KUNJUNGI IAIN IMAM BONJOL PADANG

Bank Mandiri Latih Mahasiswa Jadi Pengusaha Muda


Rabu,28 Desember 2016 - 01:42:19 WIB
Reporter : Tim Redaksi

PADANG, HALUAN — Bank Man­diri Cabang Padang melatih ratusan mahasiswa untuk mampu menjadi pengusaha  sukses. Kali ini Bank Mandiri gandeng mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang untuk menjadi wirausaha mandiri.

Kepala Cabang Bank Mandiri Cabang Padang, Taufiq Amrullah, mengatakan, salah satu kegiatan pertanggungjawaban sosial perusa­haan Bank Mandiri meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Sekitar 3 persen dari keuntungan ki­ta itu digunakan untuk kegiatan CSR. Na­mun, ada porsinya dan ter­gantung kor­poratnya, salah satunya adalah bisa menjadikan mahasiswa menjadi pe­ngu­saha muda,” ujarnya seusai diskusi pa­nel bertema “Imple­mentasi Fintech pa­da Entrepreneur Muda Sumbar” di Kam­pus IAIN Imam Bonjol Padang, Se­nin (27/12).

Taufiq menjelaskan, salah satu kegiatan usaha tersebut digunakan untuk mengajak teman mahasiswa menjadi pengusaha mandiri. Namun, yang menjadi target adalah bagi yang sudah memiliki usaha sendiri.

“Jika sudah memiliki usaha mini­mal satu tahun, akan kita seleksi dan jika terpilih akan dibimbing lagi dari Bank Mandiri. Selanjutnya, jika pengusaha tersebut memang mem­butuhkan bantuan berupa dana akan kita bantu,” ucap Taufiq.

Dalam usaha mandiri ini, kata Tau­fiq, telah dikategorikan bah­wa awalnya ber­­gerak dua bidang, yaitu tata boga dan tata busana. Namun, seiring per­kemba­ngan za­man, pihaknya me­nam­bah bi­dang, di antaranya perce­ta­kan dan foto­grafi. Pada tahun ini, pi­haknya ber­fokus pada bidang financial dan tek­nologi.

Taufiq juga menyampaikan bahwa syarat menjadi negara yang sukses itu setidaknya 2 persen dari jumlah penduduknya menjadi pengusaha. “Sedangkan kita baru 1,3 persen yang baru menjadi pengusaha. Mencapai 2 persen pun belum. Itulah yang akan kita upayakan untuk mengajak dan merangkul teman mahasiswa untuk bi­sa menjadi pengusaha muda,” kata­nya.

Diskusi yang diikuti oleh sekitar 150 mahasiswa tersebut bekerja sama de­­ngan Persatuan Wartawan Indo­ne­sia (PWI) Sumbar. Salah seorang pem­bi­caranya adalah pengusaha muda yang telah sukses, Ridho, yang meru­pa­kan alumni dari wirausaha muda man­diri.

Ia berharap diskusi tersebut mem­be­rikan motivasi kepada maha­siswa ka­rena menghadirkan pengu­saha mu­da yang telah sukses. “Pem­bicara yang kita datangkan ini adalah salah satu con­toh pengusaha muda yang sukses un­tuk bisa mengajak teman seusianya bi­sa menjadi pengu­saha,” tuturnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat,21 Juli 2017 - 19:14:31 WIB

    BEI Sumbar Ajak Karyawan Bank BTN Padang Nabung Saham

    BEI Sumbar Ajak Karyawan Bank BTN Padang Nabung Saham PADANG, HARIANHALUAN.COM— Meningkatkan pengetahuan dan kepercayaan, Bursa Efek Indonesia (BEI) Sumatera Barat (Sumbar) berikan sosialisasi program yuk nabung saham di kepada karyawan Bank BTN Cabang Padang, Kamis (20/7)..
  • Kamis,06 April 2017 - 19:38:59 WIB

    Zenpower Max, Powerbank Pertama yang Mampu Mengisi Daya Notebook

    Zenpower Max, Powerbank Pertama yang Mampu Mengisi Daya Notebook JAKARTA, HARIANHALUAN.COM—Sebagian pengguna smartphone sangat akrab dengan namanya powerbank. Namun, mungkin tidak banyak yang mengenal adanya powerbank yang mampu mengisi daya notebook. .
  • Jumat,31 Maret 2017 - 10:20:11 WIB

    Saham Bank Nagari Mentawai Rp78,578 M

    Saham Bank Nagari Mentawai Rp78,578 M MENTAWAI, HALUAN—Pemimpin Bank Nagari Cabang Mentawai, Irmed Mourbas, mempersentasikan perkembangan bank yang merupakan Cabang Bank Nagari ketiga terbesar di Sumatra Barat tersebut kepada Haluan..
  • Jumat,24 Maret 2017 - 10:30:45 WIB

    Bank Mega Bantu Pembangunan MTs MA Al Furqon Padang

    Bank Mega Bantu Pembangunan MTs MA Al Furqon Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM—Bank Mega, melalui produknya Mega Berbagi, membantu pembangunan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Al Furqon di Jalan Kenanga, Rawang, Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Nangga.
  • Rabu,01 Februari 2017 - 13:28:12 WIB

    2016, Bank Nagari Berlaba Rp353 Miliar

    2016, Bank Nagari Berlaba Rp353 Miliar PADANG, HALUAN—Hingga akhir Desember 2016, Bank Nagari membukukan laba sebesar Rp353,542 miliar. Laba tersetbut meningkat Rp36 miliar atau sekitar 11 persen daripada 2015 yang sebesar Rp317,279 miliar..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]hoo.co.id
APP HARIANHALUAN.COM