawan Indo­ne­sia (PWI) Sumbar. Salah seorang pem­bi­caranya adalah pengusaha muda yang telah sukses, Ridho, yang meru­pa­kan alumni dari wirausaha muda man­diri.

Ia berharap diskusi tersebut mem­be­rikan motivasi kepada maha­siswa ka­rena menghadirkan pengu­saha mu­da yang telah sukses. “Pem­bicara yang kita datangkan ini adalah salah satu con­toh pengusaha muda yang sukses un­tuk bisa mengajak teman seusianya bi­sa menjadi pengu­saha,” tuturnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:12 WIB

    Pemkab Pasaman Serahkan Bonus Atlet

    PORPROV SUMBAR XIII USAI

    PASAMAN, HALUAN — Pemerintah Kabupaten Pasaman menyerahkan bonus atlet peraih medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIII yang dig.

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:01:55 WIB

    Cuaca Ekstrem, BPBD Siagakan Satgas TRC

    SOLOK, HALUAN — Sebanyak 69 anggota Satgas Tim Reaksi Cepat (TRC) gabungan Pasukan relawan Damkar, anggota Damkar Pemerintah Kota Solok, disiagakan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi, saat cuaca ekstrem.

  • Rabu,11 Mei 2016 - 03:58:27 WIB

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu

    UPT Konservasi Selamatkan Penyu Pariaman, Haluan — Berbagai upaya terus dilakukan oleh Peme­rintah Kota Pariaman guna menye­lamatkan kelestarian hewan laut di kawasannya. Seperti halnya yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Konservasi Penyu, K.
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:27 WIB

    Kecamatan Kapur IX Bersiap Keluar dari Ketertinggalan

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Kecamatan Kapur IX bersiap keluar dari daerah terisolasi usai rampungnya proyek pengerjaan peningkatan struktur jalan strategis nasional Pangkalan-Galugua akhir tahun lalu.

    .
  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:03:47 WIB

    Pelaku Penjarahan Dihakimi Massa

    TANAH DATAR, HALUAN — Aksi penjarahan di rumah terkangkap basah warga. Pela­ku tertangkap tangan sedang mengobrak abrik barang di rumah milik Bustami, di Jo­rong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima .

  • Kamis,01 Januari 2015 - 21:04:11 WIB

    Hari Pertama, Sigulambai Lalap Satu Unit Rumah

    AGAM, HALUAN — Diduga akibat hubungan harus pendek, satu unit rumah di Kampuang Tanjuang, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk­ba­sung, ha­ngus dilalap sigulambai pada hari pertama di tahun 2015, Kamis (1/1) p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: harianhaluan@yahoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM